SERVIS TV MODE AV TIDAK BERFUNGSI

Bebarbagai permasalahan TV yg paling acapkali terjadi merupakan tidak berfungsinya mode av nir bisa menampilkan gambar input, padahal input normal waktu dicoba dalam tv lain.

selain nir dapat menampilkan input, kadang gambar bergelomban  ,mode av nir ada.

 Nah kini kita bahas secara mendalam apa sih yg wajib dilakukan saat mendapat kerusakan seperti ini?


1. Gambar bergelombang di bagian tengah

Pertama sebelum membuka TV coba ganti dulu kabel rca dengan kabel yg lainya. Jika belum teratasi maka merabat ke bagian pada TV. 

Hal ini disebabkan sang kurangnya tegangan penyuplay ic input video. Atau kadang disebabkan oleh molornya hambatan pembatas pada bagian input av. Biasanya bila saya mengganti elco input yang berukuran 0,47uf50v.

2. Mode av nir ada

Beberapa kasus kadang pula terjadi mode av nir terdapat meski sudah pada pencet di remot berkali-kali. Penyebab paling acapkali merupakan rusaknya ic memori. Kasus ini acapkali terjadi dalam TV polytron keluaran anyar u-slim series.

3. Mode av terdapat namun nir berfungsi

Kerusakan ini ditimbulkan sang ic jungle. Namun sebelum memastikan ic jungle ini rusak maka pastikan dulu komponen yang bekerja sebagai input. Misalnya yaang memakai ic av. Cara memastikan ic jungle rusak yaitu carilah data site yg berfungsi sebagai inpput video. Setelah ketemu coba nyalakan TV serta sentuh ppada pin yg berfungsi menjadi input video. Jika terdapat reaaksi getaran pada layar maka ic jungle pada keadaan baik. Mungkin kerusakan terjadi dalam komponen pendukung misalnya penahan pembatas, elco input, ic video av. Tetapi apabila nir ads respon  pada layar, maka dipastikan ic jungle rusak.

* supaya mencari jalur input av gampang maka do urutkan menurut soket rca.
Smoga membantu bagi yang sedang mencari permasalahan servis TV av nir berfungsi. Trimakasih"!

Comments