TERLALU PEMALU BERIKUT TIPS & CARA MENGATASINYA

Tips mengurangi rasa memalukan (percaya diri) - Ketika kita membuat malu buat berbuat dursila pada orang lain, ketika membuat malu untuk korupsi, malu buat hal hal yang melanggar norma dan aturan itu adalah yg baik. Tetapi saat kita terlalu menjadi pemalu (nir percaya diri) hal itu akan membatasi kita berdasarkan perbuatan dan sikap yg positif. Malu merupakan satu perasaan negatif yg ada dalam diri seseorang akibat dari pencerahan diri tentang perlakuan tidak baik yg di lakukan oleh dirinya sendiri, namun apabila perasaan memalukan ada tersebut tanpa karena yg kentara, dan nir melakukan tindakan yang tak seharusnya, tentu hal ini akan sangat mengganggu anda untuk berinteraksi dengan orang orang terdapat di lebih kurang anda.
Terlalu pemalu pada artian nir percaya dengan kemampuan diri sendiri kentara akan membatasi hal baik yang akan kita lakukan. Sedangkan menurut tata bahasa membuat malu berdasarkan Wikipedia adalah galat satu bentuk emosi insan pada pengertian, pernyataan, atau kondisi yang dialami insan dampak sebuah tindakan yang dilakukannya sebelumnya, atau ketakutan buat melakukan sesuatu serta kemudian ingin ditutupinya. Penyandang rasa memalukan secara alami ingin menyembunyikan diri dari orang lain lantaran perasaan nir nyaman bila perbuatannya diketahui oleh orang lain atau apa yg ingin dilakukannya tidak sinkron harapan yang diinginkan orang lain.

Perasaan memalukan yg datang datang tiba tadi lebih acapkali kita sebut menggunakan rasa tidak percaya diri, entah itu buat bertemu kenalan baru, membacakan presentasi didepan audiens, grogi, gugup atau ketika berada di tengah tengah keramaian serta sebagainya. Bagaimana cara buat mengatasi perasaan tersebut? Berikut adalah beberapa cara mengatatasi rasa malu :
Tidak perlu melakukan hal yang dievaluasi sesuai standar orang lain
Rasa malu akan muncul saat kita melakukan sesuatu hal yg dianggap nir memenuhi standar orang lain. Lakukan apa yang dari anda sahih, percaya menggunakan kemampuan diri anda dan tidak perlu menampilkan sesuatu dengan harapan hal itu akan memenuhi standar yang ditetapkan sang orang lain.
Berhentilah terobsesi mengenai kesempurnaan.
Kesempurnaan hanya milik Tuhan dan kita menjadi insan biasa akan jauh dari kata paripurna. Jadi bila anda melakukan hal kesalahan, memiliki kekurangan yang mungkin akan menciptakan anda tidak percaya diri atau membuat malu maka berpikirlah bahwa anda hanya insan biasa yg tidak bisa luput menurut kesalahan. Lakukan saja hal hal baik jangan terlalu terobsesi untuk melakukan segala sesuatu dengan sangat sempurna. Berangan angan mengenai diri sendiri harus begini, atau andai aku begitu. Itu justru akan semakin menciptakan anda karam di dalamnya, anda akan merasa sangat tersiksa saat tersadar anda tak sesempurna seperti yg anda angankan.
Berpikir sebelum berbicara atau melakukan sesuatu
Salah satu hal yg membuat kita menjadi membuat malu adalah ketika kita melakukan kesalahan atau nir tampil paripurna. Nah berpikirlah dahulu sebelum berbicara atau melakukan segala sesuatu, apa tindakan itu salah atau benar serta tidak membuat anda memalukan nantinya, misalnya gaya berbicara atau sebagainya, apalagi tindakan ini buat orang orang di sekitar anda yang setiap hari anda temui.
Bersosialisasi
Dengan bersosialisasi dan berinteraksi dengan poly orang hal itu akan menumbuhkan rasa kepercayaan diri anda. Mengenal serta mempunyai banyak teman yang terhubung menggunakan anda menggunakan aneka macam karakter yg mereka miliki meerupakan cara ampuh buat mengatasi rasa terlalu pemalu anda. Jika anda sporadis berkumpul menggunakan poly orang atau hanya duduk diam dirumah saja maka anda akan menjadi terlalu pemalu buat berinteraksi dengan banyak orang.
Berpikir positif
Rasa percaya diri pada bangun menurut pikiran yg positif, apabila yg ada dalam pemikiran anda hal hal yang buruk jelek tentu hal ini akan mensugesti perasaan anda, misalnya apakah saya di terima jikalau bergabung? Aku orangnya jelek gak pantas berteman dengan mereka. Buang jauh jauh pemikiran misalnya itu, tentu seluruh manusia di ciptakan di bumi ini sebagai mahluk pilihan yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, telah sepantasnya anda menjadi mahluk pilihan nir merasa minder misalnya itu, mungkin mereka pada beri kelebihan anggun atau tampan tapi anda pasti memiliki kelebihan yg tidak mereka punya.

Comments