TERUNGKAP INILAH FUNGSI SEBENARNYA PENGHAPUS DUA WARNA

Cara flexi---Para siswa dan masyarakat belajar sekalian, dulu pada jaman-jaman masih poly menggunakan pensil untuk menulis, kita menggunakan penghapus dan terdapat penghapus yg memiliki 2 rona biru dan merah. Penulis sendiri awalnya tidak mengetahui fungsi yg rona biru ini, hanya meyakini apabila bagian yg mempunyai warna biru dalam penghapus ini digunakan buat menghapus tinta pulpen dalam kertas. Ini memang seperti anggapan kebanyakan teman-sahabat penulis saat itu !
Usut punya usut, ternyata apa yg kita pikir selama ini mengenai fungsi sisi biru penghapus ini ternyata galat. Buktinya jika memang benar sisi biru digunakan buat mengapus tinta pulpen mengapa berujung kertas buku Anda malah robek tak karuan? Pada dasarnya bagian merah memang bertugas untuk mengapus ukiran pensil tapi tidak demikian dengan bagian berwarna biru.
Ternyata sisi merah serta biru memiliki fungsi yg sama yaitu sama-sama buat menghapus pensil. Tapi, buat sisi biru ini hanya digunakan buat menghapus pensil di atas kertas yg mempunyai tekstur yang lebih tebal serta kasar seperti kertas kartu atau kertas buram. Dengan memanfaatkan sisi biru ini, Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra buat menghapus pensil dari kertas yg bertekstur tebal.
Mungkin Anda masih tidak konfiden lantaran adanya simbol pena pada bagian berwarna biru ini. Yang perlu Anda ketahui, ternyata ada bahan tinta pena yang nir menyerap kuat dalam kertas, nah, sisi biru ini digunakan buat menghapus tinta pulpen khusus tadi. Jadi nir seluruh bahan tinta dapat dihapus dengan bagian biru ini. Itulah mengapa, Anda selalu menghancurkan kertas ketika menghapus menggunakan sisi biru ini.
Dewasa ini dengan bekembangnya penghapus cair untuk tinta pulpen (Corectionlaks) agaknya sudah jarang kita temukan penghapus dengan dua sisi warna biru serta putih tersebut. Kini penghapus yang beredar dipasaran hanya penghapus yg berwarna putih saja untuk sekedar menghapus goresan pena berdasarkan pensil kita.

Source: solo.tribunnews.com

Comments