TIPS & CARA MEMPERCEPAT KINERJA KOMPUTER

Tips & Cara Mempercepat Kinerja Komputer - Ada beberapa faktor yg mengakibatkan kemampuan personal komputer atau laptop kita semakin terbatas, semakin lambat, kinerja nir fit misalnya awal pembelian. Hal ini disebabkan sang beberapa faktor yg mengakibatkan demikian. Nah Untuk itulah aku akan sedikit share mengenai tips serta cara supaya personal komputer kita berjalan secara optimal.

  1. Mengabaikan Minimum Hardware Requirements, saat menginstal  suatu aplikasi. Semua aplikasi / aplikasi mempunyai spesifikasi minimal hardware personal komputer yg diperlukan agar pelaksanaan tersebut bisa berjalan normal.  Dan kita ingat itu merupakan spesifikasi minimal , jadi agar pelaksanaan tersebut mampu berjalan optimal spesifikasi personal komputer kita wajib lebih tinggi menurut system requirement  aplikasi tersebut.
  2. Overheating dalam komponen hardware, beberapa komponen hardware yang seringkali terjadi overheat adalah Processor, Mainboard, VGA Card serta Power Supply. Overheat pada komponen hardware tersebut bisanya terjadi  lantaran nir optimalnya kerja system pendingin (misalnya fan Processor),  komputer ditempatkan pada ruangan yg memang memiliki temperatur relatif tinggi atau sanggup pula lantaran personal komputer yg dioperasikan 24 jam nonstop.
  3. Live time, hardware komputer jua nir bisa melawan usia, terutama buat komponen kapasitor pada mainboard serta hardisk. Secara umum personal komputer yang telah beroperasi diatas 5 tahun telah saatnya diupgrade atau diganti baru.
  4. Terlalu poly aplikasi yg diinstall, poly proses yg berjalan pada background, terdapat virus, malware serta spyware yg memakan resource Processor dan Memory yg pada akhirnya bisa menyebabkan personal komputer kita terasa sangat lelet
  5. Setelah kita mengetahui beberapa penyebab umum komputer sebagai lambat, maka saatnyalah kini kita mempersiapkan  dan melakukan beberapa langkah tune up windows untuk mempercepat komputer kita
  6. Ketahui spesifikasi komputer kita, jangan ragu untuk meng-upgrade komponen terutama untuk RAM yang masih dibawah 1 GB.  Apabila anda berminat membeli komputer baru, menurut aku spesifikasi minimal ketika ini adalah personal komputer sekelas Intel Core 2 Duo, RAM DDR3 2 GHz,  Hardisk SATA 250 GB serta 530 Watt Power Supply.
  7. Bersihkan komponen hardware, buka casing CPU serta bersihkan debu yang menempel pada mainboard, fan serta peripheral lainya dengan menggunakan sikat halus dan vacum cleaner.
  8. Bila memang spek personal komputer kita pas-pasang instal-lah acara yang benar-benar dibutuhkan saja. Ada baiknya jua untuk menggunakan program alternative yg memiliki ukuran kecil dan nir memakan banyak resource.
  9. Bersihkan personal komputer menurut virus, spyware serta malware menggunakan virus scanner misalnya misalnya Norman Malware Cleaner, lalu install antivirus yang tidak memberatkan komputer, saya sendiri memakai avast free antivirus serta pastikan selalu update.
  10. Disable Automatic Update dalam windows, sebagai gantinya download security update dan hotfix modern menggunakan Windows Update Downloader menurut windowsupdatesdownloader.com
  11. Disable windows services. Matikan beberapa aplikasi yang berjalan otomatis saat windows startup. Saya menggunakan tools Start Up Control Panel untuk mengontrol program apa saja yg perlu atau nir perlu di load ketika windows start up. Download programnya pada www.mlin.net/StartupCPL.shtml, kemudian jalankan dan disable beberapa service yang tidak diperlukan
  12. Matikan System Restore pada beberapa partisi atau keseluruhan drive. Selain dapat meningkatkan kecepatan windows, mendisable fitur ini akan menghindari  boomerang yg terjadi karena adanya virus yang bercokol pada file-file restore point.
  13. Bersihkan desktop berdasarkan shortcut serta arsip yang tidak sering terpakai. Untuk menyimpan arsip data sebaiknya simpan pada folder atau drive tersendiri. Gunakan wallpaper yang tidak memakan poly resource memory atau gunakan saja background warna pada tampilan desktop.
  14. Bersihkan temporary arsip yang ada dilokasi C:Documents and Settings-namauser-Local Settings-Temp serta C:Windows-Temp. Jalankan Disk Cleanup Wizard buat meng-compress old arsip dan membersihkan arsip-arsip yang nir diperlukan.
  15. Jalankan Disk Defragmenter secara teratur buat merapikan balik data-data yang tersimpan pada hardisk.
  16. Jalankan tools Checkdisk buat memastikan struktur file dan direktory dalam hardisk bebas menurut error.
  17. Install ulang Windows serta Aplikasi.  Apabila dirasa personal komputer telah terlalu banyak masalah, inilah jurus terakhir yang dapat kita lakukan buat membuat komputer kita pulang ke performa awal, selamatkan semua data ke partisi atau hardisk yg lain lalu mulai lagi semuanya dari awal, reinstall Windows dan program aplikasi lainnya.

Comments