TEKNIK SOLDERING DAN DESOLDERING

☆Teknik Soldering
Solder merupakan suatu alat menyambung kaki komponen dalam PCB, pada menggunakan solder perlu bahan tambahan untuk merekatkan antara kaki komponen menggunakan PCB yaitu tenol. Tenol yg baik buat menyolder ukuran diameter 0,8mm dan bahan tambahan timah/tinol menggunakan komposisi 60/40. Untuk memakai solder hendaknya diperhatikan hal-hal berikut:

A. Daya Solder yang digunakan
Daya solder yg terdapat pada pasaran sangat beraneka ragam, mulai menurut daya 30 watt hingga ratusan watt. Untuk menyolder kaki komponen mini hambatan mini , kaki dioda, kaki transistor, kaki IC, serta lain sebagainya, apabila panas yg disebabkan dampak solderan terlalu panas dapat merusak komponen tadi. Untuk itu disarankan supaya menggunakaan solder menggunakan daya 30 watt hingga menggunakan 40 watt, apabila ingin dipakai buat menyolder komponen.

B. Macam-macam bentuk solder
Berdasarkan bentuknya di pasaran masih ada 2 contoh yaitu bentuk biasa solder lurus dan solder misalnya sniper yang bisa ditamba tingkat kepanasanya.

C. Perwatan solder
Jika ingin solder permanen prima setiap saat maka butuh yg namanya perwatan. Selain itu, solder yg dirawat jua akan awet dan terhindar menurut korosi. Cara merawatnya pun gampang di lakukan menggunakan cara; membersihkan semua bagian mata solder dengan kain basah dan hindari membersihkan menggunakan cara di amplas, lantaran mata solder akan cepat rusak.

2. Caramenyolder
✔Tempatkan solder pada dudukan / loka solder pada sebelah kanan meja kerja.
✔Masukan streker listrik dalam stopkontak yg tersedia pada meja kerja, serta tunggu hingga solder sahih-benar panas.
✔Bersihkan ujung mata solder menggunakan memakai kain basah.
✔Beri sedikit tinol pada ujung mata solder, supaya timah benar-benar meleleh serta menempel dalam ujung mata solder. Hal ini dimaksudkan supaya mempermudah buat mencairkan timah dalam ketika menyolder.
✔Bersihkan benda kaki komponen dan pcb Yang akan pada solder agar keduanya dapat direkatkan sang tinol.
✔ Hati-hati pada ketika akan melakukan penyoldiran.
✔ Hindari asap soderan, jangan sampai terhirup, lantaran asap tadi berbahaya buat kesehatan paru-paru.
✔ Usahakan dalam saat melakukan soldering, posisi kepala kita jangan sejajar diatas benda yang akan pada solder, karena uap solderan dapat terhirup sang hidung.
✔Tempelkan ujung mata solder pada PCB yg hendak di solder. Kemudian selesainya beberapa dtk baru tinol pada tempelkan dalam ujung mata solder. Sehingga tinol benar-sahih mencair menempel pada PCB serta kaki komponen.
✔ bila terlalu usang dalam waktu menyolder kaki komponen bisa membahayakan komponen itu sendiri.
✔ Disarankan waktu nir lebih berdasarkan tiga detik, namun jangan tegesa -gesa. Jika solderan kurang matang akan terlihat nir mengkilat karena tinol kurang melebur. Ini akan menentukan kualitas suatu rangkaian yang anda kerjakan.
✔ Hasil solderan yg baik adalah bila diraba menggunakan tangan output solderanya halus, serta jika pada lihat solderan nampak mengkilat. 

Ciri solderan yang Bagus adalah berbentuk segitiga kerucut. Jika terlalu kurus kurang baik, begitu jua terlalu gemuk jua kurang baik. Untuk itu perlu latihan.

☆Teknik Desoldering
Desoldering adalah proses pelepasan kaki komponen dari PCB, agar nir rusak dalam waktu melepas kaki komponen menurut pcb yang sudah disolder, perlu indera yang kita kenal dengan Atraktor (solder pump). Atraktor yg generik dipakai buat melepas kaki komponen, buat menghisap timah yg mencair pada bagian atas PCB.

Cara melakukan desoldering
✔Tekan tangkai atraktor push on hingga berbunyi klik (pertanda mengunci)
✔Tempelkan ujung mata solder dalam kaki komponen yang akan dilepas, hingga tinol sahih-benar mencair.
✔Setelah tenol mencair, dekatkan ujung atraktor tegak lurus menggunakan PCB , lalu tekan tombol push off dalam atraktor bersamaan mata solder diangkat.
✔Hasilnya, timah yang meleleh akan terhisap masuk kedalam tabung atraktor.

Menguasai teknik soldering serta desoldering merupakan pembelajaran dasar berdasarkan elektronika, sehingga ini wajib di pelajari terutama untuk pemula. Teknik dasar yang akan digunakan selamanya di bidang elektronik. Kedua teknik soldering dan desoldering adalah salah satu kunci menurut keberhasilan suatu produk elektronik, rangkaian elektronik, servis elektro, akan slalu terikat.  Sehingga harus hukumnya apabila seseorang ingin terjun di dunia elektronik. 

Baca jua: Apa saja,  indera yang diperlukan seseorang tukang servis elektro? 

Comments