PENINGGALAN PENINGGALAN LANGKA HASYIM MUHAMMAD AL BAGHDADY


Hasyim Muhammad al Bagdady, Kaligrafer Baghdad terbesar. Karya karyanya sangat populer serta tersebar diseluruh dunia. Mulai menurut lauhah lauhahnya sampai kitab Qawaidul Khatnya, mungkin seluruh orang sudah melihatnya. 

Namun ada beberapa dokumen langka yg masih dipegang oleh murid muridnya, yg nir poly orang memahami. Kali ini blog Kaligrafi Islam mencoba buat menampilkan kepingan kepingan dokumen dan fakta, menurut fragmen kehidupan oleh master kaligrafi. 

Beberapa Dokumen Yang Jarang Dipublikasikan 




Berikut ini merupakan beberapa karya dan dokumen dokumen dia yang jarang di publikasikan : 

Salman Syukur atau Syukur Salman
Ucapan Selamat Hari Raya

Anak Anak Hasyim Muhammad Al Baghdady


Hasyim Muhammad sangat mengidolakan kaligrafer Musthofa Raqim. Maka keliru seorang puteranya diberi nama Raqim. Tentunya ia berharap dan berdoa semoga oleh anak kelak akan mewarisi kebesaran Musthafa Raqim. Secara keseluruhan, Hasyim Muhammad mempunyai 6 anak :  4 orang anak wanita dan 2 orang anak lelaki. Mereka merupakan : 
  1. Iman
  2. Janan
  3. Raqim (tinggal pada Emirat)
  4. Azis
  5. Hannan
  6. Niran

Hasyim Muhammad Bukan Murid Hamid Al Amidi

Banyak pengarang buku yang menyatakan bahwa Hasyim Muhammad adalah murid dari Hamid al Amidi. Alasannya merupakan, adanya 2 ijazah yg diterima Hasyim berdasarkan Hamid Al Amidi. Namun hal ini dibantah sang Ugur Derman yang berkata :
"Hasyim muhammad adalah kaligrafer orisinil Iraq yang telah jadi. Tidak bisa dianggap menjadi murid Hamid Al Amidi, lantaran nir pernah belajar darinya, baik langsung atau melalui surat menyurat. Adapun dua ijazah yang diperoleh Hasyim menurut Hamid, itu merupakan sebuah bentuk penghormatan saja." 
Hal ini diperkuat sang ucapan Hamid Al Amidi sendiri : 
Aku merasa malu memberikan ijazah kepada orang yang sebenarnya mulai mengungguliku. - Hamid - 

Beberapa Peninggalan Yang Dipegang Murid Muridnya


Berikut ini beberapa coretan Hasyim Muhammad yang berada pada tangan anak didik muridnya serta nir tersebar luas sebelumnya : 

   



Tiga butir output latihan kaligrafer Shodiq Ad-Duuri yang dikoreksi pribadi  oleh Hasyim Muhammad Al Baghdady


Potongan sampul buku asli tulisan Hasyim Muhammad
Dokumen ini adalah koleksi kaligrafer Mutsanna Al Ubaidi




Masyaq langka goresan pena Hasyim Muhammad. Gambar ini asal dari Prof. Muhammad Nuri




Prof. Muhammad Nuri, siswa Hasyim sedang membawa lukisan asli Hasyim Muhammad
Rabbana hab lana min azwajina wadzurriyyatina qurrata a'yunin waj'alna lilmuttaqiina imaama

Perokok Berat Dan Tukang Ngopi


Ini adalah beberapa kesaksian mengenai bagaimana kehidupan Hasyim Muhammad sehari hari. Kesaksian ini disampaikan sang beberapa orang yang pernah berinteraksi dengannya : 

Seringkali beliau minum kopi dicampur susu sambil berbincang bincang dalam bahasa Jerman dan bahasa Turki, disamping bahasa Arab dan sedikit bahasa Persia -Naji Jawad As-Sa'ati-

Hasyim sangat gemar merokok sambil mendengarkan musik Iraq atau mendengarkan Al Qur'an. Bacaan Al Qur'an yang disukainya adalah bacaan Almarhum Hafidz Mahdi  
Gaya Hasyim dalam menulis kaligrafi terbilang tidak biasa. Seperti yg ditunjukkan sang gambar ini dia. Hal ini memberitahuakn, bahwa buat menghasilkan karya yg bagus tidak dibatasi oleh bagaimana cara menulisnya.


Artikel Peninggalan Peninggalan Langka Hasyim Muhammad Al Baghdady ditulis dengan memperhatikan asal sember tertera dibawah ini. 


All artworks are properties of their respective owners If you own the hak cipta to this file/image and you do not wish it be included on our website, please contact us and we will remove it as soon as possible.

Comments