TIPS MENGETAHUI MENCEGAH & MENGATASI NYERI PUNGGUNG

Sakit punggung atau nyeri punggung Nyeri punggung (Inggris: lumbal strain) merupakan nyeri punggung yg terjadi secara spontan serta memiliki derajat nyeri yg relatif tinggi sebagai akibatnya sanggup menimbulkan gangguan aktivitas dan postur tubuh. Penyebab paling umum yg menyebabkan nyeri atau sakit dalam punggung ini merupakan postur yang tidak ideal (terlalu gemuk/buncit), trauma yg terjadi di daerah punggung atau bokong dan gerak tubuh yang salah , kurang peregangan (olahraga/aktifitas fisik).

Selain penyebab paling generik diatas terdapat beberapa penyebab lain yg tak jarang mengakibatkan nyeri dalam punggung, serta diantaranya adalah menjadi berikut:
Stress
Punggung sangat sensitive terhadap ketegangan otot akibat stress sehari-hari. Dalam keadaan lemah dan kaku, otot punggung mengalami spasme (kejang). Kondisi ini menyebabkan genre darah yg mengangkut oksigen menjadi terhambat, sebagai akibatnya otot kekurangan oksigen. Akibatnya, penderita mengalami nyeri yang semakin parah jika tidak segera ditangani dokter.
Postur tubuh yang buruk
Postur tubuh yg kurang tepat menyebabkan lengkung tulang belakang nir berada dalam satu garis lurus sebagai akibatnya gampang cedera serta mengakibatkan kelainan premature dalam diskus. Diskus yang ringkih nir lagi bisa menjadi bantalan vertebra. Kelainan akibat postur tubuh yg jelek yaitu tulang belakang terlalu melengkung ke depan atau belakang.
Kurang Olahraga/ aktifitas fisik
80 % masalah nyeri tulang punggung ditimbulkan lantaran buruknya kelenturan (tonus) otot atau kurang berolahraga. Otot yang lemah, terutama pada wilayah perut, tentu nir mampu menyokong punggung secara maksimal
Cedera dan ketegangan otot
Gerakan memutar, membungkuk atau mengangkat beban berat yg nir dilakukan secara benar, akan menyebabkan ketegangan pada otot atau cedera ligamen (jaringan kenyal yang menjaga kestabilan tulang). Hal yang sama juga bisa terjadi akibat gerakan secara mendadak pada berolahraga, contohnya saat berganti arah.
Osteoarthritis
Proses penuaan menyebabkan diskus keluar (menonjol) dari tempat semestinya serta membentuk pertumbuhan tulangbaru seperti taji yang menyebabkan radang sendi disertai nyeri. Postur tubuh dan perawatan tulang belakang yang baik umumnya dapat meredakannya.
Kegemukan / Obesitas
Berat badan yang berlebihan akan menaruh tekanan yg besar terhadap bantalan tulang belakang, postur tubuh pun berubah mengakibatkan syaraf tulang belakang sebagai kaku serta menyebabkan nyeri.
Kehamilan
Kehamilan juga merupakan penyebab paling umum yg menyebabkan nyeri dalam punggung, waktu terjadi kehamilan tulang belakang akan menyangga beban perut yg semakin membesar. Rasa nyeri dalam punggung akan semakin bertambah seorong semakin membesarnya berukuran janin atau usia janin.
Hampir setiap orang mempunyai nyeri punggung bawah pada beberapa titik pada hayati mereka. Memiliki nyeri punggung dapat intens dan bisa membuat Anda tidak mungkin buat melakukan tugas-tugas Anda. Sementara penyebab pasti sakit tidak jelas, cedera otot punggung atau ligamen regangan dapat menyebabkan nyeri punggung bawah akut. Kadang-kadang, syok seperti jatuh atau kecelakaan kendaraan beroda empat dapat mengakibatkan nyeri punggung bawah.
Mengenali Berbagai Jenis Nyeri Punggung
Sakit punggung bagian bawah merupakan jenis yang paling acapkali terjadi. Tetapi nyeri punggung lain jua bisa dirasakan pada sepanjang tulang belakang, dari leher sampai panggul. Berikut ini merupakan beberapa jenis nyeri punggung yang tak jarang terjadi:
  • Nyeri leher, yaitu sakit serta kekakuan pada leher
  • Skiatika, yaitu nyeri lantaran iritasi serta tekanan pada saraf skiatik yang menjalar dari punggung bawah sampai telapak kaki
  • Whiplash, yaitu cedera pada leher karena gerakan tiba-tiba
  • Ankylosing spondylitis, yaitu peradangan kronis yang memengaruhi tulang belakang serta sendi dan otot-otot yang terkait
  • Nyeri bahu, kondisi ini seringkali sebagai gejala adanya penyakit lain
  • Kekauan dalam bahu, yaitu syarat yg menciptakan pundak tidak dapat berkiprah secara bebas
  • Slipped disc, yaitu pergeseran cakram sendi tulang punggung yang menyebabkan sakit yg monoton, sensasi kesemutan serta bahkan mangkat rasa

Diagnosis diharapkan buat mengetahui penyebab serta cara pengobatan yang diharapkan.
Cara Menangani Nyeri Punggung
Ada banyak sekali cara penanganan yang dapat dilakukan agar rasa nyeri menjadi tidak berkepanjangan. Beberapa antara lain merupakan sebagai berikut buat menangani nyeri punggung:
Tetap aktif
Sebelumnya, istirahat adalah cara yg disarankan dokter buat menangani nyeri punggung. Namun kini dianggap bahwa tubuh yang tidak berkiprah aktif dalam jangka panjang justru berakibat jelek bagi punggung. Saat Anda mengalami nyeri punggung, penting buat sebisa mungkin permanen aktif serta beraktivitas seperti biasa. Berjalan kaki atau melakukan aktivitas sehari-hari justru akan membantu pemulihan nyeri Anda.
Obat pereda nyeri
Jika nyeri Anda nir mereda dan terasa tidak tertahankan, Anda dapat mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.
Berpikir positif
Penelitian menunjukan bahwa pemulihan akan menjadi lebih cepat dalam pengidap yg permanen berpikir positif dibandingkan mereka yang mengalami tertekan.
Terapi manual
Kompres panas atau dingin bisa membantu meredakan nyeri. Tempelkan koyo atau oleskan balsam pada area yang sakit. Bisa pula dengan menempelkan kantong es dalam area nyeri, lalu ganti dengan kompres handuk hangat atau mandi air hangat.
Bentuk-bentuk pengobatan lain bisa dilakukan pula menggunakan melakukan terapi pada klinik atau tempat tinggal sakit:
  • Fisioterapi: terapi untuk memperbaiki fungsi mobilitas motorik akibat gangguan dalam rangka tubuh.
  • Terapi chiropractic: metode ilmiah buat mendiagnosis, menangani, serta mencegah gangguan pada sistem muskuloskeletal (otot-otot serta kerangka tubuh).
  • Terapi osteopati: mendeteksi, menangani, dan mencegah masalah kesehatan dengan gerakan, peregangan, serta pijatan pada otot serta sendi.

Rangkaian penanganan di atas bisa dipadukan buat nyeri punggung yang telah terjadi lebih menurut 6 minggu dan telah dipercaya kronis. Penanganan bisa meliputi kombinasi obat pereda sakit serta keliru satu menurut terapi manual, akupunktur, dan mengikuti kelas-kelas latihan fisik. Sangat sedikit perkara yang melibatkan operasi tulang belakang. Operasi ini hanya akan dijalani jika seluruh cara di atas tidak berhasil.
Nyeri Punggung dalam Kehamilan
Berat janin yang disangga tulang belakang serta perubahan cara berdiri dan berjalan menciptakan kebanyakan bunda hamil mencicipi nyeri punggung. Rasa sakit ini diakibatkan tekanan serta regangan dalam otot dan sendi punggung.
Ada cara-cara lain yang dapat dilakukan penderita buat mengurangi rasa sakit selain menggunakan hanya mengonsumsi obat-obatan.
Keputusan buat Menemui Dokter
Tanpa berkunjung ke dokter, pada umumnya nyeri punggung akan membaik dengan sendirinya. Namun jika rasa sakitnya nir kunjung hilang dan sudah nir tertahankan, Anda dapat mengonsultasikannya kepada dokter.
  • Anda juga wajib mencurigai beberapa tanda-tanda yang dapat merujuk pada penyakit yang lebih serius.  Anda harus segera mengunjungi dokter apabila mengalami tanda-tanda-tanda-tanda darurat semacam ini:
  • Demam 38°C atau lebih tinggi
  • Tidak bisa buang air kecil
  • Kehilangan berat badan tanpa memahami penyebabnya
  • Nyeri punggung yang nir juga mereda setelah Anda berbaring
  • Rasa sakit dalam bagian dada atau permukaan punggung
  • Nyeri pada kaki serta di bawah lutut
  • Nyeri yg kian memburuk pada malam hari
  • Hilangnya kontrol buat membuang air mini dan besar
  • Terasa tewas rasa pada area kelamin, bokong, atau tubuh bagian belakang
  • Pembengkakan dalam punggung

Agar Terhindar berdasarkan Nyeri Punggung
Postur tubuh dan olahraga sangat memengaruhi kesehatan tulang punggung Anda. Cobalah buat menghindarkan punggung menurut tekanan hiperbola agar permanen kuat serta lentur. Berikut ini merupakan beberapa hal yg dapat mencegah terjadinya nyeri:
  • Gunakan sepatu beralas datar sesering mungkin daripada sepatu hak tinggi
  • Sejajarkan posisi keyboard personal komputer menggunakan pusar supaya pundak nir tertekan
  • Sejajarkan posisi layar komputer menggunakan pandangan mata buat menghindarkan leher dari ketegangan
  • Olahraga teratur seperti berenang serta jalan kaki
  • Tingkatkan fleksibilitas otot punggung menggunakan olahraga yoga atau pilates

Comments