PERAIRAN DAN JENIS IKAN TERKENA OVER FISHING

Perairan Dan jenis Ikan Yang Mengalami Over Fishing - Over fishing pada suatu daerah sudah sebagai permasalahn yg sangat fundamental dimana dampak berdasarkan over fishing maka hasil tangkapan nelayan mengalami penurunan yang begitu drastis. Jika hasil tangkapa menurun maka di pastikan pendapatan nelayan pula akan berkurang.

penyebab dari gejala tangkap lebih atau yang dikenal menggunakan kata over fishing ini, merupakan adanya ketimpangan struktur armada penangkapan yang didominasi oleh kapal tanpa motor. 

Dan selain ketimpangan armada pula di lantaran kan kurangnya SDM buat pemanfaatan hasil perikanan yang ada.

Dengan komposisi kapal atau armada yg didominasi sang kapal tanpa motor atau yg lebih terkenal dengan sebutan armada semut, maka daerah perairan yg mengalami tekanan pendayagunaan yang besar merupakan perairan pantai. 

Seperti hanya perairan pada pantai utara jawa dimana penguasaan nelayan masih poly pada zona kurang menurut 4 mill dan itu mengakibatkan peluang ikan ikan mini buat sebagai hidup semakin sulit akhirnya perairan mengalami degradasi dan over fishing pun terjadi

Perairan Dan jenis Ikan Yang Mengalami Over Fishing


Permasalahan lain  atau isu yg menjadi over fishing pada daerah perairan indonesia  antara lain

- jumlah nelayan yg akbar, 

- IUU (Illegal, Unreported, Unregulated Fishing ), Selama ini Illegal fishing musuh primer kemajuan Perikanan

- degradasi lingkungan,  Rusaknya habitas dampak destructive Fishing.

- kesadaran para nelayan serta pelaku bisnis Untuk Tidak menggunakan alat tangkap yang nir ramah lingkungan. Contoh alat tangkap ramah lingkungan misalnya Gillnet serta Bubu

(sense of businessmasih rendah, pemahaman aparat tentang otonomi daerah sempit, dan peningkatan penegakan aturan. Kondisi ini tidak hanya mengakibatkan over pendayagunaan, namun juga rendahnya produktivitas nelayan.

Melihat  begitu sangat bergarga dan pentingnya kiprah serta  nilai strategis  sumber daya CARA FLEXI maka gosip serta  pertarungan yg dihadapi diperlukan peraturan dan kebijakan pada mengelola dan menjaga kelestarian potensi-potensi tersebut agar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan (sustainable). 

KKP pun memberikan Opsi mengenai VISI dan MISI nya dimana VISI serta MISI tadi di jalankan secara kontiyu serta sempurna sasaran.

Oleh karena itu, perlu Kementrian kelautan dan perikanan mulai memetakan pertarungan permasalah yang terdapat dengan terstruktur dan bersiklus supaya tiga pilar KKP sahih benar di rasakan sang nelayan

Beberapa Perairan dan  jenis sumberdaya yang sudah mengalami tanda-tanda OVER FISHING Atau tangkap lebih adalah: 

- Ikan pelagis besar di lebih kurang perairan Laut Sulawesi dan Samudera Pasifik.

- Ikan pelagis mini pada kurang lebih perairan Selat Malaka dan Laut Jawa. 

- Ikan demersal di kurang lebih perairan Selat Malaka, Selat Makasar serta Laut Flores, Laut Sulawesi dan Samudera Pasifik serta Laut Arafura.

- Ikan karang konsumsi di perairan Laut Jawa, Selat Makasar dan Laut Flores, Laut Banda, Laut Sulawesi dan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. 

- Udang peneid hampir di seluruh perairan kecuali di perairan Laut Seram sampai Teluk Tomini, Laut Sulawesi dan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

- Lobster pada perairan Selat Makasar dan Laut Flores. Cumi-cumi pada perairan Selat Malaka, Laut Jawa, Selat Makasar serta Laut Flores dan Laut Arafura.  

Untuk mengenal Nama nama Ikan Laut maka asal daya ikan laut harus selalu pada jaga.

Dengan bertujuan untuk mengatur agar perseteruan over fishing mampu teratasi maka pada hal ini KKP mengeluarkan beberapa peraturan supaya over fishing dan kerusakan tempat asal sanggup pada kurangi maka keluarlah beberapa kebijakan deiantarannya adalah PERMEN 02 Tahun 2015 serta PERMEN 71 tahun2016.

Comments