SERVIS TV SHARP UNIVERSE 14U25 MATI TOTAL

SERVIS TV SHARP UNIVERSE 14u25 Mati Total - Sudah sekian usang tidak jimpa menggunakan servisan tv sharp. Namunkadang aku merasa kesulitan waktu menemui servisan tv sharp. Kali ini sayamendapat TV SHARP UNIVERSE 14u25 meninggal total. Tidak terdapat tanda kehidupan dari dalamtv. Bahkan lampu indikator tidak menyala sedikitpun.

Dalam fikiran saya sudah menebak-nebak mudah-mudahan tv sharpini mati, dengan kerusakan pada area regulatornya saja. Lantaran saya agak ngerijika kerusakan sudah sampai dalam titik protek. Yang saya takutkan adalah tvmati total ketika sudah mau menyala tv tersebut malah merambah ke titik protek.maka Pengerjaan akan sedikit memakan saat. Terlebih ini adalah servispaggilan. Jika tidak jadi satu kali servis maka akan rugi.

Tv aku buka.

Pertama yang saya ukur adalah dalam bagian elco akbar padabagian power suplai. Ini buat memastikan bahwa tidakadamuatan yang tersimpanpada elco 400v tersebut. Ternyata elco tersebut masih menyimpan muatan yangcukup akbar lebih kurang 200 volt. Untuk itu, aku Perlu membuang muatan tersebutdengan cara menggunakan charger hp. Saya nir mengshortkan ke 2 kaki padaelco tadi karena umumnya bila dilakukan shorting secara pribadi akanmerusak komponen pada sekitarnya terutama ic str serta transistor. 

Power suplai Tv sharp universe tewas total masih menyimpantegangan menandakan ada komponen yang putus pada jalur positif elko. Terutama resistor,mengecek dari urutan dalam jalur kaki plus elco cek satu persatu ternyata masihnormal seluruh.

Kesimpulan terakhir ketika tidak terdapat jalur plus elco tidakada yg putus, saya memutuskan untuk mengganti ic str f6653. Seperti pengalamansebelumnya bila pelawan dalam jalur+, tidak terdapat yg molor atau putus elcotidak akan menyimpan muatan. Apabila masih menyimpan muatan, berarti ic matisehingga muatan nir terbuang sesudah tv tewas.

Ic saya ganti dengan yg baru lalu, Tv coba sayanyalakan, menggunakan transistor horizontal nir saya pasang takut ada ketrusakanyang lebih parah. Tv menyala namun protek. Mungkin lantaran transistor horizontaltidak terpasang.

Tes menggunakan transistor terpasang, tv normal tanpa cacatsedikitpun dan senangnya lagi tanpa protek.
Alhamdulilah kali ini nir terdapat kendala yang berarti padaserivi panggilan kali ini karena kebetulan sekali saya mempunyai stok ic strf6653 dan f6654 aku menggunakan f6654. Dengan seri yg lebih tinggi mungkinbisa awet. Kerusakan tv sharp unvierse tewas total ini tertangani menggunakan gampang. Kasusslasai!!!

Comments