POLYTRON U SLIM IC VERTIKAL JEBOL TERUS


**Soldiradem**Beberapa minggu ini aku tak jarang kedatangan tv polytron u slim 21 inci menggunakan gejala awal mula protek. Namun kali ini konflik polytron u slim nir berhenti di titik protek saja. Kasus ini berlanjut pada kerusakan yang nambah ke bagian lainya, yaitu kerusakan ic vertikal jebol terus meski telah diganti dengan ic vertikal yang baru serta mahal sekalipun.
Menyelidiki perkara kerusakan misalnya ini memang sangat menyita banyak ketika, terlebih sudah berkorban satu ic vertikal baru berakhir jebol.

Biasanya kalau mendapat tv polytron protek hanya mengubah elco diblog vertikal saja sudah cling. Namun apabila nasip lagi mujur,, ya gini, ternyata protek mengindikasikan bahwa terdapat kerusakan yang berfokus.

Penyelidikan pertama aku apabila menerima kerusakan ic vertikal jebol merupakan tegangan penyuplai nya.
Polytron u slim ini memakai hasil flyback sebagai asal tegangan ic vertikal sebanyak +12v dan -12V bila diukur dari min dan plus maka akan tercipta tegangan 24 volt.

Namun yang terjadi merupakan tv yg aku tangani ini tegangan yang seharusnya 12 volt dalam bagian plus mencapai 40 volt.

Sehingga pantas saja jika ic 78141 langsung ancur lantaran pada suplay tegangan 50v diukur dari polaritas plus serta minus, bukan dari ground.

Kemudian saya berinisiatif buat mengukur tegangan b+ penyuplay flyback. Terukur 150 V DC. Angka yang cukup tidak mengecewakan fantastis buat tegangan tv berukuran 21 inc.

** Polytron u slim Ini memakai flyback dengan tipe dst 2030 m32 ..dan ic vertikal 78141..**

#Langkah penanganan

Belajar menurut pengalaman yang lalu ,mencari penyebab b+115 Volt melonjak. Apabila tegangan nir mencapai dua kali lipat, umumnya terjadi kerusakan pada area blog optocopler.
Pada blog opto kopler aku mencoba mengubah vr dalam B+ adjster. Vr ini berfungsi menjadi pengatur besar kecilnya tegangan b+ .sebagai akibatnya bila vr tersebut mengalami kerusakan akan terjadi konflik dalam tegangan b+. 



Prinsip kerja bagian VR (variable resistor ) tadi kurang lebihnya misalnya ini:

‘apabila vr di adjust ke kanan maka kendala akan bertambah sebagai akibatnya tegangan yg menuju opto kopler akan rendah membuahkan pada tegangan b+ naik, begitu kebalikannya jika vr ini pada putar ke arah kiri impedansi akan berkurang sebagai akibatnya tegangan yang menuju optocopler akan tinggi serta ini akan menjadikan dalam tegangan b+ turun’

Nah pada polytron u slim ini vr nya ukuran 103 ,kebetulan tidak terdapat stok vr serupa. Maka saya ganti dengan ukuran 202 mencopot dari chasis tv cina.

Karena tegangan naik berarti kendala yang menuju optocopler cenderung naik maka vr ini aku adjust ke minimum maka akan membuat sedikit impedansi.

Setelah penggantian Alhasil tegangan pun terukur 110 volt.

Cukup level rendah unyuk seukuran tabung slim 21 inch maka impedansi aku adjust sehingga hingga level tegangan 115 V DC.

Ternyata sahih, waktu b+ telah normal, aku ukur dalam tegangan penyuplay ic vertikal cenderung normal yaitu terukur 14 volt sehingga didapati tegangan 28 volt. Cukup aman buat ic vertikal 78141.

Pemasangan ic vertikal baru pun aku lakukan. Lantaran kali ini saya konfiden bahwa ic vertikal akan kondusif di tegangan 28 volt.

Tes memberanikan diri buat berkorban satu ic, .tv menyala normal beberapa menit sambil berharap ic vertikal tidak jebol lagi.

Tv aku matikan dan menyentuh heatsing yang ternyata anget saja. Menurut saya panas heatsing penopang ic vertikal ini normal.

Dan berakhirlah sudah penanganan tv polytron u slim ic vertikal jebol terus meski telah diganti dengan ic baru sekalipun.

#Kesimpulan

Bahwa protek nir hanya terjadi kerusakan pada elco 1 uf/50V juga elco yg mendukung ic vertikal saja. Tetapi terkadang sanggup jadi protek tersebut menandakan ada permasalah yang lebih berfokus dalam bagian tegangan. Misalnya dalam perkara ini tv diawali protek ternyata disebabkan sang b + naik 150 volt maka otomatis tegangan out pula akan naik terutama dalam bagian penyuplai tegangan ic vertikal naik sampai 50 volt singga pin protek akan mendeteksi adanya pertarungan pada blog vertikal. Pada akhirnya tv akan protek. Dengan mengubah ic baru maka tv bisa normal tetapi sementara waktu kemudian ic akan tewas apabila dipaksakan.

Jika b+ terukur normal namun tegangan penyuplay vertikal permanen naik drastis, maka jalan terakhir mengganti flyback .

‘'selamat berexperimen!'’

Comments