SEDIKIT CERITA TENTANG NELAYAN CANTRANG

Nelayan cantrang adalah nelayan yang menggunkan alat tangkap cantrang. Kebanyakan indera tangkap cantrang mendominasi pada pesisir daerah pantai utara jawa.

Hampir dominan nelayan disana mengandalkan indera tangkap cantrang menjadi mata pencahariannya. Cantrang sudah sebagai bagian dari kehidupan nelayan pantai utara jawa.


Historia indera tangkap dahulu sangat mini serta belum berkembang hingga pesat seperti kini ini. Nelayan cantrang kini sudah berevolusi sebagai nelayan yang besar dengan menggunakan kapal yang akbar serta indera tangkap yang akbar jua.


SEDIKIT CERITA TENTANG NELAYAN CANTRANG


Kebijakan pelarangan indera tangkap cantrang pada mulai menggunakan permen02 2015. Dimana alat tangkap cantrang dihentikan buat beroperasi. Alat tangkap cantrang dilarang lantaran di anggap Mengganggu daerah asal dan asal daya ikan.


Akibat berdasarkan pelarangan indera tangkap cantrang tersebut maka secara sosial memberi kan imbas yang sangat akbar.


Diantaranya hampir ribuan nelayan yang menganggur dan kehilangan mata pencaharian dampak peraturan pelarangan cantrang. Nelayan cantrang terdiri berdasarkan pemilik kapal, Abk, bakul ikan, buruh bongkar, pemilik toko perbekalan serta sampai tukang becak pun kena dampak menurut pelarangan indera tangkap cantrang.


Bagi pemerintah pelarangan indera tangkap cantrang mempunyai maksud baik. Yaitu mengembalikan sumber daya ikan yang sudah sangat parah. Maka perlu adanya pemulihan stock melalui penghentian dan pelarangan alat tangkap cantrang. Tapi bagi nelayan kebijakan tadi sama dengan membunuh nelayan secara perlahan.


Kebijakan mengenai penggantian indera tangkap yg ramah lingkungan pun pada tolak mentah mentah.

Comments