SERVIS TV LG SLIM HORIZONTAL JEBOL TERUS

Servis TV LG Slim ukuran 21 inc. Awalnya layar hanya nampak satu garis vertikal lalu mati ,tapi lampu indikator berkedip-kedip

Casing TV saya buka menggunakan hati-hati. Selanjutnya  membersihkan mesin TV serta tabung menggunakan kuas dari debu yang menempel. Saya amati seluruh komponen serta soldiran masih baik.


Setelah aku ukur b+ tegangan naik-turun seiring dengan lampu indikator berkedip.
Selanjutnya menuju transistor horizontal c6090 saya copot, ternyata sesudah aku ukur dengan memakai ohm meter 1× , semua kaki saling berhubung singkat itu adalah transistor ini short. 

Mungkin ini penyebab tegangan b+115 volt berdenyut "pikirku".

Penggantian pun aku lakukan dan aku coba nyalakan. Apa yang aku fikirkan pun ternyata galat. Sekejab menyala terjadi percikan barah pada leher tabung. Transistor horizontal short lagi c6090 baru raib dah rugi 10.000.

"Hehe!!" tertawa murung .

Baru aku jangan lupa awalnya kata user bahwa "gejalanya layar hanya segaris vertikal". Ini kalau bukan capsitor resonan ya yoke yg terbakar.

-Pertama aku mencoba mencopot yoke menurut leher tabung. Kelihatan masih baik.  Tidak ada tanda kebakaran disana dan aku cek menggunakan ohm meter masih ada hambatan sekitar 3ohm.

-Kedua saya mencoba menggganti capasitor yg terletak di colektor transistor horizontal dengan yang sama nilainya. Selain itu aku jua mengecek dioda yang di seri menggunakan capasitor tersebut yang ternyata masih normal.

Setelah itu saya mencoba memberanikan diri untuk menyalakan TV LG tadi. Mempertaruhkan lagi uang 10.000. Dan apa tang terjadi.? Ya TV pribadi menyala normal sesuai harapan aku . Transistor c6090 panas normal. Yesssss akhirnya kerjaan saya beres pula.
 
"Gajian dehhh!." asyeek.

*Kesimpulan berdasarkan cerita pada atas adalah kerusakan  tr horizontal jebol terus di sebabkan capasitor resonan pembangkit colector horizontal.
Itu ceritaku hari ini, semoga akan ku ingat apa yang saya lakukan ini menangani TV LG TRANSISTOR HORIZONTAL jebol terus. 

Semoga anda mendapat hikmaah berdasarkan cerita di atas.


Comments