TEKNIK DASAR MEMPERBAIKI SMPS MATI SWITCH MODE POWER SUPPLY


SMPS merupakan kependekan dari Switch Mode Power Supply. Ada poly sebutan buat jenis smps yaitu power suplay, regulator, ac-matic. Jadi bila anda sedang mencari cara memperbaiki kerusakan smps sebuah perangkat bisa menghadirkan kata tersebut pada kolom pencarian google. Tetapi harus disertakan menggunakan smps, lantaran apabila nir menjelaskan kata smps sanggup jadi, akan muncul jenis power suplay konvensional atau yang masih menggunakan trafo step down.
Memperbaiki sebuah sirkuit smps merupakan tantangan yg menarik buat dilakukan, karena setiap teknisi memiliki cara tersendiri bahkan rahasia tersendiri dalam memperbaiki rangkaian power suplay jenis smps. Tidak seluruh teknisi mempunyai kemampuan buat ini, dikarenakan terkadang sparpart buat mengganti tidak tersedia dipasaran sebagai akibatnya memilih jalan cepat dengan cara membeli modul satu blok. Atau memiliki teknik tersendiri buat mengatasi smps bermasalah apabila nir tersedia sparpart yg diperlukan. Misalnya sistim jumper pada sistim sejenis.
Mempelajari smps merupakan ilmu paling dasar pada mereparasi perangkat elektro. Karena sekarang ini setiap perangkat elektronik menggunakan sistim smps dalam catu daya yg pada pakai. Sehingga penting bagi pemula untuk memeriksa lebih lnjut. Bisa dipastikan bagi Seseorang sanggup menguasai pada memperbaiki smps sanggup memperbaiki bliok yg lain. Karena pada dasarnya prinsipnya disini adalah tentang pengukura tegangan dan yg lainya. Sehingga bisa menguasai dalam blok yang lain lantaran sudah memiliki dasar elektronik ketika mengusut smps.
Teknik sederhana pada memperbaiki power suplay meninggal kita hadirkan menjadi langkah buat pemula memperbaiki power suplay yang bermasalah dalam tegangan atau bahkan tidak ada hasil power suplay
Perlu diketahui Pada dasarnya, semua fungsi catu daya hampir sama yaitu membentuk tegangan hasil untuk banyak sekali sirkuit sekunder. Setelah Anda memahami cara kerja catu daya, Anda akan mengetahui sisanya
Masalah power suplay smps bisa terjadi di bagian primer atau sekunder. Bahkan bila ada beberapa masalah di bagian blog diluar smps Misalnya terjadi short pada ic prosesor, catu daya mungkin tidak berfungsi atau hanya berkedip akibat korsletnya ic tadi. Ada banyak metode pemecahan perkara catu daya; Saya akan mengungkapkan keliru satu teknik dasar cara saya mengenai cara memperbaiki kerusakan smps. Power supply ketika akan diperbaiki apakah itu switching power supply tv atau power supply personal komputer Atx kita kenali jenis kerusakan power supply terlebih dahulu sebelum membuka casing. Masalah suplai daya bisa mengkategorikan ke pada daya, daya output rendah, power supply tewas kadang tewas kadang hayati, power blink serta tegangan output lebih tinggi abnormal. Ini untuk memastikan mengenali gejala bagian blok yang bermasalah.
Teknik dasar memperbaiki smps mati total
Apapun masalahnya, menggunakan metode mekanisme baku buat mengujinya.
-Periksa sakelar on / off, sekering dan lepaskan filter akbar kapasitor-bila sekering terbakar sebagai rona gelap, ini menandakan korslet berat pada bagian catu daya. Ini mampu jadi dioda bridge yang short, transistor daya short atau bahkan ic daya terjadi korsleting. Terkadang diluar dugaan, bahwa kumparan utama korsleting pada transformator daya mode sakelar dapat terjadi. Jika sekering hanya putus biasa [tidak terbakar], mungkin sekering rusak menggunakan sendirinya karena sekering sudah berumur atau lama . Sebagian akbar, hanya membarui sekering akan memecahkan gejala tidak terdapat tegangan dalam power suplay.
-mengukur dioda sekunder bekerja. Anda dapat mengecek satu persatu agaryakin nir ada yang short galat satu pun. Ini krusial buat dilakukan agar tidak kebingungan jika terdapat satu yang terlewatkan pada mekanisme servis.
- apabila anda memperbaiki sebuah perangkat tv kerusakan smps nir adadaya ditandai sekering putus parah, ini bisadiakibatkan sang B+ dan transistor horizontal hasil. Kemungkinan terjadi over tegangan b+, transistor horizontal short, flaybac bermasalah.
-Periksa semua kapasitor elektrolitik menggunakan esr tester pada bagian utama serta sekunder
- jika ada beberapa perubahan nilai kapasitor elektrolit pada bagian catu daya, (baik wilayah utama atau sekunder) catu daya akan berkedip, membentuk daya output rendah atau sama sekali tidak terdapat daya.
-Periksa gulungan primer transformator daya mode sakelar menggunakan tester flyback. Periksa pula lilitan utama flyback, b + gulungan kumparan dan gulungan yok horizontal jika Anda memperbaiki tv crt. Salah satu korsleting berdasarkan komponen tersebut dapat mengakibatkan listrik meninggal, berkedip, dan bahkan tidak terdapat tegangan sama sekali.
Jika Anda telah mengkonfirmasi bahwa sisi sekunder seluruh komponen nir ada yg short, maka yang perlu Anda lakukan merupakan menguji serta mengganti seluruh komponen pada bagian utama. Di sinilah keterampilan pemecahan masalah Anda yg sebenarnya diharapkan. Memahami dan mengetahui cara menguji komponen elektronik dasar sangat penting apabila tidak, Anda akan menghadapi kesulitan dalam menemukan kerusakan. Jika Anda baru di bidang pemugaran elektro ini, aku sangat menyarankan Anda menyelidiki setiap komponen satu persatu pada rangkaian catu daya dan sehabis Anda menguasainya, Anda dapat menemukan kesalahan menggunakan pengujian tegangan atau bahkan mengidentifikasi kesalahan pada blok bagian lainya.
Penting agar nir kecolongan!!
Setelah Anda menuntaskan semua pengujian komponen dan sudah membarui bagian-bagian yang dibutuhkan, Anda wajib menyalakan catu daya menggunakan memakai bohlam 100-watt yg terhubung menggunakan sekering. [ antar kaki sekering] putuskan dalam jalur krusial dalam sekunder. Terutama dalam beban berukuran volt akbar.
Jika lampu bohlam sangat terang dan tidak akan padam bahkan sehabis beberapa mnt, maka terdapat masalah dalam catu daya. Apabila bohlam sebagai redup atau mati, Anda tahu bahwa korsleting itu telah teratasi dan Anda kini dapat menyalakan power supply menggunakan konfiden tidak ada keraguan takut mangkat lagi.
Jika Anda ingin sebagai ahli pada pemugaran power suplay, Anda wajib berlatih, membaca dan tahu sepenuhnya tentang komponen elektronika dasar serta catu daya bekerja. Tanamkan pengetahuan tentang catu daya smps di pikiran dan tangan Anda, saya percaya, tidak akan ada perkara catu daya yang terlalu sulit bagi Anda buat diperbaiki.
Semoga berguna!!!

Comments