TIPS MELATIH OLAH PERNAPASAN UNTUK RELAKSASI

Terlalu banyaknya kesibukan dalam bekerja, konflik hidup yang dialami tak jarang menciptakan seorang sebagai tertekan atau stres. Anda memerlukan relaksasi buat menciptakan tubuh dan pikiran anda sebagai lebih rileks. Dan saat tubuh anda rileks maka segala hal dapat anda lakukan menggunakan baik serta mempertinggi kebugaran tubuh, sedang ketika pikiran anda lebih rileks maka anda bisa berpikir menggunakan jernih serta damai, selain hal itu sanggup menurunkan resiko stres dalam hidup anda.

Beberapa teknik relaksasi sederhana pun dapat anda lakukan buat menciptakan tubuh serta pikiran anda lebih rileks seperti meditasi, tai chi, yoga dan olah pernapasan. Melakukan teknik pernapasan yang tepat bisa menciptakan pikiran serta tubuh berfungsi lebih baik lagi. Bahkan hanya rutin melakukan olah pernafasan secara teratur beberapa mnt dalam sehari mampu menjadi relaksasi yg efektif membuat tubuh dan pikiran anda rileks pada sekejap. Saat tubuh dan pikiran mencapai perasaan tenang serta relaksasi pun membantu menjauhkan seseorang menurut kondisi stres. Seperti dikutip situs Time sejumlah pakar menyarankan memakai teknik pernapasan buat menaikkan pencerahan dan rasa rileks.
Teknik Pernapasan Untuk Relaksasi
Dr Alison McConnell, seorang instruktur yoga pada Rebecca Pacheco Yoga dan Dr Ellen Langer, pakar psikolog menyampaikan bahwa teknik bernapas yang sempurna bukan bernapas misalnya biasa namun ada sejumlah teknik khusus untuk mendapatkan ketenangan menurut bernapas. Berikut beberapa teknik pernafasan yg bisa menciptakan tubuh dan pikiran anda lebih rileks.
Pernapasan sejajar (Equal breathing)   
Equal breathing merupakan teknik pernapasan sederhana yg dapat dilakukan menggunakan menarik napas selama empat hitungan melalui hidung, yg berfungsi buat menambahkan resistensi alami pada pernapasan. "Pada enam sampai delapan hitungan per napas bertujuan buat menenangkan sistem saraf, mempertinggi fokus, serta mengurangi stres," ujar Pacheco. Rutin serta teratur melakukan teknik pernapasan ini akan menciptakan anda lebih rileks.
Teknik pernapasan perut (Abdominal breathing technique)
Teknik pernapasan ini dilakukan dengan menggunakan perut, dimana Anda dapat melakukannnya menggunakan meletakkan satu tangan pada dada dan satu tangan di perut. Ambil napas dalam-pada melalui hidung dan pastikan diafragma mekar dengan relatif buat membuat peregangan dalam paru-paru. "Enam hingga sepuluh hitungan selama 10 mnt setiap harinya bisa menurunkan denyut jantung serta tekanan darah," jelas McConnell. Melakukan teknik ini selama enam sampai delapan minggu akan membuat keuntungannya bertahan lebih usang lagi.
Teknik pernpasan pemurnian sungai (Nadi shodhana)
Teknik pernapasan ini mengacu dalam teknik pernapasan yang dilakukan sang orang India kuno buat keseimbangan jiwa serta pikiran. Teknik pernapasan ini bisa membantu anda menenangkan pikiran. Teknik pernapasan ini bisa dilakukan menggunakan pernapasan hidung secara bergantian pada teknik ini membawa kenyamanan dan ekuilibrium buat menyatukan sisi kanan serta kiri otak insan. Ambil posisi meditasi yg nyaman buat peroleh teknik pernapasan ini. Puncak inhalasi menurut teknik ini menutup lubang hidung sebelah kiri dengan jari cantik, kemudian buang napas melalui lubang hidung kanan, lakukan secara berulang dan bergantian.
Kapalabhati atau skull shining breath
Teknik ini dimulai menggunakan menghirup secara lambat serta panjang buat menghasilkan napas yg bertenaga menurut perut bagian bawah. Pacheco berkata teknik pernapasan ini sanggup menghangatkan tubuh, melepaskan tenaga negatif, serta perbaiki tenaga otak.
Relaksasi progesiv (Progressive relaxation)
Relaksasi melalui teknik pernapasan ini membantu melemaskan otot yang tegang sekaligus membuat peredaran darah berjalan lancar sebagai akibatnya anda akan lebih rileks. Ketegangan dari kepala hingga kaki bisa diredakan lewat teknik pernapasan ini. Dr Patricia Farrell, menurut bidang anxiety and panic menyarankan buat hirup napas melalui hidung dan tahan selama lima hitungan, reaksi yang akan terjadi otot-otot yg tegang akan mereda.
Panduan Visualisasi (Guided visualization)
Mengambil napas dalam-dalam diiringi dengan fokus pada pikiran positif untuk mengganti pikiran negatif, berlaku dalam teknik yang satu ini. Dr Ellen Langer mengungkapkan bahwa sementara ini cara yang sempurna buat mencapai ketenangan pikiran seorang. "Guided visualization membantu menempatkan Anda sinkron menggunakan hasrat pribadi, daripada membiarkan pikiran berada pada kondisi stres," kentara Ellen.
nah itulah beberapa teknik olah pernapasan sederhana yang bisa anda coba dirumah yg bermanfaat membantu tubuh serta pikiran anda sebagai lebih rileks.

Comments