PIN PROTEK TV SANYO DYNAMIC SERIES

Sering aku katakan bahwa Salah satu tantangan memperbaiki kerusakan televisi paling menantang adalah tv protek. Lantaran membutuhkan keelian yg luar biasa.  Terutama jika terjadi dalam TV Sanyo.tv ini sangat komplek sekali dalam hal memproteksi mesin tv. Kemungkinan hal ini bertujuan supaya televisi aman jika terjadi kerusakan yang menyebabkan kerusakan yg lebih parah, atau kasus dalam keamanan dari kebakaran. Hal ini membuahkan bukti tv sanyo mendepankan kualitas dan keamanan.
Jika ditinjau secara akurat tv sanyo ini sekmaticnya nir misalnya tv yang lainya. Lebih kompleks terutama tv sanyo yang diynamic series yang mengunakan dua ic yaitu ic croma LA 76818A dan ic acara LC863440. 
TV Sanyo ini lebih menonjol pada tegangan b+ flyback, bila tv pada umumnya 115 volt dalam tv sanyo menggunakan tegangan 130 volt.
Titik protek pada tv Sanyo ada beberapa blog bagian sensor, sehingga perlu kejelian pada melakukan pencarian. Jika kita nir mengetahui niscaya mana titik protekya pasti seminggu tidak akan ketemu mencari kerusakan tv sanyo protek. Karena ternyata selesainya saya pelajari berdasarkan beberpaa asal menjelaskan bahwa titik protek dalam tv sanyo terdapat pada tegangan yg nir normal saja sanggup mengakibatkan tv protek meskipun hanya 1 atau 2 volt saja dari tegangan normal.
Dengan memakai multitester digital waktu mencari kerusakan, mungkin akan lebih efektif dibanding dengan menggunakan tester analog. Karena ini berkaitan menggunakan tegangan yang akurat.
Menangani tv protek  pertama yg wajib kita lakukan merupakan mencari pin protek dalam ic programnya dulu, atau menggunakan kata lain mencari master proteknya, berdasarkan situlah seluruh sinyal protek akan terdeteksi. Sehingga perlu dicut terlebih dahulu untuk memaksa tv supaya tetap bisa bekerja serta kita mampu mencari titik sensor proteknya yang bermasalah.
berikut ini sudah aku rangkum menurut bebrapa pengalaman aku dan menurut asal menurut beberapa pengalaman rekan teknisi mengenai tv sanyo protek. Tentu tidak selaras tipe dan dan chasis juga tidak sama titik proteknya.
Pin protek tv sanyo dynamic series
tv ini enggunakan 2 ic yaitu  acara LC863440 serta ic croma LA76818A.
PIN protek terletak menurut ic acara kaki 27, ingat ic acara bukan ic croma. Jika ingin mematikan sumber utamanya lepas pelawan dengan no r830.
setelah melepas sumber protek , lalu baru mencari sensor proteknya. Dalam tv sanyo dynamic ini memakai sensor di beberapa titik tegangan. Yaitu:
output heater menurut flyback r 476 3k3. Lantaran ada berbedaan data dari asal , saya pun menyimpulksn bahwa sanyo dynamic series menggnakan jenis chasis bebeda, sebagai akibatnya sistem kerjanya berbeda. Ada yang mengatkn bahwa hasil flybak heater di sensor oleh r 475 serta terdapat jua yag mengungkapkan r 476. Tetapi intinya sama-sama mengirimkan frekuwensi ke mastr proteksi i acara kaki 27 mellui penahan 830.
Tv Sanyo dynamic 14 inci ini pada tegangan video memakai tegangan b+ 130 volt nir bersumber berdasarkan flyback, sehingga tegangan normal ikut menggunakan B+130 volt.
Saya melansir menurut blog wyn-suparno blog sensor protek masih ada di
"out regulator 9v D681, out vertikal R527, OUTPUT X-RAY pada kaki flyback low-b r477, output heater 476, output 180 volt d489. "
setelah saya cocokan menggunakan tv sanyo dynamic ukuran 12 inc, tidak match kemungkinan tidak sama seri chasis. Perbedaanya terletak pada komponen yg beda 1 angka. Dan pada  x-ray low-b tidak terhubung dengan apapun pada tv yg aku tangani.
Kemudian aku melansir berdasarkan masyono11 BLOG sensor proteknya di:
"R 475 1 HEATER, Q443 ,D486=180VOLT ,D003,D004, 16 VOLT. "
Hal yg sama berdasarkan ke 2 sumber refrensi tadi adalah master proteknya terletak pada kaki 27 ic lc 863440.
Perbedaan secara sekematik dengan yg aku alami merupakan dalam tegangan video 180 volt lantaran tv sanyo yg saya tangani menggunakan b+130 volt saja. Sebagai akibatnya waktu terdapat permasalah dalam tegangan b+ akan permanen protek.
hal yang seringkali terjadi kerusakan pada tv sanyo adalah flyback, padahal sangat sulit mendapatkan tipe seri yang sama pada tv sanyo ini. Jika tidak selaras seri tetapi rapikan letak kaki sama, tetapi tegangan berbeda ini yang akan mengakibatkan tv masih protek meski telah mengubah flyback.
perbedan pula aku dapatkan dalam sensor x-ray low-b, menurut output flybak. Ini umumnya juga sebagai sensor tetapi ternyata tv yg saya tangani bahwa sensor x ray nir terhubung dengan apapun hanya saja memang pada chasis terdapat komponen yg kosong.
sempat memang kemarin-kemarin mengalami kegagalan pada menangani tv sanyo prtek, ternyata saya masih kurang pengetahuan dalam menangani tv protek, terutama dalam tv sanyo.
semoga bisa menadi refrensi membantu rekan sekalian pada memperbaiki tv sanyo protek terutama yg bertipe dynamic series.
NB: jika terdapat data dalam penulisan mohon maaf lantaran terbatasnya ketika aku menulis konten ini.

Comments