SERVIS POLYTRON MINIMAX 14MX 1452KG STANDBAY TIDAK MAU STAR

CARA FLEXI - Servisan kali ini saya mendapat TV Polytron Minimax 14" MX1452kg dengan perseteruan standbay tidak mau star.

Pertama aku membuka chasis menggunakan sangat hati-hati. Kemudian membersihkan seluruh debu yang menempel di chasis TV. Mengamati semua solderan yg terdapat di area horizontal dan sekitarnya. Ternyata tidak terdapat komponen yang mencurigakan. 

Dugaan saya sih, bila gejalanya pada ketika tombol power remot dipencet ada suara chiet, tapi TV tidak menyala, umumnya perkara blog horizontal ada yang bermasalah.

Setelah aku menganggap permsalahan berada pada blog horizontal. Maka hal yang saya periksa adalah demper Horizontal. Benar saja TV nir mau star selesainya saya cek ternyata demper short. Langsung aku ganti dengan yg baru. Beberapa waktu sesudah aku ganti, ternyata belum mau star malah demper horisontalnya pribadi ngebul. Eh, kok gitu. Lalu saya teringat dengan permasalahan tempo kemudian apabila ini terjadi jika nir capasitor driver yang terletak di kaki colektor demper, ya flyback yang memang sudah bosan hayati. 

Capasitor driver horisontal telah diganti, sekarang tak coba lagi tanpa TR horizontal ternyata tegangan masih drop pula tegangan B+ 50 Volt yang seharusnya 115 V serta yang seharusnya 50 VDC cuma 10 VDC ini bukan tegangan standbay normal.  Padahal B+ diputus tegangan tetap 25 V tapi dalam saat power remot di pencet tegangan naik menjadi 50 V pencet lagi naik menjadi 70 V. Pada saat tegangan mencapai 70 V B+ disambung ke flyback TV nyala normal. Kemudian TV pada matikan dinyalakan lagi TV tidak nyala. Wajib diulang dari awal lagi.( jalur B+ di putus ).

Lantas apanya yg rusak? Dalam hati ini bertanya. Semua sudah pada tempuh.

Usut-punya usut sehabis melogika terlalu panjang ternyata AC-MATIC ini terkena impak berdasarkan capasitor yang short tersebut sebagai akibatnya selesainya semua blog horizontal sudah diperbaiki kini saatnya memperbaiki AC-Matic yang terkena efek shortnya capasitor driver colektor horizontal tadi.


Penyelidikan berlanjut dalam AC-MATIC pada bagian optocopler, coba aku ganti dengan homogen tapi hasilnya masih tetap drop. Cek TR kecil C945 ternyata memang short. Ini biangnya yg sebagai kasus, ganti baru deh. TV coba aku nyalaka , terukur nampak tegangan standbay normal. 

Pemasalahan ini berakhir pada penggantian TR C945 yg terletak di area VR B+ daerah optocoplier. Sebenarnya yg menjadi biang kerok adalah capasitor serta mengakibatkan shortnya c945.

Kesimpulan:
Inilah yg ingin aku sampaikan bahwa ini merupakan Perseteruan pada bagian Ac matik, jika memang Permasalahan tersebut.ini dia beberapa panganan yg harus anda tempuh:

1. Coba Putus jalur stand by regulator; (dari opto coupler menuju transistor dekat b+12v). Apabila b+110v menjadi normal berarti regulator normal. Periksa dioda menurut +12v menuju regulator +5v ic program.

2. Memeriksa seluruh komponen pada area hotizontal; sebelum mencoba lebih lanjut dan jangan memasang tr hrisontal sebelum mengusut lebih lanjut.

3. silahkan coba dalam posisi stndbay; trus tekan menu pada rimot beberpa dtk jangan pada tanggal, nyala tidak ?Jika tidak nyala
masalahnya nggak jauh-jauh menurut komponen pendukung elko+rangkaian horisontal .

4. Cek transistor dalam blog optocapler;
Dan pula resistors variable bisa jadi penyebabnya.

5.Jika di nyalakan berbunyi ciit cit maka jangan di paksa;karena bisa menyebabkan kerusakan ke bagian yg lebih fatal.

Demikian yg sanggup aku lakukan memperbaiki TV Polytron Minimax 14" MX1452kg standbay tidak mau star. Semua butuh pengalaman serta eksperimen, yg tentunya poly pengorbanan. Terbukti saya berkorban demper horizontal serta flyback baru nir saya pakai serta masih tersimpan hingga saat ini. 

Ini penglaman saya mana pengalamanmu?!.

Comments