PURSE SEINE PELAGIS BESAR

Purse Seine Pelagis Besar - Purse seine (pukat cincin) sering dianggap juga jaring kerut atau jaring kolor adalah galat satu indera tangkap ikan yang seringkali dipakai buat menangkap jenis ikan pelagis. Baik itu Pelagis Besar juga Pelagis Kecil.
Cara kerja alat tangkap jenis purse seine adalah menggunakan cara  melingkari grup ikan menggunakan jaring jenis ini, serta kemudian mengerutkan atau mengunci atau menutup jaring bagian bawah sebagai akibatnya jaring membangun sebagai seperti sebuah kantong. 

Alat Tangkap Purse seine juga tergolong salah satu indera tangkap yang ramah lingkungan setelah long line, pole and line, tonda, serta bagan. Lantaran itu indera Tangkap ini memiliki tujuan utama pada penangkapannya antara lain ikan pelagis, 

PURSE SEINE PELAGIS BESAR


Berdasarkan Pada Permen 71 Untuk penggolongan Purse seine terbagi diantarnya  Berdasarkan Jumlah kapal dan sasaran tangkapan.untuk output Tangkapan terbagi diantaranya :



1. API pukat cincin pelagis akbar menggunakan Satu Kapal

API pukat cincin pelagis besardengan satu kapal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat (tiga) alfabet b merupakan API yg bersifat aktif, dioperasikan menggunakan memakai berukuran:

a. Kriteria 1

- mesh size ≥ 2 inch 
- tali ris atas ≤ 700 m,

- menggunakan ABPI berupa rumpon dan lampu menggunakan total daya < 16.000 watt,
- memakai kapal motor berukuran > 10 s.D. 30 GT, 

- dioperasikan dalam Jalur Penangkapan Ikan II dan Jalur Penangkapan Ikan III pada WPPNRI 572, WPPNRI 573, WPPNRI 714, WPPNRI 716, serta WPPNRI 717; 

b. Kriteria dua.

- mesh size ≥ dua inch  
- tali ris atas ≤ 1.500 m,
- menggunakan ABPI berupa rumpon dan lampu menggunakan total daya < 16.000 watt,
- menggunakan kapal motor berukuran > 30 GT,
- dioperasikan pada Jalur Penangkapan Ikan III di WPPNRI 572, WPPNRI 573, WPPNRI 714, WPPNRI 716, dan WPPNRI 717.

2. API pukat cincin grup pelagis akbar 

 API pukat cincin grup pelagis akbar  sebagaimana dimaksud pada Pasal 7 ayat (4) huruf b adalah API yang bersifat aktif dan DILARANG beroperasi pada seluruh JalurPenangkapan Ikan dan di semua WPPNRI.
Selain mengetahui tentang Spesifikasi alat tangkap purse seine kita pula wajib mengeetahui mengenai alat bantu purse seine. Dimana peranan indera bantu adalah memberikan  effisiensi serta efektif.

Comments