TAOISME 81 PENGANTAR TAO DAN APA ITU TAOISME

Carilah ilmu walau hingga negeri Cina, iniadalah sebuah hadis nabi Muhammad SAW yang aku sangat hafal diantara hadisnabi lainnya. Pada awalnya hanya sekedar ingatan lalu kemudian saya pikirkandan pertanyakan maksud hadis tersebu. Seiring ketika dan secara mendalam,akhirnya saya tahu maksud hadis tersebut. Singkatnya dalam goresan pena webBlog kaliini aku ingin mengembangkan tentang sebuah ajaran yg asal berdasarkan Cina, namaajarannya merupakan Tao.

Saya acapkali ditanya bagaimana menemukan carauntuk menemukan keajaiban, mencicipi kegembiraan atau cara terbaik untukbelajar Taoisme. Inilah ikhtisar singkat Taoisme 81 ajaran Lao tzu tentang Tao.
Ini merupakan homogen panduan belajar tentang Taodengan cara yang tidak sama. Taoisme mengajarkan seseorang buat mengikuti nafasmereka, buat merangkul keajaiban dan kegembiraan pada hayati menggunakan gaya yanganggun dan gagah.
Inilah goresan pena mengenai hidup menjadi seorangtao yang hayati dizaman terkini, tulisan tentang tao ini ditulis secara singkatmenuju kesempurnaan (sejauh penulis memahami tentang 81 ajaran berdasarkan isi kitabtao tersebut)
Tao (diucapkan "dao") secaraharfiah berarti "jalan" atau "jalannya." Ini adalah prinsipuniversal yang mendasari segala sesuatu mulai berdasarkan penciptaan galaksi hinggainteraksi insan. Cara kerja Tao sangat luas serta tak jarang melampaui logikamanusia. Untuk tahu Tao, penalaran saja nir akan cukup. Seseorang jugaharus menerapkan bisikan hati.
Bagi banyak orang, aspek membingungkan dari Taoismeadalah definisinya. Sebagai sebuah refleksi pengalaman spritual, Banyak tokoh agamadengan senang hati mengajarkan filsafat dan dogmanya dimulai denganmendefinisikan suatu ajaran pada sebuah refleksi sederhana, supaya mudah dandapat dipahhami sang seorang maupun masyarakat. Taoisme membalik Ini, tao dimulaidengan mengajarkan sebuah kebenaran; "Tao" nir bisa didefinisikan.kemudian, mengajarkan bahwa setiap orang dapat menemukan Tao sesuai dengankemampuan mereka. Ajaran seperti ini mampu sangat sulit dipahami ketika kebanyakanorang menginginkan definisi yang sangat konkret dalam kehidupan mereka sendiri.
Cara sederhana buat mulai belajar definisiTao adalah mulai berdasarkan diri sendiri. Berikut adalah 3 langkah awal yg mudahuntuk belajar Taoisme:
·Janganberkonsentrasi buat menemukan arti menurut Tao (ini akan tiba kemudian secaraalami)
·Pahami apaitu Taoisme. Taoisme lebih dari sekedar "filsafat" atau"kepercayaan ". Taoisme wajib dipahami sebagai: Sistem kepercayaan , perilaku,dan praktik yg ditujukankan buat melayani suatu kehidupan.

Jalan agar dapat tahu Taoisme hanyadengan mendapat dan tahu diri sendiri. Hiduplah dan temukan siapa dirimu.sifat dan karakter selalu berubah serta selalu sama. Jangan mencoba menyelesaikanberbagai pertentangan dalam hayati, belajarlah menerima sifat serta karakter dirisendiri.
Sebagian besar poly kitab -buku bahkan situsonline akan mengajarkan kalian kata serta sejarah Taoisme, dan itu mungkinbagus buat seseorang akademisi, akan tetapi nir ada yang mampu mengajarkan cara hidupsebagai seorang Tao. Taoisme adalah mengenai merangkul dan merasa hidup dikehidupan saat ini serta tidak terjebak pada sejarah maupun istilah.
Awalnya ajaran Taoisme dapat dianggap sebagaipraktik perdukunan. Namun, Taoisme sudah begitu tua. Sejarah lengkap Taoismetidak sanggup dilacak melalui catatan tertulis. Taoisme merupakan tradisi yangditransmisikan secara lisan dari pengajar ke murid menurut generasi ke generasi.karena itu, beberapa akar pengajar Tao masih bertahan hingga kini . Taoismesecara historis juga adalah praktik yg sangat fleksibel. Taoisme adalahpraktik perubahan, serta selalu berubah buat memenuhi kebutuhan zaman. Ini masihterjadi hingga kini serta bahkan waktu kita berbicara
Taoisme berkembang buat mengimbangi budayamodern. Inilah keliru satu alasan Taoisme bertahan begitu lama , lantaran selalumenyesuaikan menggunakan ketika sembari memegang beberapa konsep kunci buat menjagaagar ajaran tao tetap lestari.
Teks awal yg terdapat sampai saat ini untukmenggambarkan Tao adalah kitab Tao Te Ching, yg ditulis oleh Lao-Tzu. Tao TeChing merupakan buku suci pada dalam agama Tao, terpandang kitab suci tertipis diantara holistik buku suci berbagai kepercayaan di dunia. Terdiri atas 81 buahsajak-sajak singkat, disertai prosa-prosa singkat. Terdiri dari 25 page yangkemudian diberi komentar oleh pelbagai ahli filsafat jadi sebagai kitab yangsangat tebal. Sekalipun Tao Te Ching itu tipis serta isinya mencakup segala aspekkehidupan. Sekalipun istilah yg dipakai sederhana akan kandungan maknanyaberisikan poly paradoks. Kitab tipis itu betul-betul merupakan tantangan bagisiapapun buat memahamkan pengertiannya yang lebih pada.
Hal ini diketahui sudah ditulis lebih dari2400 tahun yg kemudian, tetapi nir poly lagi yang dipertahankan tentangasal-usulnya. Banyak cerita seru mengenai berasal-usul ini, Tetapi kisah yangpentingnya merupakan Tao Te Ching dan puisinya bertahan, hingga waktu ini, sehingga berdampak pada perjalanan kehidupan manusiaselama 2400 tahun terakhir. Ini buku yang menarik, patut di ekspresikan. Sayakatakan "enjoy" lantaran ditulis dengan cara yang ringan. Jika pembacamemandang terlalu keras atau menduga Tao Te Ching terlalu harfiah, maka beberapamaksud serta tujuan dalam buku tadi akan hilang maupun kabur maksud dantujuannya.
Kitab ini ditulis sang Lao Tse dalam abad 6SM. Sangat sulit bagi orang umum buat memahami buku tadi lantaran sangatpuitis serta disampaikan secara lugas. Isi krusial menurut Tao Te Ching adalahajaran tentang Wu-wei. Wu-wei merupakan perintah termasyhur bagi penganutTaoisme yang dijadikan panduan-bentuk serta etika dalam kehidupan kehidupanseseorang dan memberikan model "jalan" buat menjadi orang yangbijaksana. Wu-wei merupakan hayati yg dijalani tanpa rintangan. Hal itu merupakanperwujudan yang murni dari kelemah-lembutan, kesederhanaan, dan kebebasan.
Banyak poly cerita serta cerita tentangSejarah Taoisme. Beberapa cerita ini bisa benar, dan beberapa sanggup jadidongeng. Sebagai seorang Tao, pada dasarnya adalah belajar menurut pencampuran reaksikita terhadap dongeng. Kesederhanaan paling baik diserahkan pada sejarah; Waktuakan selalu mengganti "kebenaran" buat setiap generasi.
Dalam goresan pena selanjutnya aku akanmenuliskan 81 ajaran Lao Tzu yg ada pada kitab tao te ching, dan mungkin adasedikiti pemaknaan berdasarkan aku sendiri.

Dan mudah-mudahan pembaca pula memberi kritikdan saran ataupun membuatkan kisah supaya saya sendiri dapa bertambah ilmunya.sekian ... Terimakasih bijaksana.

Comments