TIPS MENJAGA KEJERNIHAN KEBERSIHAN KESEHATAN IKAN DI AKUARIUM

Menjaga kualitas air akuarium - Memiliki atau memelihara ikan diakuarium dirumah kita adalah hal yg menyenangkan sekaligus mampu menyingkirkan stres selesainya seharian bekerja. Ikan hias yg memiliki bermacam bentuk serta warna sanggup anda pelihara di akuarium didalam tempat tinggal anda. Bisa sebagai hal yang menyeangkan waktu melihat tingkah laku ikan hias yang unik didalam akuarium.
Img source: Wishforpets.com
Tetapi kasus yang tak jarang kita temui saat memelihara ikan diakuarium adalah sulitnya menjaga kualitas air akuarium supaya tetap jernih serta sehat buat ikan hias didalam akuarium. Kualitas air yg kotor dalam akuarium akan menyebaban aneka macam masalah kesehatan pada ikan termasuk tumbuhnya jamur yg menyerang kulit ikan hias, sebagai akibatnya ikan akan mudah mati. Untuk itu dibutuhkan tips buat menjaga kualitas air agar air pada akuarium permanen bersih, jernih dan sehat buat kehidupan ikan hias pada akuarium.
Tips Menjaga Kualitas Air Akuarium
Kali ini saya akan berbagi sedikit tips menjaga kualitas air didalam akuarium, dan berikut merupakan tips supaya kebersihan, kejernihan dan kualitas air diakuarium permanen terjaga:
Menggunakan filter air
Fungsi utama filter air di akuarium adalah buat menyaring kotoran didalam air sebagai akibatnya air tetap jernih dan tidak kotor. Filter air akuarium banyak tersedia pada toko atau kios ikan hias. Nah minimal bersihkan material penyaring didalam filter air ini dua minggu sekali dengan mencucinya.
Menggunakan arang penjernih air
Anda pula bisa menggunakan arang kayu output pembakaran digunakan didalam filter air yang akan membantu menjernihkan air sekaligus menyaring kotoran. Ambil arang kayu cuci terlebih dahulu supaya arang bersih dari debu dan tempatkan rabat rabat kecil arang ini didalam filter akuarium. Partikel partikel pada arang kayu yang diklaim juga menjadi karbon aktif akan membantu menyerap kotoran, fungi dan material lain yg membuat air akuarium kotor serta tidak sehat buat kehidupan ikan hias.
Menggunakan pembersih alami
Ikan sapu-sapu adalah jenis ikan air tawar yang berasal menurut Amerika tropis yang termasuk pada keluarga Loricariidae. Ikan ini dikenal sebagai pemakan alga/"lumut" dan sangat populer menjadi ikan pembersih akuarium. Ikan ini nyaris bisa hidup bersama dengan ikan akuarium apa saja serta membantu menjaga kebersihan akuarium lantaran ikan ini akan memakan lumut, alga, kotoran, residu residu pakan ikan hias, sisik ikan serta kentara hal ini akan membantu kualitas air di akuarium terjaga kebersihannya.
Pemberian obat spesifik
Obat obatan khusus ini akan membantu kualitas air permanen terjaga dan membantu menjaga kesehatan ikan hias di akuarium anda. Obatan tadi dapat anda beli di toko / kios ikan hias serta beberapa contoh obat tadi merupakan:
Garam ikan
Garam ikan hampir sama seperti garam umumnya, perbedaanya adalah garam buat ikan ini tidak ditambah unsur lain misalnya yodium melainkan murni Nacl saja. Garam ikan berfungsi sebagi suplemen ikan serta penghilang (penetralisir) kuman atau bibit penyakit didalam air. Garam ikan jua membantu proses osmosis (ekuilibrium cairan) supaya ikan hias lebih sehat serta kebal terhadap penyakit sekaligus meningkatkan kecepatan penyembuhan jika ikan terkena penyakit tertentu. Yang perlu diperhatikan merupakan dosis dan lamanya perawatan memakai garaam ikan ini.
Untuk suplemen seperti dikutip berdasarkan situs O-fish.com pakai 1-2 sendok teh /4 liter atau 0,1-0,2 % berdasarkan banyaknya air pada akuarium.
Metil blue
Metil blue adalah obatan yg terkenal dipakai buat mencegah serta mengobati white spot, jamur dan penyakit lain yg diakibatkan sang bakteri. Untuk dosis pemberian metil blue ini mampu ditinjau dalam kemasan produk tadi.
Jangan terlalu poly aksesoris didalam akuarium
Memiliki banyak aksesoris dalam akuarium memang akan semakin membuat akuarium terlihat lebih menarik, namun aksesoris yang terlalu poly justru akan membuat banyak kootoran serta debu melekat pada aksesoris akuarium tersebut sebagai akibatnya air gampang kotor serta keruh. Belum lagi untuk membersihkannya diharapkan saat yang usang.
Perawatan yg tepat
Beberapa perawatan yang tepat buat ikan hias pada akuarium yg berpengaruh terhadap kualitas air di akuarium  beberapa antara lain merupakan sebagai berikut:
  • Jangan memberikan makan ikan terlalu banyak, lantaran residu residu makanan tersebut akan membuat air mudah kotor atau keruh serta juga menimbulkan berbagai penyakit.
  • Periksa kesehatan ikan hias, bila ditemukan ikan berpenyakit atau mati segera buang atau pindahkan.
  • Teratur membersihkan filter air akuarium
  • Cek pH serta kandungan garam (jika memakai air laut) serta segera atasi bila ada yang diluar batas normal.
  • Teratur membersihkan akuarium serta perlengkapannya maksimal 1 bulan sekali dan ganti menggunakan air bersih baru.

Comments