POLYTRON USLIM HANYA NAMPAK SEPARUH LAYAR PADA BAGIAN BAWAH

Polytron u-slim hanya Nampak separuh layar pada bagianbawah. Kerusakan macam ini penyebabnya adalah pada bagian vertikal. Dengandemikian aku memprediksi bahwa kerusakan pada polytron Umumnya terjadikerusakan pada elco 100 uf 50volt pada bagian vertikal.

Tv polytron in waktu di tabok akan normal namun kadang jugarusak lagi. Jadinya tv ini dianggap menggunakan tv tabok. Hehe

Setelah pada tabok layar membuka tetapi terdapat garis-garistipis tergambar dalam bagian atas layar.

Lalu apa penyebab sesungguhnya tv polytron mengalamikerusakan misalnya ini/

Benar prediksi aku , Setelah tv saya buka ternyata terdapatelco mengembung berukuran 100 uf50v dekat ic vertikal. Elco ini tak jarang disebutdengan elco pump up. Mengembung berarti kapasitas elco tersebut telahberkurang.

Selain elco saya pula dapati beberapa solderan terutama padaic vertikal Nampak retak-retak. Kemungkinan tv bila ditabok menjadi normaldisebabkan karena keretakan solderan pada ic vertikal tersebut.

Penggantian elco 100 uf dan menyolder ulang kaki ic vertikalkasus ini terselesaikan. Tv normal kembali.

Running test tvpolytron yg tadinya Nampak separuh pada bagian bawah, kini tidakmenunjukan gejala yg sama.

Kasus ini adalah job panggilan pada ketika malam hari padabulan Ramadhan. Tidak ada 1/2 jam kasus ini selesai. Servis tvmemang terkadang mudah saja tetapi terkadang terdapat jua yang muter-muter tidakketemu kasusnya, terlebih jika servis panggilan tentu sangat menyusahkan.

Semoga berguna.!

Comments