SERVIS TV AKARI NEO CLARA IC21US86CLR MATI STANDBY

Servis tv AKARI NEO CLARA IC-21US86CLR tewas standby - Memperbaiki TV standby bisa dibilang agak sulit, lantaran tegangan orisinil dalam mode standbay sudah berubah. Nah disitu kadang menipu kita waktu mengukur tegangan normal. Setiap televisi berbeda-beda. Kadang ada tv saat standby tegangan masih tetap sama namun ada juga sistem yg menurunkan output power suplay secara terkontrol dari ic jungle/cpu.

Servis tv kali ini aku dapat servisan tv akari neo Clara kata user tv tanda-tanda start Lama. Selang beberapa hari TV lalu meninggal standby. Mendengar keluhan awal sangat krusial buat melakukan langkah serviz. Maka hal ini kadang sepele tapi sangat krusial buat dilakukan.
Setelah mendengarkan keluhan menurut user TV lalu menuju ke inspeksi lebih lanjut.
TV aku buka partnya memakai

horizontal C5296
vertikal LA78045
audio AN17823
croma OM8377-B-70AG
FBT BSC25-N0608

Penanganannya

Pertama cek tegangan ic croma,
Karena pada keadaan standby, pengukuran dilakukan menggunakan cara memencet power dalam remot.bersamaa dengan itu mengukur tegangan penyuplai IC OM8377-B-70AG normal. Coba mengukur tegangan osilasi horisontal pada out ic croma kaki 33 terukur tiga v saja yang sebenarnya saya tidak tau persis berapa tegangan aslinya. Jika di pahami tegangan tadi berfungsi sebagai input basis horizontal. Namun terdapat sedikit perubahan tegangan saat power di onkan serta sedikit terdapat suara reaksi menurut flyback. Ini berarti TV akari pada keadaan protek.

Mengingat pengalaman yg sudah lalu bahwa protek dalam TV ada tegangan yg nir beres. Iseng saja, saya menangani TV protek ini dengan menggunakan sistim protek pada polytron yaitu terletak dalam blog ic vertikal.

Benar saja, setelah aku babat habis elco yang terdapat di area ic vertikal TV mau nyala normal. Setelah saya cek terdapat elco yang kemarau tepatnya c306 ukuran470 uf/35V.
Jadi konklusi berdasarkan perseteruan TV akari standby terletak pada tegangan 24 v drop penyuplai ic vertikal. Sehingga TV tidak mau start karena terprotek berdasarkan ic croma.

Nah itulah yg terjadi dalam TV AKARI NEO CLARA standby meninggal hayati atau protek. Smoga bermanfaat bagi semua.

Comments