TEKNOLOGI PENGUBAH AIR LAUT MENJADI TAWAR

TEKNOLOGI PENGUBAH AIR LAUT MENJADI TAWAR - krisis air akibat ekspresi lebih banyak didominasi kering masih sebagai kendala bagi sebagian warga pada daerah pesisir gunung kidul, yogyakarta. 

baca pula ; Navigasi GPS Untuk Kapal Perikanan


Dimusim kering poly masyarakat terpaksa membeli air tangki memakai harga mencapai 100 sampai 150 ribu rupiah buat memenuhi kebutuhan hidup. Melihat keadaan tadi, 3 orang siswa berdasarkan SMK negeri 1 saptosari yakni dian ramadan, sidiqtias budi dan  afifah khoirunisa berinovasi menciptakan alat pengubah air bahari menjadi air tawar.


baca pula ; 
Alat Pendeteksi Ikan


TEKNOLOGI PENGUBAH AIR LAUT MENJADI TAWAR


Alat yg dinamakan wapstor atau water pyramid solar desalinator ini dikembangkan semenjak setahun terakhir. Awalnya banyak kendala yang dihadapi, namun memakai berbagai pengembangan indera ini kini    mampu mengubah air laut yang asin menjadi air tawar, meski masih pada skala kecil atau prototype .
Cara kerja alat ini sangat sederhana. Air bahari yang ditempatkan disebuah wadah diletakkan pada atas elemen pemanas, memakai ditutup kaca berbentuk pyramid. Proses pemanasan ini tanpa memakai bbm juga tenaga listrik, tetapi nisbi memakai tenaga surya melalui sel matahari yg disimpan ke aki .

Baca Juga : GPS Kapal Perikanan

Air laut nantinya akan mengalami proses pemanasan dan pengembunan kemudian embun itulah yang dimanfaatkan karena telah menjadi tawar. Kedepan, indera ini akan dikembangkan kembali  memakai skala yg lebih akbar  agar mampu dimanfaatkan sang warga khususnya masyarakat  nelayan pada pesisir pantai yang mengalami krisis air.


Comments