PENYEBAB TV TIDAK ADA GAMBARNYA ADA SUARANYA

Penyebab tv tidak ada gambarnya ada suaranya – kerusakan tv menggunakan gejala ada bunyi akan tetapi layar gelap yang beliau alami oleh tv crt merek LG, SHARP, POLYTRON, PANASONIC, serta tv china. Ini ditimbulkan sang bagian tegangan yang herbi sistem crt.

Beberapa orang memfonis ini kerusakan terjadi pada crt yg rusak. Padahal nir demikian. Ini disebabkan lantaran beberapa tegangan abnormal pada sistem video, rgb, heater, abl, flyback.
Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab tv ada gambarnya terdapat suaranya. Atau layar gelap namun ada bunyi.
Kerusakan seperti ini memang terkadang membingungkan lantaran gejalanya Lampu Indikator Tv Tetap Aktif tetapi suara terdengar dengan kentara. Berikut aku akan menuliskan beberapa penyebab kerusakan gambar tidak ada tapi terdapat suaranya.
Pertama pastikan bahwa waktu tv menyala lihatlah pada bagian leher tabung CRT bagian belakang apakah ada cahaya atau tidak. Normalnya waktu tv dinyalakan akan terlihat cahaya dalam leher tabung seperti bohlam. Apabila tidak terdapat cahaya atau filament tidak menyala ini harus diperiksa dalam bagian penyuplay filament yg umumnya disuplay menurut flyback. Ukur tegangan penyuplay filamen memakai ac meter, karena filamen ini menggunakan tegangan c berdasarkan flyback. Tegangan normal kurang lebih 3v ac.
Kedua bila filamen pada keadaan menyala berarti kasus pada komponen lain. Cek tegangan abl. Cari kaki abl dalam kaki flyback. Abl ini berhubungan eksklusif menggunakan ic croma. Karena fungsi abl menjadi pengaturan kecerahan kontras melalui program tv. Pastikan bahwa hambatan pembatas dalam abl tidak gosong atau molor berdasarkan nilai aslinya.
Ketiga, penyebab kerusakan tv tidak terdapat gambarnya disebabkan oleh pasokan b 115 drop. Hal ini pernah aku alami yaitu disebabkan oleh elco b+ kering sehingga tegangan yang disuplay ke flyback kurang setabil atau drop. Apabila terjadi drop pada tegangan b+115 ini akan menyebabkan drop pula pada output flyback. Terutama pada filamen suplayer.
Tegangan video 180v pula menjadi biang kerok kerusakan tv nir terdapat gambarnya ada suaranya. Tegangan 180v ini berfungsi sebagai suplay penguat video rgb. Sehingga apabila terjadi drop maka tv sebagai gelap atau gejala warna kurang tajam. Agar lebih mudah menemukan tegangan ini carilah elko berukuran 250v pada sekitaran flyback atau terkadang terletak pada pcb yg melekat dalam soket CRT.
baca jua; penyebab tv bergaris garis serta cara memperbaikinya

Kerusakan ini juga terkadang ditimbulkan sang bagian yang sepele misalnya soket crt mengalami korosi/berjamur. Sehingga tegangan filamen yang mini terhambat oleh korosi.
Apakah flyback jua menjadi penyebab kerusakan? Bisa jadi bila terjadi tanda-tanda contohnya waktu pengukuran terjadi beberpa tegangan menurut hasil flyback nir seperti seharusnya. Misalnya tegangan heater nir keluar namun tegangan lainya sudah normal. Misalnya tegangan video tidak keluar padahal yg lain normal, ini pula sebagai tanda kerusakan pada flyback.
Nah itulah beberapa Penyebab Tv Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya. Jika kita mengetahui apa penyebabnya, kita sanggup tahu blog mana saja yg wajib di cek waktu menemukan kerusakan misalnya ini. Sehingga proses perbaikan sebagai lebih gampang. Semoga bermanfaat.
Baca pula:
servis tv layar gelap bunyi normal
panduan servis tv layar redup

Comments