PERIKANAN YANG MATI DI KOLAM IKAN

Perikanan yang tewas pada pada Kolam Ikan - Yah itulah perumpaman buat menggambarkan kondii perikanan kita waktu ini. 

perikanan kita yang berkeinginan maju maka secara tidak eksklusif kita wajib mampu bersaing menggunakan perikanan perikanan yang terlebuh dahulu maju. Salah satu negara yg perikanan maju merupakan jepang. Jepang maju secara teknologi perikanan serta maju secara konsumsi ikan.

Perikanan Jepang memang dikelola dengan cerdas. Perikanan jepang sebagai sentra pasar ikan kelas dunia. Menjadi minat masuknya bagi surplusnya jumlah kapal kapal perikanan Korsel serta RRC. 

Namun kekurangan tenaga kerjanya poly dari Indonesia serta Philipina. Sedangkan Kita masih saja menjadi kuli serta tenaga kasar pada negeri orang.


PERIKANAN YANG MATI DI KOLAM IKAN


Kita negara bahari yg klaim punya potensi ikan akbar dan jumlah energi kerja besar tetapi kenapa nelayan kita kocar-kacir didalam negeri poly yang nganggur serta diluar negeri blm terlindungi dg baik..? Produksi ikan juga loyo..? Bagaimana mau ciptakan sentra pasar ikan kelas dunia mau mulai darimana..?

Menurut galat seorang nelayan yang berkecimpung serta menjadi pelaku usaha perikanan langung berkata bahwa untuk sebagai Indonesia maju pada perikanan maka pada perlukan waktu menurut ketika ini setidaknya 10 Tahun. Sepuluh tahun itu langkah - langkah yg wajib di benahi antara lain :

1. Tahap jangka pendek crash programe trial tiga tahun.  
2. Pada termin medium programe produktive 4-6 tahun.  
3. Tahap 7-10 thn totaly optimum programe and maintenancing.

Dan buat rencana jangka pendeknya pada antaranya :



1. Benahi carut marut birokrasi pelaut ini poin yang terpenting. Jangan biarkan pelaut ataupun nelayan jadi atm hidup. Beri subsidi yg benar sahih ingin terjun menjadi pelaut.


2. Ganti cara pendidikan pada smk kelautan. Dari yang banyak teori ke poly praktek. Kuatkan ilmu dan jadikan Sekolah Menengah Kejuruan/ SUPM garda terdepan pada pembenahan perikanan.

3. Hanya yg berjiwa laut, yang cinta laut yang belajar di Sekolah Menengah Kejuruan/SUPM CARA FLEXI. Buang yg cuma jadi pijakan ke profesi lain. 

4. Hindari sistem kapitalisme murni berdasarkan industri pelayaran serta perikanan.

Comments