RANGKAIAN LAMPU TL DENGAN BALLAST ELEKTRONIK

Ballast Elektronik adalah pembaharuan atau tranformasi menurut ballas / trafo magnetik, ballas elektronika dilengkapi dengan sistem control yg sangat baik buat menyalakan lampu TL atau Tube Lamp (fluorescent). Perusahaan lampu TL misalnya philips dan panasonic kini telah banyak beralih ke ballas elektronika buat produk-produk mereka lantaran sytem control (rangkaian elektro) dalam ballast elektronika dapat berhemat energi yg pada keluarkan buat menyalakan lampu TL (Tube Lamp / Fluorescent).

Mengenal Bagian-bagian Pada Ballas Elektronik

  • Rectifier - Berfungsi sebagai pengubah arus listrik  AC (Alternating Current) 220V PLN menjadi arus listrik DC (arus listrik searah) dengan voltase tinggi (High Voltage DC /HVDC) 320 Volt
  • DC To AC Converter - Berfungsi untuk mengganti tegangan HVDC 320 Volt sebagai tegangan AC 500V – 800V menggunakan frekuensi 20KHz – 60KHz.
  • Starter Kapasitor - Fungsinya sebagai starter awal buat menyalakan lampu TL (fluorescent).

Bagaimana Cara Menggunakan Ballast Elektronik Untuk Lampu TL?

Sistem kontrol pada ballast elektronika membuat skema rangkaian lampu TL dalam umum nya (Lampu TL menggunakan Ballas Magnetik) sedikit berubah / tidak sinkron. Pada artikel ini aku akan memberikan model rangkaian lampu TL dengan Ballas Elektronik. Jika relatif saat aku akan menunjukkan dua type rangkaian lampu TL dengan ballas elektronik sekaligus yaitu:
  • Sekema / Diagram Rangkaian Single Lampu TL dengan Ballas Elektronik, dan
  • Sekema / Diagram Rangkaian Double Lampu TL dengan Ballas Elektronik
Contoh Rangkaian Single Tube Lamp dengan Ballas Elektronik (1 Ballas Elektronik buat 1 Lampu TL )
Contoh Rangkaian / Diagram Double Lampu TL menggunakan Ballas Elektronik (1 Ballas Elektronik buat 2 Lampu TL )
Kedua gambar diagram pada atas adalah model rangkaian lampu TL dengan ballas elektro, kenapa tidak memakai stater / sekring? Lantaran pada ballas elektro telah terdapat Starter Kapasitor untuk menyalakan lampu tl (fluorescent).
Perlu diketahui bahwa, setiap pembelian ballas elektronik type T8 atau type apa saja sudah pada lengkapi menggunakan wiring diagram / petunjuk memakai atau memasang ballas elektronika tadi. Beberapa ballas elektro mungkin sedikit tidak sinkron dari segi rangkaian / cara memasang ballas elektronika ke rangkain lampu tl (tube lamp). Berikut ini saya sertakan juga diagram lampu tl dengan ballas elektronika dengan rangkaian tidak selaras.
Dari 4 contoh rangkaian lampu tl menggunakan ballas elektronik pada atas, saya harap bisa membantu anda pada memahi instalasi lampu TL menggunakan jenis-jenis ballas yang tidak sinkron serta menggunakan jumlah lampu tl yg tidak sinkron pula. Demikan saja artikel tentang "Diagram Rangkaian Lampu TL Dengan Ballas Elektronik", Semoga bermanfaat dan semoga suksek untuk anda.

Comments