TIPS & CARA SEHAT MENIKMATI KOPI BAGI PENYUKA KOPI

Menikmati kopi - Kopi merupakan adalah "sahabat yg asyik" waktu begadang, menonton movie, berkumpul dengan sahabat atau aktivitas aktivitas lain. Saya sendiri adalah penghobi kopi, dan nir pernah seharipun sanggup terlepas menurut kopi. Pertanyaannya adalah apakah kopi aman atau berbahaya bagi kesehatan kita? Seperti dikutip berdasarkan banyak sekali pakar serta asal web kesehatan mengungkapkan bahwa kopi bersifat stimulan (mengakibatkan dampak terjaga) lantaran adanya suatu zat yg dianggap caffein, caffein memiliki manfaat buat kesehatan bila dalam dosis atau takaran tepat pada penyajiannya.
Image source: Indiecoffeepassport.com
Banyak rakyat Indonesia bahkan global familiar menggunakan kopi. Bahkan Indonesia dikenal menjadi sumber penghasil biji kopi yg termasuk terbaik pada dunia, global internasional juga telah mengakui nikmatnya banyak sekali varian kopi menurut tanah air. Lalu bagaimana cara menikmati kopi bagi kita penghobi minuman kopi ini supaya aman serta sehat buat dikonsumsi sehari hari? Berikut tipsnya misalnya dikutip dari berbagai situs kesehatan populer:
Cara Sehat Menikmati Kopi
Kopi nir buat membuat anda selalu terjaga
Memang sahih bahwa kopi mengandung caffein yg menyebabkan impak membuat anda lebih terjaga. Menurut bebragai penelitian imbas kafein akan muncul sehabis 20-30 mnt dikonsumsi buat membuat anda lebih segar dan terjaga lalu. Namun jangan lupa bahwa ketika tubuh anda lemah, mengantuk serta butuh istirahat maka beristirahatlah walaupun hanya sementara waktu lantaran karena tubuh anda membutuhkannya. Mengantuk merupakan cara alami bagi tubuh kita memberitahukan bahwa tubuh membutuhkan istirahat. Jangan paksa buat meminum kopi agar membuat anda selalu terjaga.
Minum kopi sesuai dosis / dosis
Segala hal yang dilakukan secara berlebihan tentu menimbulkan pengaruh yang buruk, begitu pula dengan meminum kopi. Pakar kesehatan membicarakan bila kopi pada dasarnya memang sangat baik bagi kesehatan tubuh menggunakan catatan jika pada dosis atau takaran yang sempurna. Wlaupun anda "penggila" kopi harap diingat bahwa konsumsi kopi dalam sehari sebaiknya tidak melebihi 400 mg kafein atau setara dengan 2 cangkir saja. Apabila kita meminumnya secara hiperbola, bisa jadi kita malah mengalami jantung berdebar, sulit tidur, hingga gangguan perut.
Kenali respon tubuh terhadap kopi
Walaupun dua cangkir / 400 mg kaffein pada kopi / hari dinyatakan kondusif buat tubuh namun anda pula harus mengenali tubuh anda merespon zat ini. Berbagai tanggapan orang berbeda tentang kopi ini, terdapat yang berkata tidur nyenyak sesudah meminum kopi, terdapat yang malah kesulitan tidur sepanjang malam dsb. Anda sendiri yang mampu mencicipi impak kopi ini dalam diri anda. Beberapa hal yang wajib diperhatikan buat mengurangi kopi (walaupun anda telah mengonsumsi pada takaran aman) merupakan saat anda mencicipi kepala pusing, gangguan mood / cepat murka , jantung berdebar, gelisah dsb.
Tambahan pada kopi
Pakar kesehatan membicarakan jika kopi pada dasarnya memang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Yang menjadi masalah merupakan, cara kita meminum atau menyajikan kopi yg nir benar. Coba kita bertanya ke diri kita sendiri apakah kita menikmati kopi yg telah dicampur dengan susu, krim, atau bahkan gula setiap hari? Adanya bahan tambahan inilah yg bisa membuat kandungan lemak dan kalori kopi meningkat drastis yang tentu akan kurang baik bagi kesehatan tubuh.
Padahal, pakar kesehatan menyebutkan apabila kopi secara alami sanggup menurunkan kematian yg ditimbulkan oleh serangan jantung, stroke, diabetes, atau bahkan berbagai penyakit pada saraf. Kopi yg dinikmati tentulah adalah kopi hitam yg alami tanpa adanya tambahan-tambahan pada atas. Andai anda kurang mampu menikmati kopi hitam, cobalah buat menambahkan serbuk kacang, kayu manis, almond, minyak kelapa atau susu botani yang dijamin lebih sehat.
Kenali Kandungan Caffeine
Setelah mengetahui dosis dan respon tubuh, terdapat baiknya kita mengetahui kandungan caffeine dalam produk-produk yang tak jarang kita konsumsi. Agar jangan hingga takaran kopi yg dianjurkan telah tercapai, namun kita masih mengkonsumsi produk-produk lain yang mengandung caffeine sebagai akibatnya merasakan imbas buruk kopi. Beberapa produk lain yang perlu diperhatikan kandungan caffeine misalnya contohnya : softdrink, permen kopi, teh, coklat, obat sakit kepala.
Cara pengolahan (roasting serta brewing) jua berpengaruh terhadap kandungan caffeine dalam kopi. Sebagai contoh, sebuah penelitian menampakan, secangkir kopi di Starbucks mengandung rata-rata 259 mg caffeine dibandingkan dengan kopi menggunakan jenis serta berukuran cangkir yg sama pada Dunkin Donuts yang hanya mengandung 149 mg caffeine.
Dari penelitian lain, kopi decaf (kopi tanpa caffeine) baik buat mereka yg mengalami obesitas lantaran dapat menaikkan HDL (kolesterol “baik”) kurang lebih 50%. Sedangkan pada mereka yg nir mengalami obesitas justru bisa menurunkan kolesterol HDL ini yang bisa menaikkan resiko penyakit jantung.
Pastikan anda mengetahui siapa yg boleh dan boleh minum kopi
Kelompok berikut disarankan buat menghindari kopi: wanita hamil, anak-anak, orang tua, orang dengan penyakit jantung serta pembuluh darah (mis: hipertensi). Nah, bila sudah termasuk gerombolan ini, lupakan kopi!
Hindari minum kopi dipagi hari / perut kosong
Meminum kopi di pagi hari dipercaya menjadi trik terbaik menjaga tubuh kita bugar seharian. Anggapan ini ternyata galat besar . Secara alami, ritme sirkadian tubuh yang mengendalikan hormon kortisol yang mampu membuat kita terjaga dan fit telah berada dalam siklusnya sendiri dimana zenit sirkulasi hormon ini ada pada pukul 8-9 pagi, jam makan siang atau 12-13 siang, dan pula menjelang matahari karam, jam 17-18. Apabila kita meminum kopi terlalu pagi atau sebelum jam 10, maka kita justru akan mengacaukan daur ini serta sanggup memicu rasa indolen seharian.

Comments