SCREEN RECORDING MEREKAM LAYAR DI PC MENGGUNAKAN VLC

VLC adalah salah satu media player yang populer yang dipakai buat memutar berbagai format multimedia serta CD audio, DVD, serta video streaming lainnya. Sebelumnya VLC ini dikenal sebagai VideoLAN Client, utilitas ini mempunyai User Interaktif yang sederhana serta intuitif tanpa kontrol yang berlebihan dan dikemas dengan banyak fitur sophisticated termasuk kemampuan buat merekam layar atau screen recording komputer Anda. Dalam postingan ini, aku akan memberitahu Anda tentang bagaimana memakai VLC menjadi alat screen recording atau perekam layar di desktop Anda. So dibaca terus hingga akhir ya....!!

VLC media player ini bisa memainkan arsip media favorit Anda pada format apa pun, VLC player mempunyai opsi perekam built-in yang bisa merekam video menggunakan cepat. Jadi, bila Anda ingin merekam video game atau media lainnya, cukup melalui langkah-langkah di bawah ini buat mengetahui bagaimana menggunakan VLC sebagai indera perekam layar.

Screen Recording (Merekam Layar) pada PC Menggunakan VLC


Pertama, buka VLC media player pada desktop Anda, sekarang, klik pada tab View serta pilih opsi Advanced Controls menurut menu drop down. Anda bisa melihat beberapa kontrol tambahan yg ditampilkan pada VLC Player


Buka tab Media serta lalu klik dalam Open Capture Device Ini akan membuka kotak dialog media


Dari kotak Media Dialog, atur Desktop sebagai mode capture yang Anda inginkan dan lalu Anda mampu memilih frame rate ideal buat desktop Anda


Frame rate default merupakan 1 fps, output berdasarkan fram rate default ini masih kasar. Anda bisa mengatur nilai yg lebih tinggi jika Anda mau, Frame rate antara 10-12 fps  relatif baik buat screencasts.


Selanjutnya, klik tombol Play dan VLC akan mulai menampilkan desktop Anda


Klik pada tombol Record untuk mulai merekam


Sebaiknya Anda me-minimaze ventilasi VLC supaya tidak ada pada screencast Anda. Setelah selesai, Anda bisa mengembalikan ventilasi VLC dan lalu klik tombol Record lagi untuk berhenti merekam
VLC secara otomatis akan menyimpan arsip AVI di folder Video Anda, yg kemudian dapat Anda bagikan dengan orang lain. Tapi sayangnya terdapat beberapa kekurangan dari fitur perekaman layar VLC ini, berikut beberapa kekurangan yang wajib Anda ketahui.
Anda nir dapat menggunakan bunyi Anda pada screencast Anda. Untuk menambahkan audio ke screencast Anda, Anda harus merekam suara Anda secara terpisah serta mengalirkan arsip audio bersama rekaman desktop. Jika Anda klik pada tombol perekaman, maka akan menyimpan audio beserta screencast.
Kekurangan ke 2 merupakan bahwa Anda hanya sanggup merekam desktop Anda pada format RAW. Tidak terdapat pilihan output lain menurut output screen recording anda. Hal ini mengakibatkan video ukuran sangat akbar bahkan buat screencasts yg relatif pendek. Tapi ini sanggup diatasi menggunakan Clipchamp: Mengecilkan berukuran video tanpa mengurangi kualitas. Oke selamat mencoba.

Comments