TEKNIK PARALEL ANTAR STOP KONTAK

Penjabaran "Paralel Antar Stop Kontak" merupakan menghubungkan atau menyambung menurut stop kontak ke stop kontak lainnya, ada juga yg menyebut nya dengan istilah jumper stop hubungan ke stop kontak (jumper stop contact to stop contact). Teknik instalasi seperti ini acapkali dilakukan dalam ruangan spesifik yg membutuhkan banyak stop hubungan, tetapi yg paling tak jarang di temukan pada suatu instalasi merupakan jumper stop kontak ke saklar (switch).
Sebenar-nya apabila pada instalasi baru kita mampu saja memakai stop hubungan ganda (double stop contact) atau jika sangat di perlukan kita bisa menggunakan multi stop kontak. Tapi pada instalasi penambahan, akan lebih mudah menggunakan teknik paralel antar stop hubungan ini.
Jika kamu bukan elektrikal propesional sebaik nya matikan terlebih dahulu MCB yg ada pada meteran listrik anda. Ini di lakukan untuk menjaga diri supaya tidak ter-setrum. Selanjut nya ikuti petunjuk gambar pada bawah ini, saya sudah menyiapkan sebuah diagram paralel (jumper) stop hubungan ke stop hubungan.
Keterangan Gambar:
  • Stop kontak ini adalah jenis stop kontak 3 kaki (Three pin socket) biasa juga di sebut dengan type "G".
  • Pada setiap pembelian stop kontak tiga kaki misalnya ini generik nya sudah pada lengkapi menggunakan symbol L,N serta Ground (⏚).
  • Warna kabel sanggup saja tidak sama menggunakan yang terdapat dalam tempat tinggal anda, pastikan menggunakan kentara kamu mengetahui Phase=Api (Arus listrik positif) dengan mengujinya menggunakan testpen.
  • Kemudian ikuti pemasanga kabel stop kontak seperti yang terlihat pada model gambar diatas.
  • Input Phase ke stop hubungan 1 lalu di jumper ke stop kontak 2 begitu jua menggunakan Netral dan kabel Grounding-nya.
Selesai, demikian saja penerangan mengenai cara menghubungkan (paralel) stop kontak ke stop hubungan. Saya kira dengan melihat gambar diagram di atas telah cukup untuk memahami-nya. Hanya tinggal menjaga sfty (keselamatan kerja) saja. Apabila engkau takut meng-koneksi nya dalam keadaan listrik menyala maka sebaik nya putus dulu genre listrik menggunakan mematikan MCB.

Comments