TIPS & CARA MENGKRITIK TANPA MEMBUAT MEREKA SAKIT HATI

Dalam menciptakan suatu hubungan menggunakan orang lain tentu tidak jauh menggunakan adanya ukiran, disparitas pendapat, keslahan maupun kekhilafan. Sebagai makhluk sosial, sudah sepatutnya kita saling mengingatkan agar goresan tabrakan yang terjadi dalam sebuah hubungan sosial dapat diminimalkan. Dan galat satu hal yang sanggup kita lakukan buat saling mengingatkan merupakan menggunakan mengkritik atau menanggapi adalah salah satu hal yg kerap dilakukan buat mengingatkan kekeliruan orang lain. Kritikan yg membangun tentu menjadi hal yang baik buat saling mengingatkan, namun kritikan yang baik sekalipun bisa berakibat sakit hati orang yang kita kritik.

Memberi kritik nggak semudah hanya mengungkapkan apa yang kurang berkenan menurut sisi kita saja. Kritikan tentu nir semuanya ditanggapi menggunakan bijak dan tulus, ada kalanya kritik sanggup membuat orang lain sakit hati bahkan emosi. Nah bagaimana cara kita mengkritik orang lain tanpa harus menyakiti hati orang yang kita kritik, berikut tipsnya:
Pilihlah situasi serta kondisi yg tepat
Mengkritik yang baik tanpa menciptakan mereka sakit hati sanggup kamu lakukan menggunakan melihat kondisi serta situasi yang tepat. Sebagai model saja saat kamu mengkritik seorang ketika suasana hatinya nir sedang pada keadaan baik hal ini tentu saja hanya akan menciptakan mereka emosi. Ketika kamu menemukan sesuatu hal yang kurang berkenan dan ingin segera membicarakan kritik, usahakan lihat dulu situasi serta syarat yang bersangkutan.
Mulailah menggunakan mengkritik namun jangan lupakan jua kebanggaan.
Karena pada dasarnya, insan lebih senang apabila dirinya dihargai dan dipercaya keberadaannya. Mereka lebih senang buat dipuji daripada dikritik kesalahan mereka. Ketika orang lain melakukan sesuatu yg menurut kamu keliru, jangan sekali-kali kamu langsung menegurnya. Cobalah buat memberinya kebanggaan serta penghargaan atas semua yang sudah dia lakukan. Setelahnya, masukan kritikan yg ingin engkau sampaikan kemudian akhiri menggunakan pujian jua.
Jangan hanya mengkritik tapi sampaikan kesalahanmu juga
Temanmu, rekan ataupun orang orang disekitarmu akan menerima kritikan yang kamu berikan apabila kamu jua mengakui kesalahanmu. Kamu mampu memulai menggunakan menyampaikan kesalahan-kasalahan yang pernah kamu lakukan serta engkau menyesalinya, kamu sanggup pula menceritakan resiko menurut keslahan yg telah engkau lakukan. Dengan begitu, orang yg engkau kritik nggak merasa disalahkan. Tanpa kamu berusaha menyalahkannya menggunakan mengungkapkan kesalahan sendiri di sela-sela percakapan, niscaya dia nggak akan malu menyadari kesalahannya karena mengetahui bahwa kamu pun ternyata masih jauh dari paripurna.
Kritikan menciptakan bukan mengintimidasi
Saat menaruh kritikan dalam seseorang, jangan tunjukkan bahasa tubuh yg seolah-olah mengintimidasi. Tetaplah ramah dan sopan, tunjukkan senyum menggunakan tatapan yg bersahabat supaya versus bicara jua nyaman denganmu. Beri kesempatan padanya buat mengutarakan pendapatnya. Saat seorang mencoba buat memberikan penjelasan, bahasa tubuh yang kamu tunjukkan pula wajib mencerminkan sikap yg terbuka serta antusias terhadap penjelasan tadi. Dengan begitu, lawan bicara nggak akan merasa terusik dengan kritikanmu.
Bersiaplah beri dukungan dengan kritikanmu
Tentu saat kamu telah mampu mengkritik seseorang tentu kamu pula siap buat membantu orang yang engkau kritik keluar menurut masalahnya. Ketika seseorang benar-benar sadar akan kesalahannya, apalagi beliau sadar orang lain menyalahkannya, akan sulit baginya buat bisa menerima kepercayaan dirinya pulang. Tunjukanlah peranmu menjadi saudara atau sahabat yang siap membantu. Tawarkan kepadanya sebuah solusi. Bantu beliau buat keluar dari keputusasaannya serta bangkit pulang. Beri beliau motivasi, buatlah kesalahan kelihatan gampang buat diperbaiki.
Beri mereka waktu buat berubah
Kritikan bukanlah sanksi, tapi sebuah koreksi supaya orang yang kamu kritik sebagai atau melakukan tugasnya dengan lebih baik. Apabila yg bersangkutan nggak sanggup memberi respons pribadi atau kalian sama-sama nggak menemukan solusi yg tepat, berilah kesempatan lain. Secara psikologis, hal ini sangat penting buat menaruh ruang ketika antara saat engkau menaruh kritikan dan penjelasan dari yang bersangkutan. Dengan begitu kamu akan dievaluasi masih mempunyai empati terhadapnya.
Dikritik atau mengkritik telah merupakan hal yg lumrah. Sebuah kritikan adalah sesuatu yg sangat berharga serta mempunyai tujuan yg baik. Jika sanggup diterima dengan lapang dada, kita akan mampu mengoreksi kekeliruan yang terjadi serta menciptakan perbaikan. Makanya, agar kritikan bisa berfungsi sebagaimana mestinya, memberikan kritikan haruslah dilakukan menggunakan bijaksana, ya!

Comments