RPP PENGELOLAAN SUMBER DAYA IKAN

RPP PENGELOLAAN SUMBER DAYA IKAN - RPP ini berisi tentang informasi serta status sumberdaya ikan serta lingkungannya (daerah asal, sosial, ekonomi,alat penangkap kan, kapal dll terkait pengelolaan) per wpp ketika ini, Dari berita dan status tersebut di RPP dibentuk tujuan pengelolaannya per wpp, 

Baca Juga ; Berburu Harta Karun Di Kapal tenggelam


kemudian diturunkan target strategis yg terukur bisa diselesaikan selama lima tahun (sesuai permen 29/2012 mengenai Pedoman RPP)  menurut setiap informasi serta menurut masing2 sasaran  taktik sudah dibuarrencana aksi yang akan dilakukan setiap tahun dari setiap sasaran startegis. 


Rencana aksi ini sudah disusun yg dari tidak hanya aktivitas DJPT, tetapi sudah dimasukan terintegrasi dengan kegiatan masing2 es 1 terkait misalnya balitbang KP, BPSDM, PDSPKP, PRL dan PSDKP bahkan sudah terintegrasi menggunakan planning aksi satgas. 



RPP PENGELOLAAN SUMBER DAYA IKAN



Paralel dengan RPP ini , kami SDI juga sudah menginisisasi pembentukan lembaga pengelolaa perikanan per WPPNRI, dimana tahun ini kita memulai menginisisasi di WPP NRI dan tahun 2017 insyaAllah akan operasionalkan.. 


 lembaga ini nir struktural (karena Kementerian RB sdh moratorium forum baru)tetapi  kita memang membutuhkan suatu forum pengelola per wpp lantaran selama ini dirasa kurang optimal pengelolaan wpp ditimbulkan rentang kendali sentra terlalu luas.


Baca Juga ; Alasan Pelarangan Penangkapan Kepiting Bertelur


Lembaga ini nanti berfungsi menjadi wadah kooedinasi pemangku kepentingan di wpp tersebut termasuk sentra dan wilayah begitu pula terdapat peranan nelayan dan NGO dan bertugas utuk melaksanakan RPP, lalu menganalisis dan akan merekomendasikannya ke Pusat 


dalam hal ini DJPT sebagai dasar penyusunan keputusan pada WPP tersebut. Selain itu kami SDI pula sudah menyusun alokasi pemanfaatan sdi pr wpp dan diturunkan menjadi alokasi sentra dan daerah, serta wilayah juga diturunkan per propinsi di wpp tadi lengkap dengan API  dan jenis ikan yang boleh ditangkap ini sesuai uu perikan pasal 7 menteri tetapkan alokasi pemanfaatan sumberdaya ikan pada wpp nri.


Terkait menggunakan ini forum pengelolaa akan mengevaluasi dan menganalisis alokasitersebut setiap tahun dan adalah masukan lagi untuk RPP tahun selanjutnya sehingga kita berharap analisis serta evaluasi betul2 dilaksakanan sang lembaga per wpp. 


Baca Juga ; Illegal Fishing Musuh Utama Kemajuan Perikanan


Dalam rancangan struktur forum akan diisi oleh profesional dalam jabatan eksklusif seperti koordinator eksekutifnya serta angoota terkait struktur pula diisi oleh pemangku kepentingan terkait  menurut kami ini adalah tugas kita beserta yg saling terintegrasi serta saling mendukung pada WPP tadi sehingga inilah yang kami sebut NEW MANAGEMENT WPP. 


terakhir jika memang memungkinkan pada waktu dekat ini direktur kami Pengelolaan SDI dapat mempresentasikan semuanya. Sehingga dalam penyempurnaan ini kami menginginkan masukan yg lengkap lagi  tentang forum tsb. 


sebenarnya pengelolaan perikanan per wpp berkelanjutan dapat terwujud serta rencana2 aksi secara terintegrasi dapat terealisasi dengan baik bila RPP terlasana dan lembaganya ada dan terevaluasi status wpp setiap ketika serta apa yg akan kita lakukan lebih terpola dan terukur. 


Baca Juga : Mengenal Bentuk Dan Struktur Pada Ikan



Comments