PERIKANAN TANGKAP DANAU LIMBOTO

Perikanan Tangkap Danau Limboto - Beberapa jenis indera tangkap yg dipakai di Danau Limboto merupakan pancing (hand and line), pajala ( gillnet), buili/jaring lingkar (kecil pulse seine), olate/sero (winget bamboo entice), bunggo, dudayaho (push internet), serta bibilo. Perikanan di danau lamboto nir hanya budidaya tetapi didalam nya masih ada aktivitas penangkapan ikan oleh nelayan setempat. Danau Limboto terletak pada Provinsi Gorontalo

Aktivitas Perikanan tangkap nelayan danau limboto menggunakan alat tangkap banyak sekali jenis. Dianataranya adalah

Perikanan Tangkap Danau Limboto


A.pancing adalah indera penangkap ikan yg terdiri dari tali serta mata pancing. Pancing dijalankan atau dioperasikan menggunakan menggunakan umpan, baik itu umpan buatan maupun alami yg bermanfaat buat menarik perhatian ikan dan hewan air lainnya. Nelayan lambotoi memakai pancing dengan jenis hand line.

B.pajala (gillnet) adalah jaring berbentuk persegi panjang dengan ukuran mata jaring beraneka ragam kurang lebih 1,five-tiga,five inci. Meskipun dernikian, pada lokasi tak sporadis masih ditemukan jaring yang ukuran mata jaring pada bawah 1,five inci. Ukuran ikan yang tertangkap relatifseragam. 

Penggunaan pajala dilakukan secara pasif Setelah diturunkan ke perairan, kapal dan indera dibiarkan hanyut, umumnya berlangsung selama 2-3 jam. Untuk menggiring gerom¬bolan ikan agar tertangkap, nelayan umumnya menggunakan indera bantu yang terbuat menurut kayu yg dipukul-pukulkan ke air. Hal tersebut dilakukan agar ikan takut serta akan berlari ke arah pajala. Selanjutnya dilakukan pengangkatan jaring sembari melepaskan ikan output tangkapan ke bahtera.

C.jaring lingkar (kecil handbag seine) digunakan dengan cara meling-karkan jaring dalam gerombolan ikan. Jaring lingkar terdiri menurut jaring yg dilengkapi cincin-cincin. Pelingkaran dilakukan dengan cepat, kemudian secepatnya menarik handbag line di antara cincin-cincin yang ada sebagai akibatnya jaring akan menciptakan seperti mangkuk.

Kecepatan tinggi diperlukan agar ikan tidak dapat meloloskan dini. Setelah ikan berada di pada mangkuk jaring, lalu clilakukan pengambilan output tangkapan menggunakan serok atau pencid.uk. Jaring lingkar bisa dioperasikan siang atau malam hari. 

Pengoperasian pada siang hari sering memakai rumpon atau payaos menjadi alat bantu peng­umpul ikan. Sementara alat bantu pengumpul yang acapkali digunakan dalam malam hari adalah lampu, umumnya memakai lampu petromaks.

D.olate (winget bamboo entice) adalah alat penangkap ikan yang dipasang secara tetap pada pada air buat jangka waktu tertentu. Perangkap yg umumnya dipasang pada perairan pantai terbuat menurut bambu yang menyerupai bilik-bilik bambu. 

Satu unit olate terdiri dari beberapa bagian, yakni penaju (chief net), serambi (entice/play ground), ijeb-ijeb (entrance), dan kantong (bag/crib). Ikan umumnya mempunyai sifat beruaya menyusuri pantai. Pada scat melakukan ruaya ini lalu dihadang oleh penaju, kemudian ikan tadi tergiring ke dalam kantong. Ikan yang telah masuk kantong umumnya akan sulit keluar lagi sehingga ikan tersebut akan mudah ditangkap.

E.alat tangkap bonggo merupakan indera yang mudah dioperasikan serta ramah lingkungan. Alat tangkap ini berupa bambu menggunakan diameter ± 10 cm dan dioperasikan pada dasar perairan. Beberapa jenis ikan yg biasa tertangkap dengan bunggo pada antaranya payan a (Ophieleotris aporos), sogili (Anguilla sp.), manggabai ( Glossogobius giuris), serta gabus (Channa striata).

F.penangkapan ikan menggunakan menggunakan dudayaho (push internet) adalah keliru satu cara penangkapan yg mengancam kelestarian ikan di perairan Danau Limboto. Alat tangkap ini terbuat dad waring sedangkan di kantongnya terbuat darn jaring yang ukuran 1 inci. Panjang kantong sekitar 5m sedangkan lebar waring 2-tiga m. Metode penangkapan dengan memakai Waring ini selain menangkap jenis-jenis ikan permukaan yang akbar jugs akan menanglcap larva-larva ikan. Akibatnya ikan-ikan tidak mampu berkembang lantaran ikan-ikan yg tertangkap poly yang berukuran kecil. Pengopera­sian alat tangkap tersebut umumnya dilakukan sang dua orang.

G.penangkapan ikan dengan menggunakan bibilo merupakan keliru satu cara penangkapan menggunakan memanfaatkan pulau terapung berupa tumbuhan air yg terdiri dad eceng gondok (Eichhornia crassipes), kangkung (Ipomoea aquatica), dan rumput (Graminae). Ukuran bibilo bervariasi, yg paling mini rata-homogen berukuran 7 x 7 m serta yg paling besar 10 x 10 m. Biasanya proses pemanenan dilakukan setiap 3 bulan sekali. 

Dengan alat tangkap bibilo ikan akan berkumpul pada pada kemudian ditangkap menggunakan jaring insang. Kelemahan indera tangkap ini adalah dapat menaikkan penguapan air, meningkatkan kecepatan laju pendangkalan danau, mengakibatkan eutrofkasi, dan menyebabkan senyawa-senyawa racun di dasar danau akibat komposisi bibilo yg coati. Namun, sebagian akbar warga memakai jenis indera tangkap tradisional seperti bibilo, olate, serta amelo yang diduga men­jadi galat satu penyebab terjadinya pendangkalan danau (Anonim, 1991).

Jenis alat tangkap yang dipakai nelayan pada aktivitas penangkapan ikan sangat majemuk, antara lain bibilo, tiopo, amelo, olate, panting, jala, gifinet, sero (winget bamboo lure), sodo (push internet), dan bubu. Namun, sebagian besar rakyat menggunakan jenis indera tangkap seperti bibilo, olate, serta amelo (homogen jebakan hcrupa rumpon tumbuhan dan ranting pohon), yg diduga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya pendangkalan danau. Selain alat tangkap pada atas yang sangat memengaruhi keberlanjutan sumber daya perikanan danau, beberapa masyarakat nelayan  jua masih ada yg menggunakan seser menggunakan arcs listrik (electroifishing). Keragaman jenis dan jumlah alat tangkap yg digunakan nelayan Danau Limboto d

Comments