SUMPAH PEMUDA VERSI NELAYAN

SUMPAH PEMUDA VERSI NELAYAN - Nelayan yg berkiprah dengan kerasnya kehidupan pada laut berikrar dan berjanji buat terus membawa rasa persatuan bagi bangsa dan indonesia. Moment akan sumpah pemuda di jadikan oleh nelayan menjadi pengingat bahwa pada antara para nelayan indonesia berkeinginan buat terus menjaga persatuan khususnya persatuan antar nelayan indonesia,


SUMPAH PEMUDA VERSI NELAYAN


1. Sumpah pemuda.kami nelayan indonesia

Berbangsa satu bangsa indonesia.

Sebagai bangsa indonesia jangan ada peng kotak - kotakan wilayah bahari nkri. Nelayan tegal boleh menangkap ikan sidaerah tarakan. Nelayan tarakan boleh menangkap ikan disulawesi, ambon, ataupun papua. Selama kapal serta indera tangkap nir melanggar peraturan. Selama surat - surat kapal nya orisinil dan masih berlaku. Jadi jangan terdapat lagi perkara penahanan kapal daerah lain masuk ke daerah wilayah lainnya.

2. Kami nelayan indonesia.

Bertanah air satu tanah air indosia.

Tanah air ini dalah milik kepunyaan masyarakat jadi harus dimanfaatkan sepenuhnya buat masyarakat. Tanah air ini harus dijaga dari mafia perikanan yg mencuri ikan serta hasilnya dibawa keluar negeri.

3. Kami nelayan indonesia.

Berbahasa satu bahasa indonesia.

Bahasa adalah alat pemersatu bahasa . Kadang penggunaan bahasa yang orang lain nir mengerti akan menimbulkan rasa nir suka dari rasa nir suka itulah muncul permusuhan. Dalam penggunaan bahasa harus diterapkan pada komunikasi antar nelayam baik eksklusif maupun nir. Penamaan ikan yg sama pada indonesia menggunakan menggunakan nama nama ikan berbahasa indonesia. Harmonisasi alat tangkap ikan, atau pemberian nama indera tangkap jua harus disamakan dan diaflikasikan. Dan yang terakhir satu rona kapal dan satu bendera kapal.

Comments