SDM NELAYAN YANG PERLU DI TINGKATKAN

SDM NELAYAN YANG PERLU DI TINGKATKAN - Selama ini nelayan kita masih dilihat sebelah mata. Berbeda pemandangan nya dengan nelayan semisal nelayan jepang. 

Nelayan jepang selain disiplin waktu, mereka jua selalu update ketrampilan menggunakan mengikuti pelatihan2 diklat disana. Nelayan kita berdasarkan segi ketranpilan masih banyak belajar berdasarkan turun temurun keluargannya , bahkan terdapat yang belajar belajar sendiri.sedangakan asal daya manusia yg kita punya dari Supm atau sekolah usaha perikanan menengah banyak yg lari bekerja diluar negeri. 

Peningkatan Kemampuan nelayan seperti menangkap ikan, dan menjual produk perikanan sangat lah penting. Selain untuk mampu bersaing menggunakan dunia luar, peningkatan skill ini pula ikut membantu dalam mensejahterakan nelayan.

SDM NELAYAN YANG PERLU DI TINGKATKAN

pengalaman menunjukan bahwa pemberdayaan nelayan pada pembangunan kelautan dan perikanan masih sulit dikembangkan, hal ini ditimbulkan karena kurangnya IPTEK serta kemiskinan yg selalu mengukung mereka. Beberapa masalah pada integrasi nelayan dalam pembangunan kelautan dan perikanan antara lain, keadaan pendidikan yang umumnya sangat rendah, kurangnya keterangan, masih adanya nilai-nilai sosial budaya rakyat nelayan menjadi penghambat berperan sertanya nelayan secara aktif, sedangkan resiko kerja pada laut sangat lah cukup tinggi.

Kerusakan lingkungan pesisir banyak diakibatkan sang sedemikian pesatnya pengelolaan asal daya alam yg mengabaikan prinsip kelestarian alam yg berkelanjutan. Akibat tebang habis hutan mangrove buat dikonversi sebagai tempat lainnya, seperti kawasan budidaya, pariwisata serta pemukiman, mengakibatkan banyak tempat yang terkikis oleh pengikisan air bahari. 

Selain itu hilangnya tempat pemijahan dan asuhan biota bahari ini pun mengurangi keberadaan biota-biota tertentu misalnya udang dan ikan, yg tadinya bisa ditangkap dekat pesisir, sebagai akibatnya muncul kelangkaan pada daerah tadi. 

Kerusakan ini menyebabkan nelayan harus pergi melaut untuk menangkap ikan atau hewan lainnya semakin jauh serta semakin lama . Kondisi ini menambah beban berat pada keluarga yang ditinggalkannya. 

Dapat dikatakan bahwa kaum wanitalah yg pertama-tama akan merasakan imbas menurut adanya kasus lingkungan hayati. Lantaran kaum perempuan akan merasa pusing menggunakan rusaknya alam maka pendapatan buat dapur menjadi berkurang


Dalam rangka mengantisipasi keadaan tersebut pada atas maka perlu diupayakan acara Pemberdayaan , peningkatan pengetahuan nelayan  melalui Program yang pada hakekatnya diarahkan buat membuatkan dan mematangkan berbagai potensi yang terdapat pada diri mereka sehingga dapat terlibat pada penyelenggaraan pembangunan perikanan.

SDM NELAYAN YANG PERLU DI TINGKATKAN

Comments