RAHASIA MENAHAN HAUS DIBULAN PUASA

Bagaimana caranya menahan haus saat puasa?
Menahan haus waktu puasa merupakan tantangan berat yg bukan main hebatnya, terlebih lagi di bawah teriknya sinar matahari. Mudah merasa haus waktu menjalani ibadah puasa adalah hal yang wajar. Apalagi bila cuaca panas terik dan aktivitas sangat padat.
Puasa adalah menahan diri menurut segala yang membatalkannya, galat satunya adalah makan serta minum.  Menahan nir makan (lapar) seringkali lebih gampang berdasarkan pada menahan tidak minum (haus), apalagi waktu cuaca panas pada demam isu kemarau.
Sebagian orang lebih sulit buat menunda rasa haus dibandingkan menggunakan rasa lapar saat berpuasa. Rasa haus sanggup sebagai pengganggu nomor satu pada menjalankan ibadah puasa lantaran dapat membuat tubuh sebagai lemas serta sakit kepala.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan rasa haus terkadang nir tertahankan. Selain kegiatan yang menguras cairan tubuh dan kondisi cuaca yg panas dengan kelembaban yg tinggi, faktor makanan yg Anda konsumsi waktu makan sahur pula turut menghipnotis rasa haus ketika berpuasa.
Masalah ini sebenarnya sanggup diatasi dengan cara mengonsumsi kuliner serta minuman yang sempurna waktu berbuka juga sahur. Besar kemungkinannya ketika berbuka puasa Anda cenderung mengonsumsi kuliner serta minuman yg nir sempurna, sebagai akibatnya Anda gampang merasa haus dan lapar.
Agar tak risi puasa kita menjadi batal hanya lantaran rasa haus alias dahaga, ini dia lima tips yg sanggup dilakukan:
  1. Minum minimal 8 gelas air putih
  2. Kurangi makanan pedas serta asin
  3. Banyak makan buah dan sayuran
  4. Konsumsi vitamin C
  5. Tidur Cukup
Amalan doa menahan haus yg wajib diamalkan:
Tafsir Al-Quran Surat Al-Quraisy (Ayat 4)  (لَّذِىٓ أَطْعَمَهُم مِّن جُوعٍ وَءَامَنَهُم مِّنْ خَوْفٍۭ
ladzii ath'amahum min juu'in waaamanahum min khawf
“Yang telah memberi kuliner kepada mereka buat menghilangkan lapar serta mengamankan mereka berdasarkan ketakutan..” (QS. Al-Quraisy: 4)
Cara pengamalanya gampang:
-baca ayat diatas 999x tengah malam sebelum mulai puasa
-diharuskan sebelumnya sholat hajat spesifik dua raka’at saja.

Tafsir al-Jalalain 
(Yang telah memberi kuliner kepada mereka untuk menghilangkan lapar) supaya mereka tidak kelaparan (dan mengamankan mereka berdasarkan ketakutan) ialah agar mereka nir merasa takut lagi. Sesungguhnya mereka sering mengalami kelaparan, karena di Mekah nir terdapat lahan pertanian, sebagaimana mereka pun pernah dicekam sang rasa takut, yaitu saat tentara bergajah datang kepada mereka menggunakan maksud untuk menghancurkan Kakbah.

Comments