SEMUA YANG PERLU KAMU KETAHUI TENTANG ITUNES MATCH

ITunes Match adalah bagian dari rangkaian layanan web-based Apple iCloud yang memungkinkan penggunanya buat mengunggah semua koleksi musik ke iCloud Music Library serta kemudian membaginya menggunakan perangkat lain memakai Apple ID yg sama serta yg dapat mengakses akun iCloud penggunanya. Ini mempermudah mengakses semua musik pada perangkat yg kompatibel. Sayangnya, iTunes Match tidak begitu banyak mendapatkan perhatian karena kalah bersaing dengan Apple Music. Meskipun kedua layanan itu terkait, tapi kedunya melakukan beberapa hal secara tidak sinkron. Inilah semua yang perlu engkau tahu berdasarkan iTunes Match.
Untuk berlangganan iTunes Match kamu wajib membayar Rp 199,000 per tahun. Setelah berlangganan, layanan secara otomatis diperbarui setiap tahun kecuali engkau membatalkannya.

Menambahkan Musik ke iTunes Match

Ada tiga cara buat menambahkan musik ke iTunes Match. Pertama, musik yg kamu beli berdasarkan iTunes Store secara otomatis sebagai bagian berdasarkan iCloud Music Library; jadi, kamu nir perlu lagi melakukan apapun buat lagu-lagu ini.
Kedua, iTunes Match memindai perpustakaan iTunes engkau buat membuat katalog seluruh lagu pada dalamnya. Software Apple lalu menambahkan musik yg kamu miliki pada hard drive engkau yg jua tersedia di iTunes ke akun engkau . Tidak perkara dari mana musik itu asal — jika kamu membelinya dari Amazon, ripping dari CD, atau mendapatkannya menurut asal lain. Selama berada di perpustakaan engkau serta tersedia pada iTunes Store, itu akan dibubuhi ke iCloud Music Library kamu. Ini sangat membantu lantaran kamu tidak perlu mengunggah ribuan lagu, yang mampu memakan ketika usang dan memakai banyak kuota internet.
Terakhir, apabila terdapat musik pada perpustakaan iTunes kamu yg nir tersedia di iTunes Store, musik itu akan diunggah menurut personal komputer kamu ke iCloud Music Library kamu juga. Ini hanya berlaku untuk arsip AAC serta MP3 saja.
Kamu dapat menambahkan sampai 100,000 lagu ke iCloud Music Library engkau melalui iTunes Match.
Hanya iTunes (di macOS dan Windows) dan aplikasi Music iOS yang kompatibel dengan iTunes Match. Tidak terdapat acara pengelola musik lainnya yang memungkinkan kamu menambahkan musik ke iCloud atau mengunduhnya ke perangkat engkau .

Format arsip musik yang digunakan di iTunes Match

iTunes Match mendukung seluruh format file yang dilakukan iTunes: AAC, MP3, WAV, AIFF, dan Apple Lossless. Lagu-lagu yg pada-matched berdasarkan iTunes Store belum tentu pada format tersebut. Seperti yg sudah disebutkan, lagu yg kamu miliki namun nir tersedia pada iTunes Store hanya akan diunggah jika mereka adalah format AAC atau MP3.
Musik yg engkau beli melalui iTunes Store atau yg di-matched sang iTunes Store secara otomatis ditingkatkan ke file AAC 256 Kbps yang bebas DRM. Lagu yang dikodekan memakai AIFF, Apple Lossless, atau WAV dikonversi ke file AAC 256 Kbps serta lalu diunggah ke iCloud Music Library engkau .

File musik dan cadangan berkualitas tinggi

Ketika iTunes Match menciptakan versi AAC 256 Kbps menurut sebuah lagu, itu hanya mengunggah versi itu ke iCloud Music Library engkau . Itu tidak menghapus lagu asli, jadi lagu-lagu itu tetap dalam format aslinya di hard drive engkau . Jika kamu mengunduh salah satu lagu ini dari iTunes Match ke perangkat lain, itu akan menjadi versi AAC 256 Kbps.
Kamu wajib selalu mencadangkan arsip musik asli kamu, meskipun iTunes Match menyimpan salinan musik kamu di iCloud. Ini sangat krusial buat file musik berkualitas tinggi yang engkau miliki, karena jika kamu menghapus versi lagu yg berkualitas lebih tinggi dari personal komputer , kamu hanya akan memiliki versi 256 Kbps dari iTunes Match.

Apakah engkau perlu iTunes Match dan Apple Music?

Apple Support menyatakan bahwa:
If you have an Apple Music membership, you get all of the benefits of iTunes Match, plus access to the entire Apple Music catalog. You can also get a Family Membership to share the catalog with your family members.

Ketika engkau berlangganan Apple Music, seluruh musik engkau akan ditambahkan ke iCloud Music library engkau dan itu akan tersedia pada seluruh perangkat engkau yang masuk ke Apple ID yg sama, sama seperti dengan iTunes Match.

Streaming musik dari iTunes Match

Di komputer, kamu dapat melakukan streaming atau mengunduh lagu dari iCloud Music Library engkau . Cukup klik tombol iCloud di sebelah lagu yang kamu inginkan untuk mengunduh lagu itu ke komputer engkau . Jika mengklik ganda pada lagu kamu hanya akan memainkan lagu, bukan mengunduhnya.
Pada perangkat iOS, memainkan lagu akan membuatnya bisa diputar serta diunduh, ad interim pada Apple TV, kamu hanya bisa streaming musik — nir ada cara buat mengunduh lagu ke perangkat Apple TV.

Playlist atau Voice memos

iTunes Match mendukung playlist alias daftar putar, namun bukan voice memos (memo suara). Semua playlist dapat disinkronkan ke beberapa perangkat melalui iTunes Match, kecuali yang termasuk arsip yg nir didukung, seperti voice memos, video, atau PDF.

Memperbarui perpustakaan iTunes Match kamu

Selama iTunes Match dihidupkan, secara otomatis akan mencoba buat menambahkan lagu baru kamu ke iCloud Music Library — jadi engkau nir perlu melakukan apa pun. Namun, kamu dapat memaksa pembaruan ke iTunes Match, klik pada File -> Library -> Update iCloud Music Library.

Limit atau Batasan buat iTunes Match dan DRM

Ada beberapa batasan buat memakai iTunes Match. Kamu dapat menambahkan sampai 100,000 lagu ke iCloud Music library engkau melalui iTunes Match. Kamu tidak dapat mengunggah lagu melebihi dari 200MB, atau lebih dari 2 jam, ke iCloud Music library engkau . Lagu-lagu dengan DRM (digital rights management) yang diaktifkan hanya akan diunggah jika personal komputer engkau telah di-authorized buat memutarnya.
Secara teknisnya, Apple mungkin mengetahui beberapa musik di perpustakaan iTunes kamu bajakan, namun Apple telah mengungkapkan secara tegas bahwa mereka tidak akan membagikan informasi apapun mengenai pustaka pengguna menggunakan pihak ketiga, seperti perusahaan rekaman atau RIAA yg mungkin cenderung untuk mengejar para pembajak. Pembatasan DRM yg disebutkan pada atas pula didesain buat mengurangi pembajakan.
Ada batas maksimal total 10 perangkat yang bisa mengembangkan musik pada akun iTunes Match.

Membatalkan langganan iTunes Match

Jika engkau sudah mendaftar buat iTunes Match tetapi ingin membatalkan langganan engkau , setelah engkau membatalkan langganan iTunes Match, seluruh musik pada iCloud Music library engkau — entah itu pembelian iTunes Store, music matching, atau yg diunggah menurut komputer engkau — akan disimpan. Tetapi, kamu tidak bisa menambahkan musik baru, atau mengunduh atau streaming lagu, tanpa berlangganan lagi.

Ikon iCloud Music

Setelah Anda mendaftar dan mengaktifkan iTunes Match, engkau bisa melihat kolom pada iTunes yang menampilkan status lagu iTunes Match (ikon ini muncul secara default di aplikasi Music). Untuk mengaktifkannya, pilih Musik menurut pilihan menu drop-down di kiri atas, lalu Lagu pada bilah sisi iTunes. Klik kanan dalam baris atas dan cari opsi buat iCloud Download.
Ketika itu selesai, ikon muncul di samping setiap lagu di perpustakaan kamu:
  • Awan menggunakan panah ke bawah berarti lagu ini ada pada iCloud Music Library kamu tetapi nir ada di perangkat ini. Klik ikon untuk mengunduhnya.
  • Awan menggunakan garis putus-putus menampakan lagu yang belum diunggah atau sedang menunggu buat diunggah.
  • Awan menggunakan X di dalamnya berarti lagu telah dihapus menurut iCloud Music Library engkau baik itu via komputer atau perangkat iOS yang memiliki akses ke sana.
  • Awan menggunakan garis melaluinya mengindikasikan lagu yg nir memenuhi kondisi buat iTunes Match karena sejumlah alasan, seperti yg dibahas sebelumnya.
  • Awan dengan tanda seru didalmnya menerangkan itu nir ditambahkan ke iCloud Music Library engkau karena ada kesalahan. Perbarui perpustakaan engkau buat mencoba menambahkannya lagi.

Apakah artikel ini telah menjawab semua pertanyaan engkau tentang iTunes Match? Jangan ragu buat memberi tahu kami di kolom komentar di bawah, ya!

Comments