RESEP MINUMAN PENINGGALAN SRI SULTAN

Konon pencipta resep minuman ini adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Lantaran acapkali berteman dengan rakyat Eropa, ia tak asing dengan minuman memabukan, arak, minuman sehari-hari warga Eropa. Bagi rakyat Eropa, arak difungsikan sebagai penghangat tubuh, meski tak sedikit pula yang mengonsumsi minuman tersebut buat tujuan lain yang negatif.
Sementara Sri Sultan Raja Keraton Yogjakarta ini adalah muslim yg telah barang tentu tak boleh mengonsumsi minuman memabukan. Singkat cerita, Sri Sultan kemudian meracik sebuah resep minunam yg fungsi dan penampilannya mirip arak. Tetapi, resep minuman itu tidak mengandung alkohol. Diramu menggunakan beberapa jenis rempah, akhirnya terciptalah sebuah minuman memiliki kegunaan penghangat badan yg diklaim minuman memabukan pletok.

Proses meracik minuman beralkohol pletok peninggalan Sri Sultan ini relatif mudah dan mudah. Silakan simak resep arak pletok peninggalan Sri Sultan berikut adalah. Penting jua membaca tips meracik resep minuman arak pletok peninggalan Sri Sultan. Resep minuman ini setara 8 porsi.
Bahan untuk menciptakan resep minuman bir pletok peninggalan Sri Sultan:
1. 2 liter air.
2. 200 gr jahe, dicuci higienis.
3. Gula merah secukupnya (takarannya diadaptasi menggunakan taraf kemanisan yang Anda inginkan).
4. 2 btg serai, dicuci higienis, kemudian dimemarkan.
5. 4 lbr daun jeruk, singkirkan tulang daunnya.
6. Kayu cantik sebesar dua,lima ruas jari.
7. 6 tangkai cengkeh.
8. Gula pasir secukupnya. Kalau terdapat, Anda boleh mengubah gula pasir dengan gula batu.
9. Sedikit garam.
10. Seperempat sdt merica serbuk.
Tips menciptakan resep minuman arak pletok peninggalan Sri Sultan:
1. Agar baunya lebih aporisma, sehabis dicuci, bakar jahe pada atas barah atau bara barah. Bakar hingga semua sisinya terbakar sempurna, kemudian dimemarkan.
2. Setelah seluruh bahan dimasak (direbus) hingga matang, saring air waktu dituangkan ke gelas saji agar nir terdapat ampas yang terminum.
3. Diminum dalam syarat dingin, sehabis suhu kebiasaan, sebelum dituang ke gelas saji, kocok secara manual supaya menerima buih misalnya buih yg ada pada minuman beralkohol.
Cara membuat resep minuman minuman beralkohol pletok peninggalan Sri Sultan:
1. Tungkat air ke dalam panci. Masukkan jahe yang sebelumnya telah diproses agar baunya lebih keluar, serai, daun jeruk, kayu manis dan cengkeh. Rebus hingga mendidih sambil diaduk sesekali secara teratur.
2. Kemudian tambahkan gula merah dan merica bubuk. Aduk lagi sampai homogen. Angkat, masukkan ke gelas saji.
3. Tambahkan gula batu. Bir pletok siap diminum pada syarat hangat atau ditambah es batu.
Masih terdapat lho minuman berguna lainnya, misalnya resep wedang jahe gula batu berguna (minuman penangkal masuk angin) dan ini minuman berkhasiat menyembuhkan batuk.

Adapun resep minuman peninggalan Sri Sultan ini setara buat 4 porsi atau lebih.

Comments