PERBEDAAN NODE.JS DAN ANGULARJS


Perbedaan Node.js serta AngularJS Dunia web telah berkembang secara eksponensial selama bertahun-tahun. Metodologi software serta teknik yang dipercaya canggih saat itu sudah sebagai lama atau ditingkatkan secara signifikan. Misalnya, waktu teknologi inovatif seperti Node.js, AngularJS, dan MongoDB mulai muncul di global pengembangan web, mereka dipercaya terlalu sophisticated buat sebagian besar proyek software.
Ketika teknologi matang, pengembang serta arsitek software mulai melihat potensi akbar pada teknologi ini. Aplikasi yg ditulis menggunakan kerangka kerja misalnya AngularJS jauh lebih bertenaga dan lebih cepat daripada aplikasi web konvensional serta memberikan pengalaman pengguna yg jauh lebih baik. Kerangka JavaScript telah membuat sisi baik dalam fungsi serta keandalan dari saat ke saat.
JavaScript mengganti pengembangan aplikasi web sesudah Google merilis browser web Chrome bersama mesin V8 JavaScript-nya yang membuat JavaScript berjalan jauh lebih cepat, hampir memulai revolusi pada ekosistem pengembangan web. Node.js merupakan salah satu produk pertama yg keluar ang dipercaya sebagai revolusi. Ini segera membuat strides berkat sistem modulnya yg bertenaga tetapi elegan yang memungkinkan pengembang buat memperluas platform secara bebas memakai modul pihak ketiga.
Kemudian MongoDB tiba ke gambar yang mulai menerima daya tarik dengan memberikan pengembang fleksibilitas buat menangani data yang lebih kompleks. Popularitas browser web terkini membangun era baru kerangka kerja antarmuka JavaScript. Di sinilah AngularJS datang ke gambar.
Apa itu AngularJS?
AngularJS, yang didukung sang Google, adalah salah satu kerangka kerja aplikasi web berbasis JavaScript yg paling populer dan banyak digunakan. Ini adalah kerangka pengembangan pelaksanaan web klien terbuka yang menggunakan pola desain MVC (Model-View-Controller) dan merangkul pola sepenuhnya. Ini adalah kerangka struktural yang ditulis pada JavaScript menggunakan library jQuery yg diperkecil yang memudahkan penerapan laman serta aplikasi web yg terstruktur serta dibuat dengan baik. Ini dipakai buat berbagi pelaksanaan dan pelaksanaan satu page yang memiliki pemisahan yg kentara antara lapisan fungsionalnya. Tidak hanya menyediakan fungsionalitas untuk menangani input pengguna di browser, itu jua mengontrol bagaimana elemen ditampilkan pada tampilan browser. Salah satu laba terbesar menurut AngularJS atas kerangka sisi klien lainnya adalah konsep layanannya.
Apa itu Node.js?
Node.js adalah lingkungan runtime JavaScript dari mesin JavaScript V8 milik Google yang mengeksekusi kode JavaScript di luar peramban. Ini membantu pengembang membentuk unit kode non-pemblokiran sehingga mereka sanggup menerima sebagian akbar asal daya sistem buat membuat aplikasi yg lebih responsif. Idenya merupakan menulis kode Node.js di JavaScript dan lalu mesin V8 mengkompilasinya ke pada kode mesin yang siap untuk dieksekusi. Sistem modul Node memungkinkan pengembang untuk memperluas platform memakai modul pihak ketiga buat mencapai fungsionalitas maksimum. Node.js hanya memungkinkan para pengembang buat memakai setiap proyek open-source JavaScript pada server yg sama misalnya pada browser klien yg memungkinkan integrasi yang lebih baik dan lebih ketat antara server web serta skrip pelaksanaan web pendukung.
Perbedaan Node.js dan AngularJS

Dasar-dasar menurut Node.js Vs AngularJS
Node.js adalah lingkungan runtime JavaScript dari mesin JavaScript Google V8 yang digunakan buat menciptakan pelaksanaan sisi server yang ditulis dalam bahasa JavaScript. Ini dibuat buat menulis aplikasi web skalabel, sebagian besar server web, namun pengembangan pelaksanaan seluler pula mungkin. AngularJS merupakan kerangka sisi klien berbasis JavaScript yang ditulis pada JavaScript dengan library jQuery yang diperkecil yang membuatnya mudah untuk menciptakan aplikasi terstruktur yg berjalan menggunakan baik pada setiap platform desktop atau seluler. Ini adalah galat satu kerangka kerja pelaksanaan web JavaScript yang paling populer buat menciptakan pelaksanaan web bergerak maju.
Arsitektur Node.js Vs AngularJS
Node.js adalah lingkungan runtime open-source buat membuatkan pelaksanaan sisi server yg mengikuti arsitektur Single Threaded Event Loop. Ini berarti Node.js dalam arti berulir tunggal daripada mempunyai beberapa utas yg menunggu buat memproses permintaan web, permintaan dijalankan dalam utas yang sama dengan asal daya beserta. AngularJS didasarkan pada arsitektur Model-View-Controller di mana lapisan dipisahkan sebagai tiga jenis objek - Model, View, serta Controller - dengan masing-masing menangani tugas mereka sendiri. Model mengontrol manipulasi data, tampilan menangani bagian visual, dan pengontrol mengontrol interaksi antara Model dan tampilan.
Penggunaan Node.js Vs AngularJS
Node.js menggunakan non-blocking, event-driven I / O untuk membuatkan pelaksanaan real-time data-ekstensif yg berjalan secara efektif di perangkat terdistribusi. Bertindak menjadi server web yang efisien serta responsif buat menulis skrip sisi server dan sisi klien pada JavaScript, bersama menggunakan skrip yg ditulis pada bahasa lain. Ini digunakan buat membentuk aplikasi real-time seperti pelaksanaan perpesanan. AngularJS ditulis dalam JavaScript serta dipakai buat membangun pelaksanaan web akbar satu page menggunakan HTML sebagai bahasa template. Ini memungkinkan Anda buat memperluas kemampuan HTML memakai prosedur cakupannya yang bertenaga. Ini mempunyai metode sederhana buat mengikat data yang menyederhanakan beberapa proses.

Singkatnya, Node.js merupakan mesin eksekusi JavaScript yg mampu menjalankan aplikasi JavaScript kompleks yang sederhana namun sangat efisien, sedangkan AngularJS merupakan kerangka kerja JavaScript yang digunakan buat membangun aplikasi web dinamis yang berjalan menggunakan baik dalam platform desktop atau seluler. Node.js adalah lingkungan runtime, semacam platform yg memungkinkan Anda buat menjalankan JavaScript pada suatu tempat selain di web browser, sedangkan AngularJS merupakan kerangka pelaksanaan web open-source yg ditulis pada JavaScript serta digunakan buat menciptakan aplikasi akbar satu laman menggunakan pola desain MVC.
Keduanya adalah teknologi JavaScript yang banyak dipakai yang sebagai fondasi ekosistem pengembangan web ketika ini.

Comments