RESEP DONAT LEMBUT DAN EMPUK

Resep donat berikut adalah terasa begitu khas. Selain cita rasanya yg sudah pasti tak mengecewakan, tekstur donat ini terasa empuk dan gurih.
Di luaran sana, mungkin banyak pula donat yang cita rasanya jua enak. Tapi, belum tentu mempunyai tekstur yang empuk dan empuk. Untuk mendapatkan tekstur demikian, kalian wajib menggunakan kentang tumbuk menjadi bahan tambahan.

Ingin melihat resep, tips dan cara mengolahnya selengkapnya? Simak resep donat empuk dan gurih berikut ini. Jangan pernah melewatkan membaca tipsnya.


Bahan kering buat membuat donat empuk dan lembut:
1. 500 tepung terigu protein sedang.
2. Kentang tumbuk menurut tiga buah kentang ukuran sedang.
3. 4 sdm gula pasir.
4. 1 sendok teh baking powder.
5. 0,75 sdt ragi instan.
6. 1 sdt vanili instan.
7. Dua sendok makan susu serbuk.


Bahan basah:
1. 2 buah telur ayam.
2. 100 gram margarin atau mentega.
3. Minyak goreng secukupnya buat menggoreng.
4. Garam secukupnya buat memberi rasa legit dalam donat.
5. Air secukupnya.


Tips membaut donat empuk dan lembut:
1. Yang krusial untuk diperhatikan adalah jenis tepung gandum yg dipakai. Ada beberapa jenis tepung terigu. Agar campuran mudah mekar dan teksturnya sinkron yg diinginkan, selalu pakai tepung gandum protein sedang.
2. Jika buat menciptakan donat, sewaktu membaut kentang tumbuk, jangan diberi bumbu.
3. Tuangkan air sedik demi sedikit, hentikan menuangkan air jika adonan dirasa telah liat.
4. Adonan yang telah kalis, tandanya apabila pada pegang campuran tidak lagi melekat ke tangan.


Cara menciptakan donat empuk dan lembut:
1. Masukkan semua bahan, kecuali air, minyak goreng, telur, gula pasir dan garam. Aduk hingga rata.
2. Kocok telur ayam yg sudah dicampur menggunakan gula pasir dan garam sampai semuanya tercampur rata. Tuangkan ke pada campuran tepung, mixer hingga homogen.
3. Tuangkan air sedikit-sedikit sampai adonan menjadi liat. Hentikan menuangkan air. Aduk campuran hingga kalis.
4. Tutup menggunakan lap basah lebih kurang selama 30 mnt buat memberi kesempatan ragi dan soda kudapan manis mengembangkan campuran.
5. Setelah adonan mekar, kempiskan menggunakan tangan, cetak atau dibentuk sesuai selera. Agar lebih maksimal , sebelum digoreng, campuran yang telah dicetak, sisihkan terlebih dahulu sekitar selama 15 mnt.
6. Panaskan minyak goreng.
7. Gunakan api kecil, goreng campuran donat yg sudah dibuat hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan, angkat, tiriskan.
8. Donat empuk dan lembut siap disajikan menggunakan banyak sekali bahan tambahan sesuai selera. Pertimbangkan buat mencoba resep cimol goreng yg enak dan resep perkedel kentang daging udang.

Agar terlihat lebih anggun dan menggoda selera, sebelum disajikan, hias donat menggunakan bahan tambahan misalnya cokelat, keju, selai buah atau selai kacang. Terima kasih sudah membaca resep donat empuk dan lembut. Perluas inspirasi sahabat-teman menggunakan membaca resep masakan kreatif yg lain pada CARA FLEXI.

Comments