SERVIS TV CRT LAYAR HANYA TERLIHAT SATU GARIS VERTIKAL

Kerusakan pada tv layar gelap hanya terlihat satu garis vertikal disebabkan oleh blog horizontal tidak bekerja. Bukan blog verikal yg bermasalah. Hal ini perlu Diketahui terutama bagi pemula pada servis tv tabung.

Pada bagian blog horizontal terdapat beberapa sistim yaitu;
Horizontal osilator fungsinya untuk mbangkitkan getaran yang bentuknya pulsa blok dengan frekwensi 15625 hz. Kerusakan pada horizontal osilator mengakibatkan crt tidak menyala sura normal.

Horizontal driver fungsinya buat menguatkan frekuwensi menurut horizontal oscilator. Kerusakan dalam horizontal driver menyebabkan nir ada raster crt tidak nyala suara normal .

Horizontal output menguatkan daya sinyal dari horizontal driver dan di umpan ke devleksi yoke horizontal serta diberikan ke pembangkit tegangan extra tinggi (fbt). Kerusakan pada horizontal output mengakibatkan tidak ada raster tetapi menyala suara normal.

Devleksi yoke horizontal fungsinya buat mbelokan sweep berkas cahaya atau elektron kearah horizontal pada dalam tabung gambar. Kerusakan devleksi yoke horizontal mengakibatkan raster satu haris vertikal pada layar tabung gambar bunyi normal.
Itu di pendapat secara teori yg terdapat pada pelajaran reparasi tv buat detail engecekan pada komponen elco yang menuju dalam tegangan b+ sekitar 115 vol dc. Penahan pembatas ,cek tr horozontal atau devleksi yoke masih cantik atau short bahkan putus.

Berdasarkan yang pernah saya alami jika garis vertikal Hanya berupa garis mini , Biasanya r pembatas menuju devleksi yoke putus atau melar apabila garisnya tebal .

Kemungkinan lainya merupakan komponen pendukung horizonal  lainya misalnya dioda ,hambatan ,elco,kumparan pembangkit horizontal yang berintikan maagnit yg seringkali putus karena dimakan usia .
 
Mencari serta mencari dan mengukur tidak ada yang terlewatkan pada mengecek dalam blog bagian horizontal driver.

Saya pernah mendapat servisan TV satu garis vertikal hanya kasus yang sepele yaitu hanya bermasalah pada kumparan bundar berintikan farit yg terletak di dekat TR horizontal putus lantaran karatan di makan usia. Saya fikir dan tidak menyangka jika hal sepele dan tidak mungkin mampu jadi mungkin bila kita kurang teliti begitu fikirku.

Dan pernah saya alami  juga saat itu memperbaiki tv LG SUPER SLIM . Tandai transistor horizontal putus secara terus menerus sampai saya habis transistor 3 biji hiah rugi besar aku jiiieeee.ternyata capasitor yg behubungan pada colektor transistor H menggunakan groud short. Setelah aku tau baru bilang owh ini to biang keroknya. 

Itu sedikit pengalaman aku kasus horizontal driver. Untuk merek yg paling sulit pada bagian driver horizontal merupakan politron yg sangat tidak awet karena bekerja sangat panas seperti tv cina.

Nah itulah beberapa pengalaman memperbaiki TV layar gelap hanya terlihat satu garis vertikal. Semoga mampu menjadikan refrensi bagi rekan sekalian.
Slamat berjumpa lagi pada pertarungan tv yang Lainnya.

Comments