TARTISY BAGAIMANA MENGHASILKAN KARYA KALIGRAFI YANG HALUS

Melihat karya karya kaligrafer dunia yg begitu halus serta higienis, kerap menciptakan aku bertanya tanya : kenapa karyaku tidak sehalus karya mereka..? Mungkin engkau pula pernah mencicipi hal yang sama. Mungkin rahasianya ada pada pena mereka yg terpotong rapi. Mungkin jua kertasnya yang rupawan. Bisa jadi.

Memikirkan hal itu kadang menciptakan aku dilanda frustasi. Tetapi sesudah menyaksikan beberapa proses pembuatan kaligrafi, ternyata terdapat satu proses yang menciptakan karya mereka halus. Yaitu proses finishing yang biasa dianggap tartisy ( ترتيش ) 

Rupanya ini berangkat berdasarkan kesalah-fahaman. Dulu aku mengira, seorang kaligrafer itu sanggup eksklusif membuat karya yang halus, menggunakan sekali gores. Ternyata mereka tidak sesempurna itu. Kesempurnaan hanya milik Allah. Para kaligrafer pula kerap kali memandang karya mereka buruk, tidak bermutu. Padahal dimata kita, karyanya sangat mengagumkan. Khadir Bur Saidi seseorang kaligrafer akbar yg dijuluki Syeikhul Khattatin pada negara Mesir, pernah berkata :
«لوحتي التي تعجبني لم أرسمها بعد، وما زلت أرى عيوب لوحاتي، لأن عيني أقوى من يدي دائماً
Lembaran karyaku yg bagus masih belum saya buat. Lantaran aku selalu melihat stigma dalam karyaku. Rupanya mataku selalu lebih kuat dari tanganku 
Untuk menutupi itu, mereka melakukan tartisy. Tartisy ialah koreksi serta ralat ralat. Biasanya hanya dilakukan buat menutupi kesalahan kesalahan mini . Adapun kesalahan besar (jaliy), tidak dilakukan tartisy tetapi penggantian total. Tarstisy merupakan kegiatan finishing, dengan memberikan polesan akhir pada karya agar terlihat halus. 
Adapun indera alat yang diperlukan antara lain :

  • Pisau hobi/pisau cutter buat mengerik tinta atau indera pengerik khusus (scratch nib)
  • Pulpen berujung tajam buat meratakan pinggiran huruf (nib pen)
  • Mal (cetakan) khusus buat menghapus kaligrafi
  • Kaca pembesar / kacamata zoom
  • Penghapus pensil

Scratch nib. Ujungnya tidak setajam pisau sebagai akibatnya tidak Mengganggu kertas
(//calligraphypen.wordpress.com)
Tentu kamu tidak sanggup mengoreksi kesalahan kaligrafi menggunakan tipe-ex karena justru akan mengotori. Apapun metode yang akan engkau lakukan, usahakan pada uji coba dulu dibidang lain. Jangan eksklusif mengoreksi karya yang sudah jadi, bila kamu belum punya pengalaman. 

Tartisy meliputi :
  • penghapusan tinta yang mengotori karya
  • Perataan bentuk bentuk huruf
  • penyempurnaan bentuk huruf
  • penegasan warna sinkron efek yang diinginkan
Tartisy antara lain dilakukan dengan cara :
  • pengerikan menggunakan pisau (cutter atau pisau hobi). 
  • penghapusan tinta dengan cairan teh (dari teh bubuk)
  • penambahan tinta pada pinggir pinggir huruf 
  • menimpakan cat pada karya yang hendak dibetulkan
Ada beberapa saran buat melakukan tartisy : 
  1. Selalu sedia tisu 
  2. Lakukan dengan pelan pelan dan hati hati, dahulukan mengoreksi kesalahan kesalahan yg menonjol. Adapun kesalahan kesalahan halus yg nir terlalu nampak, usahakan jangan memaksakan diri buat melakukan koreksi. Supaya karyamu tidak rusak.
  3. Selalu sisakan cat campuran yang kamu gunakan buat menulis, untuk koreksi. Misalnya kamu telah meramu warna eksklusif buat menulis kaligrafi, maka sisakan sedikit ramuan rona itu buat tartisy. Kalau membuat ramuan baru lagi, takutnya warnanya tidak sama.
  4. Setelah berkarya, umumnya mata kamu eksklusif melihat stigma stigma yg membuatmu merasa gagal. Coba simpan dulu karyamu itu, kemudian lihat kembali selesainya beberapa hari kemudian. Biasanya engkau akan merasa takjub menggunakan karyamu. Hal misalnya ini biasa terjadi dalam siapapun.

Untuk lebih memperjelas proses tastisyul huruf, perhatikan video video berikut adalah :
Tartisy menggunakan memakai mal (cetakan)


Tartisy  (koreksi) menggunakan cat


Tartisy dengan pulpen lancip




Teh serbuk buat koreksi total



Mudah mudahan berguna. Terima Kasih

Koreksi kaligrafi, bagaimana menciptakan karya kaligrafi yang halus merupakan artikel original milik Kaligrafi Islam @2017.  
Mohon kiranya tidak segan buat memberi masukan dan komentar. 

Comments