TAKARAN NUTRISI PADA PAKAN BUATAN

Takaran Nutrisi Pakan Buatan - Kandungan nutrisi serta hadiah pakan memegang peranan krusial buat kelangsungan bisnis budidaya hewan akuatik.penggunaan pakan yg efisien pada suatu usaha budidaya sangat penting sang karena pakan adalah factor produksi yang paling mahal. 


Baca Juga ; Persyaratan Hidup Dan Kultur Dapnia


Oleh karenanya, upaya pemugaran komposisi nutrisi serta perbaikan efisiensi penggunaan pakan perlu dilakukan guna menaikkan produksi hasil budidaya dan menguangi biaya pengadaan pakan, dan meminimalkan produksi limbah pada media budidaya.


Untuk mencapai sasaran tersebut diharapkan pemahaman mengenai nutrisi serta kebutuhan nutrient berdasarkan kultivan, teknologi pembuatan pakan, serta kemampuan pada pengelolaan pakan buat setiap tipe budidaya menurut kultivan tertentu.


Pakan ikan yg poly digunakan pada aktivitas budidaya galat satunya pelet. Pengadaan pelet ketika ini masih mengandalkan pasokan dari pabrik pakan. Hal ini lantaran masih belum poly yang mengetahui tentang teknik pembuatan pakan ikan (Pelet).


Takaran Nutrisi Pakan Buatan

Pakan protesis (Pellet merupakan Pakan yg diramu berdasarkan beberapa jenis bahan yang diolah dan dicetak menjadi bentuk batangan kecil-mini .

Keuntungan Menggunakan Pakan Buatan :
  1. Dapat menaikkan produksi melalui padat penebaran tinggi serta ketika pemeliharaan yg pendek
  2. Dapat mempertinggi limbah industri pertanian
  3. Tidak perlu mendirikan jamban diatas kolam 
  4. Rasa daging ikan bisa diatur sesuai dgn selera
Keunggulan pakan ikan buatan (Pellet) dibanding ikan rucah :

Pakan protesis (Pellet) yg baik harus memenuhi kriteria berikut :
  1. Tidak berjamur
  2. Memiliki stabilitas yg baik saat berada  pada air sehingga tidak mudah hancur dalam air
  3. Kandungan gizi sinkron (tertera dalam label)
  4. Tidak mengandung racun sehingga nir berbahaya baik pada ikan ataupun lingkungan
  5. Bisa disimpan dalam waktu yang relatif lama
  6. Baunya merangsang (khas bau pelet)
  7. Mudah buat memperolehnya hal ini berkaitan dengan bahan-bahan pembentuk pakan tersebut
  8. Pakan nir poly debu halus/debu pakan.
Dalam pembuatan pakan protesis buat ikan perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi bagi ikan yang kita pelihara. Nilai nutrisi (gizi) pakan pada umumnya dipandang dari komposisi zat gizinya. 

Beberapa komponen nutrisi yang penting dan wajib tersedia dalam pakan ikan antara lain: Protein, Lemak, Karbohidrat, Vitamin dan Mineral.

Protein

Sebagai zat pembangun protein berfungsi  membangun/menciptakan jaringan baru buat pertumbuhan,pengganti jaringan yang rusak serta bereproduksi. 

Sebagai zat pengatur protein berperan pada pembentukan enzim dan hormone penjaga serta pengatur metabolism dalam tubuh ikan. Sebagai zat pembakar yaitu sebagai sumber energy pada ketika kebutuhan energy nir terpenuhi sang karbohidrat serta lemak.

Lemak

Fungsi lemak dalam tubuh ikan yaitu: 

a). Sebagai sumber energy yg paling akbar diantara protein serta karbohidrat, 


b). Membantu proses metabolisme , 


c). Menjaga ekuilibrium daya apung ikan dalam air dan 


d). Memelihara bentuk serta fungsi membrane (fospolipid). 


Kelebihan lemak akan disimpan menjadi cadangan energy buat melakukan aktifitas selama periode tanpa kuliner. Pakan yg baik memiliki kandungan lemak antara 4%-18%.


Karbohidrat

Karbohidrat dalam  ikan berfungsi sebagai sumber energy. Sumber karbohidrat buat pakan buatan sanggup didapat dari : tepung jagung,bekatul,tepung gandum,beras,tepung tapioca,tepung sagu dll. Selain sebagai karbohidrat bahan-bahan diatas berfungsi menjadi perekat pada pembuatan pakan ikan.

Vitamin

Vitamin merupakan zat  yang diharapkan tubuh ikan dalam jumlah sedikit. Fungsinya vitamin sangat penting yaitu: a). Untuk mempertahankan pertumbuhan dan pemeliharaan syarat tubuh ikan, b). Mengatur proses metabolisme, c). Mempertahankan fungsi berbagai jaringan tubuh, d). Mempengaruhi pertumbuhan dan pembentukan sel-sel baru

Mineral

Fungsi primer mineral adalah : a). Sebagai komponen utama struktur gigi dan tulang, b). Menjaga keseimbangan asam serta basa, c). Menjaga keseimbangan tekanan osmosis dengan lingkungan perairan d). Sebagai komponen utama berdasarkan enzim,vitamin,hormon,pigmen serta sebagai enzim aktivator.

Setelah kita mengetahui tentang keunggulan dan kebutuhan nutrisi akan pakan protesis maka selanjutnya merupakan bagaimana kita membuat pakan buatan dan bagaimana tekniknya.

Comments