PIROGRAFI MENULIS KALIGRAFI DENGAN EFEK TERBAKAR


Pirografi atau Lukisan Bakar adalah menulis serta melukis dengan menggunakan alat pembakar. Seni ini sebenarnya sudah usang dikembangkan di Indonesia. Hanya saja dalam bidang kaligrafi, belum terlalu berkembang. Menulis kaligrafi menggunakan metode pirografi diatas kayu, menghasilkan karya seni yang sangat indah. Apalagi bila memakai alat indera pirografi baku yang digunakan sang para artis, disertai latihan yang cukup. Seni kaligrafi menggunakan pirografi boleh aku katakan belum terlalu dikembangkan. Mungkin giliran anda yang akan sebagai masternya. Anda mampu belajar lebih lanjut mengenai seni pirografi ini dalam blog Rumah Lukisan Bakar Anjani Gallery, yang memang khusus membahas tutorial pirografi.

Mengenal Pirografi

Pyrography atau pyrogravure (pada lidah Indonesia pirografi), adalah seni dekorasi memakai alat pembakar yang seringkali diaplikasikan dalam kayu (karenanya acapkali juga diklaim seni wood burning). Dalam kata Indonesia, sudah terdapat istilah "lukisan bakar". Pada perkembangan selanjutnya, pirografi tidak melulu diaplikasikan dalam kayu melainkan dalam media media lain.



Alat pembakar yg dipakai bisa majemuk, mampu memakai obat nyamuk bakar, rokok, solder, kaca pembesar, atau alat-alat pirografi modern terstandar yang ujungnya sanggup diganti ganti (menggunakan harga cukup mahal buat ukuran aku ). 


Untung Yuli Prasetiawan (//zuma.staff.umm.ac.id/).
Menggunakan rokok. Memadukan kenikmatan merokok serta kenikmatan melukis.

Membuat Karya Kaligrafi Dengan Pirografi

Membuat Karya Kaligrafi menggunakan pirografi sebenarnya sangat sederhana. Anda hanya menggores dengan alat pemanas diatas garis garis kaligrafi yg sudah anda salin ke media kayu, lakukan sampai selesai. Yang sulit merupakan bagaimana mengendalikan alat pembakar, agar hasil seninya cantik. Seniman yang sudah profesional bisa mengendalikan indera pembakarnya sedemikian rupa sebagai akibatnya membuat torehan yg halus, serta konsisten.   

Bagusnya seni pirografi pula tergantung pada media yang anda pakai. Jika memakai kayu, kayu apa yang anda miliki. Kayu yg memiliki garis garis alami, akan membentuk karya yg lebih indah. 

Berikut ini langkah langkahnya jika anda hendak mencoba pirografi buat pertama kali : 
1. Cari Triplek 
2. Salin goresan pena kaligrafi keatas triplek, dengan menjiplaknya memakai karbon. Bila anda telah mahir kaligrafi, anda sanggup eksklusif menulisnya diatas triplek
3. Panaskan solder (yg biasa dipakai tukang elektronika). Bila tidak punya, bakar saja obat nyamuk. Tapi jangan terlalu berharap ini akan menyenangkan. Lantaran obat nyamuk tidak bisa dipakai terus menerus. Anda wajib berhenti dulu agar baranya tetap menyala (buat mengatasinya bakar beberapa obat nyamuk serta gunakan bergantian). Atau anda mampu membuat alat pirografi sendiri (lihat video cara mudah menciptakan alat pirografi sendiri).
4.  Torehkan indera pembakar itu, keatas garis garis kaligrafi diatas triplek hingga selesai.

Berikut ini video cara menciptakan kaligrafi pirografi.



Dan ini dia adalah video ke 2 cara menciptakan kaligrafi pirografi :

Comments