SEO BLOGGER TIPS UNTUK PEMULA

Seo Blogger - Apa pengertian seo blogger dan bagaimana cara meng-optimalkan (optimized) seo pada situs blog? SEO asal berdasarkan singkatan tiga suku istilah yaitu "Search Engine Optimization", bila diartikan secara dunia maka seo berarti "Meningkatkan Mesin Pencari". Untuk tahu ini perlu dijelaskan lagi bahwa mesin pencari (search engine) misalnya google, yahoo, bing dan yandex mengusut karakter atau kebiasaan insan pada mengetik istilah kunci (keyword) pada sebuah mesin pencarian (penelusur).
Jadi menjadi seorang blogger atau pengelola situs blog, kita perlu memahami sedikit mengenai mesin pencari (penelusur) serta tahu teknik menulis artikel dengan memaksimalkan penggunaan feature-feature dasar seo yang ada pada blogger agar mesin pencari bisa mengenal, membedakan (menentukan) golongan situs juga artikel yang kita publikasikan.
Apa saja feature-feature seo dasar blogger yang harus dioptimalkan?
Agar artikel "Search Engine Optimization" ini lebih mudah untuk dipahami maka kita akan membagi Seo Blogger yang paling dasar menjadi 3 bagian.
  1. Seo Situs Blog, meliputi judul situs, sub-judul serta description situs serta url.
  2. Seo Artikel Blog, meliputi judul artikel, keyword, pelukisan dan image (gambar).
  3. Seo blogger templates, mencakup speed, strutur data (publisher, author, datePublished dll) serta semua yang berkaitan menggunakan meta tag.
Ketiga poin-poin seo blogger diatas adalah bagian-bagian akbar dalam penerapan seo one page. Jika engkau sangat baru di blogger "bukan merendahkan" mungkin "memahami seo" serta "belajar seo" sangat sulit buat blogger pemula. Maka menurut itu saya mencoba menjelaskan praktek seo one laman ini dengan sesederhana mungkin dan menggunakan praktek eksklusif penerapan seo supaya setiap orang bisa bersaing di search engine.

Bagaimana cara mengoptimalkan seo blogger yang sahih?
Untuk mengoptimalkan ketiga poin diatas (seo one laman), seperti yg telah dijelaskan bahwa feature-feature seo dasar blogger telah ada dalam dashboard blogger itu sendiri, maka buat memaksimalkan praktek seo one page pada situs blogger kita wajib memakai feature-feature tersebut menggunakan benar supaya situs kita dapat bersaing pada search engine. Bagaimana penerapan seo one page tahap dasar dalam situs blogger pemula? Ikuti langkah-langkah berikut adalah.
Seo Situs Blog (Header)
  • Yang dimaksud dengan seo situs merupakan pengoptimalan pada "judul situs (header) dan url situs", membuat judul situs yg paling baik adalah dengan menggunakan satu suku istilah saja, tetapi nir terdapat larangan untuk memakai 2 atau 3 suku kata.
  • Sub judul (Sub Header), sub header merupakan judul tambahan yang terdiri berdasarkan beberapa suku kata serta berkaitan dengan header situs (judul).
  • Deskipsi situs, merupakan penjelasan tambahan berdasarkan header dan sub-header, dalam platform blogger menaruh description hanya pada bolehkan terdiri menurut 150 huruf saja.
Contoh:
Judul: Kretek
Sub judul: Origin Indonesian Tobacco
Deskripsi: Kretek adalah perusahaan rokok indonesia, memproduksi tembakau murni serta berkualitas.
Url: kretek.com atau dalam blogger kretek.blogspot.com

Cara Penerapan Seo Dasar Header Blog

  1. Login ke dasboard blogger pilih setting (setelan) kemudian pilih Dasar klick Edit
  2. Untuk mengaktifkan pelukisan, Login ke blogger > Setting > Preferensi Penelusuran lalu pada bagian Tag Meta Description klick Edit > Aktifkan dan isi pelukisan situs lalu save
  3. Lihat Contoh Gambar Dibawah Ini
Dengan demikian kita sudah memberi signal atau tag pada mesin search engine atau mesin pencari mengenai arah golongan situs yg kita kelola, sehingga saat seseorang pembaca mengetik-kan keyword pada search engine atau google, search engine tersebut tidak galat menampilkan situs yg diinginkan dari pencarian keyword tersebut di page mereka.

Meningkatkan Seo Artikel Blog (Optimized)

Agar artikel bisa bersaing di page search engine seperti google, ada beberapa hal yang wajib dilakukan dalam praktek meng-optimalkan seo artikel blog, diantara-nya merupakan menjadi berikut.
  1. Riset keyword: riset keyword perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa sering keyword tersebut dicari dan seberapa tinggi tingkat persaingan keyword pada search engine, Tingkat persaingan keyword disebut dengan istilah "Low Competition" serta "Hight Competition" pelajari tentang riset keyword disini.
  2. Menggunakan tag meta description, saat kita mengaktifkan tag meta description pada header blog, maka otomatis pada penulisan artikel jua tersedia feature tag meta description.
  3. Menggunakan Caption dalam gambar atau image serta memakai Alt Image, Feature ini berfungsi menjadi pemberitahuan atau menaruh signal kepada mesin pencari tentang gambar yg kita upload kedalam artikel blog, menjadi model: apabila kita meng-upload gambar "Presidet Jokowi" maka tambahkan caption image: President RI Jokowidodo dan pakai (isi alt image) dengan model: President jokowidodo pada istana bogor.
Contoh: Optimized Article (Meningkatkan Seo Artikel)
Dengan demikian text dan gambar yang ada didalam artikel sudah dioptimalkan, dengan hadiah meta tag deskripsi dan tag image. Sehingga search engine mengetahui persis gambar apa yang kita lampirkan serta mengetahui topik artikel yg di-unggulkan lalu menampilkan nya pada laman pencarian google (search engine) waktu seorang mengetik-kan keyword yg sinkron.

Seo Optimization Blogger Template

Seo template jua krusial buat dioptimalkan, generik-nya ini menyangkut ke meta tag yang ada didalam template. Meta tag tadi menaruh signal kepada google (search engine) tentang publisher, datepublished, author, description, image, isi dan lain-lain. Untuk memeriksa ini aku harus menciptakan satu pembahasan spesifik mengenai "meta tag" h1 hingga h6.
Penjelasan: Ketika kita menyampaikan bahwa kita merupakan seseorang publisher blogger maka sebenar-nya kita keliru, karena publisher yang sesungguh-nya di platform blogger adalah Schema.org/Organization. Didunia website schema.org hanya keliru satu menurut beberapa publisher populer lain-nya, Jadi posisi seorang penulis blog (pengelola blog) merupakan sebagai author (penulis) saja. Maka sangat penting buat memilih template yang lulus test "structured data testing tool" supaya mesin pencari mengetahui dengan persis tentang situs dan artikel yg kita publikasikan.
Selain itu buat semakin tinggi-kan seo pada situs blog, kita dianjurkan buat memakai template yang mobile friendly (ramah seluler) atau sering dianggap menggunakan template responsive lantaran google menyukai situs yang mobile friendly guna buat memanjakan para pengguna google.
Ketiga praktek dasar seo pada blogger yg dijelaskan diatas, sangat berkaitan erat hubungan nya maka kita wajib meng-optimalkan ketiga-nya apabila ingin bersaing page pencarian (search engine) misalnya google. Apabila engkau terlanjur menggunakan template yang poly eror dalam struktur data maka kamu bisa memperbaiki struktur data template blog kamu disini.
Sebagai tambahan, sangat dianjurkan buat mengaitkan situs blog ke google analytics dan google console. Ini menyangkut dalam pembacaan perayapan robots google kepada situs blog yang kita kelola. Perlu dicatat ini hanya merupakan seo paling dasar pada blogger dan tidak mengklaim 100% bahwa situs atau artikel kamu berada di laman 1 google (Diperingkat tertinggi search engine). Tetapi ini telah sangat relatif bagi para pemula di blogger. Apabila diterapkan menggunakan benar maka situs blog kamu sudah tergolong sudah "dioptimalkan" (Search Engine Optimizations). Selebihnya cari-lah view sebesar mungkin lantaran jumlah view yg tinggi adalah salah satu praktek seo terbaru ketika ini.

Comments