SABIL KARYA KALIGRAFI TERBAIK SAMI AFANDI TERSEDIA DISINI DOWNLOAD


Sami Afandi, merupakan salah satu kaligrafer terbesar yg pernah dilahirkan di global. Biografi serta karya karyanya telah pernah kami tulis dalam postingan sebelumnya.
Pada kesempatan kali ini, kami akan secara khusus mengajak pembaca buat melihat gambar  kaligrafinya yang sangat populer. Karya kaligrafinya ini seringkali disebut "sabil". Karena beliau berisi 12 baris syair/ungkapan yang didalamnya terdapat istilah "sabil" berulang sebanyak tiga kali. Atau karena kaligrafi ini diletakkan dijalan menuju tempat wudhu' masjid Yeni (Yeni Cami'), yang menjadi ikon Turki. 






Pentingkah karya kaligrafi sabil ini ?


Sami Afandi sudah mengerahkan kemampuan terbaiknya pada mengerjakan sabil. Sehingga output karyanya sangat latif. Sami mengerjakan karyanya ini menggunakan pena 11/4 (satu seperempat) sentimeter. Ia menulisnya menggunakan tinta arsenik kuning diatas kertas hitam. Lalu beliau melakukan koreksi serta perbaikan menggunakan tinta hitam. Setelah jadi, karya ini sebagai master (qalib). Ketika hendak menyalinnya, dipakai jarum buat melubangi tepi hurufnya. 

Perlu diketahui, bahwa kaligrafi sabil ini mendapat perhatian sangat besar menurut para kaligrafer. Mereka berlomba lomba untuk mempelajarinya. Cetak birunya (qalibnya) diburu diseluruh global. Template orisinil karya ini tersimpan pada Musium Topkapi Turki. Pada karya asli ini, terlihat nyata lubang lubang bekas tusukan jarum. 

Tertarik buat memilikinya ? Beruntung blog Kaligrafi Islam berhasil mendapatkannya. File yg kami miliki ini merupakan hasil usaha kaligrafer Alaa' al Banna. Silahkan anda download perdeo. Dan gunakanlah buat berlatih kaligrafi. 

Berikut ini petikan beberapa halamannya : 




DOWNLOAD QAWALIB SABIL KARYA SAMI

Nama File            :   Buku Qawalib Kitabat al Khattat Sami Afandi
Penyusun             :   Khattat Alaa' al Banna
Jumlah Halaman  :  27 halaman

Beritahukan kami bila link rusak atau tidak bekerja. Jangan lupa berdoa buat Sami dan pengarang buku ini. 

Artikel CARA FLEXI. Mudah mudahan berguna. Terimakasih. 


Comments