PENGUMPULAN DATA PEMASARAN PRODUK PERIKANAN DALAM NEGERI

BIMTEK pengumpulan data pemasaran pada negeri - Informasi pasarmerupakan satu kondisi krusial dalam pengembangan pemasaran sesuai dengandinamika perubahan pasar yg sangat cepat. 

Karenanya kebutuhan serta tuntutaninformasi pasar peikanan jua semakin semakin tinggi berdasarkan tahun ke tahun, yaituinformasi pasar yg berkualitas, cepat, sempurna, seksama dan dapatdipertanggungjawabkan. Ini menuntut kerja keras pemerintah pusat dan daerah didalam menciptakan sistem liputan pasar melalui Pelayanan Informasi Pasar yangmemadai.

BIMTEK pengumpulan data pemasaran


Olehnya itu Direktorat Akses Pasar dan Promosi Kementerian Kelautan danPerikanan mengadakan Bimbingan Teknis Pengumpulan Data pada lepas 20 – 21Juni 2016 di Surabaya. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai landasan dalamrangka aktivitas penguatan pendataan Hasil perikanan. ( sumber Suryanti tendrilipu,Spi, MM ).

BIMTEK pengumpulan data pemasaran dalam negeri

Arah kebijakanpembangunan perikanan mengacu dalam pendekatan market based theory ataupasar yang menjadi acuan kebijakan (market driven), sehinggaketersediaan produk yg bisa diterima dan diminati sang konsumen menjadi corecompetency dalam strategic routing yang akan dilaksanakan.  

Untuk itu, valuable creative activities perlu dirumuskan agar sumberdayayang kita miliki (tangible, intangible, human resources) dapatmenghasilkan produk yang dapat berkompetisi baik di dalam juga luarnegeri.


Sehubungan dengan hal tersebut, produk yang akan dipasarkan harusmerupakan produk perikanan prima, yaitu produk yg memiliki sifat highquality; safe, traceable, high value content dan competitive.


Pemasaran produkperikanan bisa sebagai penghela bagi pengembangan sub sistem produksi baikdari hulu sampai hilir. Peningkatan pemasaran akan bisa mendorong terjadinyapeningkatan produksi pada sisi hulu juga peningkatan produksi pengolahan disisi hilir yg dalam akhirnya sanggup menyerap energi kerja sektor perikanan yangcukup akbar. 

Sebagai penyedia lapangan kerja, perikanan sudah berkontribusiterhadap penciptaan serta pengembangan industri tempat tinggal tangga, bisnis mikro kecilmenengah dan industri akbar berskala ekspor. 


Peningkatan pertumbuhan ekonomiditunjukkan menurut donasi peningkatan kesejahteraan warga pengolah danpemasar output perikanan.


Serapan pasar output perikanan dalamnegeri mengalami peningkatan menurut tahun ke tahun.  Tahun 2013 tercatatserapan pasar output perikanan mencapai 8.739 ribu ton atau semakin tinggi lima,06persendibanding tahun sebelumnya.  

Peningkatan serapan pasar ini didukung jugadengan semakin berkembangnya diversifikasi produk olahan berbahan baku ikanyang mampu menjangkau kelas konsumen menengah – atas. Hal ini diperkuat denganmeningkatnya industri pengolahan yg menggarap pasar pada negeri menggunakan trenpermintaan yang meningkat

BIMTEK pengumpulan data pemasaran dalam negeri

Comments