RECEIVER MATRIX TIDAK TUMBUH SIGNAL

CARA FLEXI - Beberapa minggu sepi servisan, hari ini saya mendapat servisan berupa parabola.  Keluhan pertama yg diadukan kerumah aku bahwa parabola tidak bisa mendapat signal satupun. Tak usang kemudian saya eksklusif meluncur ke TKP di tetangga desa sebelah.
sesampai pada TKP, aku langsung menuju ke receiver serta aku nyalakan.  Saya lihat ketika aku ke menu info bahwa intensitas signal 0% dan kualitas signal jua.  Kemudian aku coba cek konektor dari parabola.  Ternyata konektor basah kuyub terkena air berdasarkan kabel.  Entah berdasarkan mana datangnya air pada dalam air tersebut.  Slidik-punya slidik ternyata kabel tersebut basah pada sebabkan kebocoran pada konektor atas berdasarkan LNB yg merembes ke pada kabel serta hingga ke receiver. Kabelpun saya kelupas buat menaruh rembesan air yg ada pada dalam kabel.

Bila telah begini pasti ini receiver yang bermasalah . Receiver bermerek Matrix Inspiro, menggunakan box besar tapi masih mpg2.  Kemudian receiver aku buka menggunakan penuh harapan. Benar saja tidak ada frekuwensi, ternyata sesudah aku buka nampak di area mpg, konektor terlihat berkarat parah. Langsung deh aku bersihkan.  Mengejutkan,  ternyata jalur yg menuju rx ic ternyata putus tererosi sang karat evek berdasarkan konektor.

Setelah aku sambung  aku coba konekan dengan parabola.  Hasilnya Bagus tetapi siaran horizontal tidak nampak signal.  Saya jadi teringat saat itu pernah mengalami hal tadi bahwa, aku harus memanaskan ic rc yang dekat dengan konektor yang karatan tersebut. Kemudian aku coba lagi dengan hasil menggembirakan. Receiver balik normal.

Selesai telah perseteruan receiver parabola nir tumbuh signal tadi. Yang ternyata konflik terjadi dalam receiver bermasalah erosi dampak kabel yang basah serta penanganan yg terlambat.

Perlu anda ingat bahwa jka anda memiliki sebuah receiver parabola perlu dicek secara terjadwal saat musim hujan buat memonitor apakah kabel yang anda miliki do resapi air hujan atau nir. Apabila terjadi peresapan air ke pada kabel maka anda harus mencari kebocoran tadi cika ingin perangkat yg anda miliki selamat.

Demikian cerita hari ini semoga anda dapat mengambil pesan tersirat berdasarkan kasus yg saya tangani pada atas.  So salam jumpa lagi di masalah yg lainya. Go way!

Comments