TIPS MENGANALISA KERUSAKAN PADA TV


Kerusakan televisi dalam umumnya dikarenakan sang berbagai hal, misalnya umur TV yang telah lama , saat penggunaan yang berlebihan dan jua masih banyak penyebab kerusakan yg lain. Suatu perangkat elektronik sebanarnya mempunyai standart kualitas namun poly orang yg hanya memakai perangkat elektronika tadi tanpa memperhitungkan standart dan daya tahannya akibatnya kerusakanpun nir terhindari. Untuk itu tidaklah salah jika kita belajar mengantisipasi kerusakannya.

Dari banyak sekali kasus yang tak jarang saya temukan pada ketika memperbaiki TV seperti:

1. Tv tewas total / matot dan lampu indikator nir menyala / preoteksi.
Untuk masalah yang misalnya ini biasanya Regulator power suplay jebol ditandai menggunakan skring utama input arus ac 220 volt putus. Atau sanggup pula skring tidak putus namun tegangan B+ Nol vol.

2. Tv meninggal, lampu indikator berkedip.
Untuk kerusakan yang ini umumnya regulator power suplay bekerja namun tegangan B+ nya naik turun. Kerusakan mampu disebabkan sang TR horizontal jebol, fbt rusak / konslet, IC vertical rusak dan buat mengetahui kerusakan perlu dilakukan pengecekan secara khusus.

3. Tv tewas standby
Untuk kerusakan tv mati standby ditandai dengan lampu indikator menyala namun pada saat tombol power pada ON kan TV tidak mau start, atau tv mau start serta menyala namun kemudian standby lagi, buat perkara misalnya ini biasa disebut Protex. Untuk beberapa merk tv misalnya sharp cara mengatasinya wajib menggunakan membuka titik proteksinya, lalu dilakukan pengecekan lebih lanjut.

4. Tv masih ada gambar tetapi nir ada bunyi.
untuk kerusakan nir terdapat suara silahkan cek bagian penguat amplifier, cek speaker serta audio hasil IC prosesor.

5. Tv ada suara namun tidak terdapat gambar.
Kerusaka ditimbulkan sinyal video nir masuk kerangkaian crt atau perhatikan lampu filamen di leher crt, bila tidak menyala kemungkinan akbar Resistor Heater putus.

6. TV tidak terdapat gambar serta nir terdapat bunyi hanya layar berwarna biru.
Kerusakan ditimbulkan karena nir terdapat gelombang Tv yg terdeteksi oleh tuner, silahkan cek tegangan 33 volt tuner, buat tv cina ganti coil 6019 (letaknya didekat IC prosesor LA 768XX)

7. Tv mengeluarkan suara desisan atau bunyi misalnya ledakan.
Kerusakan terjadi lantaran terjadi loncatan tegangan tinggi menurut FBT ( biasanya flyback bocor). Buat mengatasinya sanggup menggunakan mengubah Flayback Transfomer ( FBT). Bisa pula di sebabkan oleh tegangan tinggi dikarenakan regulator powersuply rusak.

8. Tv gambarnya menyempit atas bawah atau hanya bergaris mendatar.
Kerusakan misalnya ini sangat erat hubungannya menggunakan blok vertikal, buat gambar menyempit atas bawah cara mengatasinya menggunakan masuk ke menu servise mode, seting ulang vertical size nya.

untuk kerusakan layar bergaris mendatar cara mengatasinya dengan membarui IC vertikal, apabila IC vertikal telah diganti masih permanen bergaris kemungkinan IC prosesor pula rusak.

9. Tv bunyi ada namun gambar buram terdapat garis-garis mendatar berwarna putih terang.
Kerusakan seperti tadi diatas umumnya ada ganguan tegangan dalam video ( tegangan 180 volt) yang mensuplay katoda RGB, buat penangananya ganti saja Elco 10 mf 250 volt, atau periksa pula Resistor Fuse yg menghubungkan tegangan 180 v ke rangkaian crt.

10. Tv gambar serta bunyi normal namun tombol panel ngacak
Kerusakan misalnya ini hanya karena kondisi tombol itu sendiri telah lama / aus, cara mengatasinya menggunakan membarui tombol tersebut dengan yang baru.

11. Tv bunyi normal tetapi warna dalam gambarnya nir normal (hilangnya salah satu warna)
Kerusakan ini ditimbulkan oleh, terganggunya jalur hasil RGB dari IC prosesor menuju rangkaian crt ( kemungkinan terdapat diode yg short dalam output RGB ) bisa jua ditimbulkan sang soket crt, short pada Tr di rangkaian crt, serta bisa jua menurut tabung crtnya yang rusak.

12. Tv gambar nir penuh / menyempit atas bawah serta kiri kanan / melengkung misalnya bantal
Kerusakan seperti ini disebabkan sang bagian horizontal yang bekerja sebagaimana mestinya, solusinya cek semua kapasitor di blok Horisontal.

13. Tv chanel berpindah-pindah sendiri atau volume akbar sendiri
Kerusakan seperti ini umumnya terjadi karena tombol pada panel konslet penyelesaiannya ganti seluruh tombol dalam tombol Menu, tombol chanel, tombol volume.

Kerusakan TV diatas hanya sebagian mini saja, masih poly lagi tanda-tanda kerusakan pada TV dan cara mengatasinya wajib dengan hati hati, sebelum kita memperbaiki kita wajib kenali gejalanya , cek kerusakan dengan teliti dan untuk penggantian komponen harus menggunakan kualitas yang indah. Sekian dulu buat posting kali ini tentang Tips Menganalisa Kerusakan Pada TV, semoga bermanfaat.

Dan tentunya terima kasih sudah berkunjung pada blog saya, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Comments