PERBEDAAN HUB DAN SWITCH DALAM JARINGAN KOMPUTER

Perbedaan Hub dan Switch - Dalam perangkat jaringan personal komputer ada istilah yg dikenal dengan hub serta switch. Secara bentuk, kedua perangkat ini hampir terlihat sama, namun memiliki kinerja fungsi yg tidak sama. Beberapa orang awam mengenal keduanya ini sama saja karena dicermati berdasarkan sisi bentuknya. Sama halnya ketika pertama kali aku dulu belum mengenal hub dan swicth, aku kira kedua indera ini sama. Namun, sehabis bertanya pada ahli personal komputer jaringan atau coba baca di situs-situs, ternyata hub dan switch ini tidak sinkron. Sebelum mengenal lebih jauh dua komponen jaringan ini, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa hub itu? Dan apa switch itu?.
Hub adalah perangkat jaringan yg mengirimkan paket data ke seluruh port yang terhubung ke hub sampai paket data tadi hingga dalam tujuan. Sedangkan Switch merupakan perangkat jaringan yang mendistribusikan paket data eksklusif sampai tujuan antar personal komputer dalam jaringan dan memiliki fungsi buat mengenali topologi jaringan pada poly layer osi.
Menurut manfaatnya switch serta hub ini sama-sama mengirimkan sebuah paket data pada suatu jaringan komputer. Tetapi, dalam skala besar dan membutuhkan kecepatan yg handal, switch lebih unggu daripada hub. Berawal berdasarkan sini, terdapat beberapa hal perbedaan antara hub serta switch yg perlu kita ketahui. Mari ikuti ulasannya dibawah ini.

Perbedaan Hub dan Switch dalam Jaringan Komputer

Apa sih disparitas hub dan switch? Mari kita simak beberapa penjelasan di bawah ini yg kami rangkum menurut berbagai literatur yang ada.

1. Kecepatan Transfer Data

Switch memiliki kecepatan transfer data lebih baik dibandingkan dengan hub. Sehingga sekarang ini poly yang membuat jaringan memakai switch. Switch sanggup melakukan prioritas transmisi data menurut mac address yang akan dituju, sebagai akibatnya bisa mentransmisikan paket data lebih cepat daripada hub yang hanya membuatkan paket data keseluruh komputer yang terhubung jaringannya.

2. Harga Switch dan Hub

Dari segi ekonomi, harga hub lebih murah dibandingkan dengan harga switch dikarenakan kelebihan fungsi dan keamanan yg ditawarkan switch.

3. Sistem Transmisi

Switch mentransmisikan paket data sinkron request dari personal komputer yang membutuhkan paket data tersebut, sedangkan hub mentransmisikan paket data yang masuk ke seluruh komputer yg terhubung dengan jaringannya.

4. Segi Keamanan

Dari segi keamanan, hub memiliki taraf keamanan lebih rendah daripada switch. Switch menggunakan sistem seleksi terhadap personal komputer yg terhubung dengannya berupa MAC address, hal ini memungkinkan apabila ada MAC address yg dapat mengakibatkan perkara pada jaringan bisa pada blok saja.

5. Setting Jaringan (Manageable)

Hub nir bisa melakukan setting perangkat yg terhubung ke jaringan, sedangkan switch sanggup pada-setting melakukan blokir terhadap personal komputer /mac address yang dirasa mengganggu transmisi data. Switch sendiri bila dipakai dalam jaringan yang kecil misalnya dirumah, nir perlu melakukan setting yang ribet, hanya perlu colok kabel LAN pribadi ke switch. Untuk jaringan yg lebih akbar misalnya pada kantor atau warnet memerlukan managed switch yg biasanya disetting dengan menciptakan impian LAN atau VLAN untuk setting kecepatan port, host, filter mac address dll.

6. Letak pada Lapisan OSI Layer

Hub bekerja pada lapisan OSI layer pertama yang dinamakan dengan Physical Layer, sedangkan switch melakukan kerjaannya dalam lapisan OSI layer ke 2 yakni Data Link.

7. Beban Kinerja pada Jaringan

Dilihat menurut sistem kerjanya, hub mempunyai beban kerja yang praktis serta nir rumit, sedangkan switch memiliki beban kerja yg lebih kompleks.
Dari segi kompleksitas fungsi, buat detail anda bisa menyimak video pada bawah ini :

Video Perbedaan Hub dan Switch

Source : //youtu.be/eMjpNuBRjk4
Dari aneka macam perbedaan antara hub serta switch yg telah kita ulas di atas. Anda bisa memilih mana yang akan anda gunakan buat membangun sebuah jaringan. Sebelumnya terlebih dahulu Anda harus memilih tujuan pada menciptakan jaringan, jaringan itu akan anda buat buat skala mini atau buat skala akbar. Jika anda akan menciptakan jaringan untuk skala mini (rumah, warnet, warkop wifi) anda hanya perlu menggunakan hub, namun bila untuk skala besar seperti kampus, kantor dll perlu memakai switch agar sanggup pada manageable.
Mau beli switch hub online tapi bingung beli dimana? Saya kasih referensinya yg niscaya harga murah serta kualitas rupawan. Anda bisa memilih switch managed atau yg unmanaged sesuai kebutuhan anda. Kunjungi Disini...
Demikian artikel tentang perbedaan hub serta switch dalam jaringan komputer. Berdasar hal ini, semoga anda bisa mulai memilih dan memilah mau pakai hub atau switch untuk membuat jaringan. Dari aneka macam situs jual beli online, sekarang ini penjual lebih banyak menjual switch daripada hub. Dikarenakan juga switch memiliki kelebihan pada fitus managed dan unmanaged, sehingga jika pembeli ingin memakai untuk skala kecil, bisa membeli switch unmanaged sebagai pengganti hub. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda para pecinta jaringan komputer. Terima kasih,,,

Comments