PENGISIAN DAFTAR HADIR ONLINE DHGTK ONLINE MENJADI SALAH SATU SYARAT PENCAIRAN TUNJANGAN SERTIFIKASI

Mulai Tahun 2018, Aplikasi Data Kehadiran Pengajar serta Tenaga Kependidikan (DHGKT) online secara resmi digunakan buat menghitung kehadiran guru di sekolah. DHGTK juga didesain menjadi galat satu kondisi pada pencairan tunjangan tunjangan profesi guru. Berdasarkan hal tersebut sangatlah penting bagi semua rakyat sekolah buat memastikan DHGTK terisi dengan benar, lantaran jika  tidak akibatnya bisa fatal, tujangan sertifikasi guru tidak bisa dicairkan.

Ulasan tentang Pentingnya DHGTK bagi pencairan tunjangan tunjangan profesi guru dapat pada baca di laman beranda alamat situs DHGTK, //hadir.gtk.kemdikbud.go.id/index.php  yg berbunyi : Daftar Hadir Pengajar dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) sudah resmi dipakai buat menghitung kehadiran pengajar serta akan di tuangkan dalam juknis tunjangan profesi, jadi mohon memastikan DHGTK telah terisi menggunakan sahih.
DHGTK ini didesain buat mempercepat proses pembayaran tunjangan profesi pengajar, dasar atau persyaratan buat bisa menerima tunjangan profesi sesuai pasal 15 pp 19 tahun 2017. Semua persyaratan pada pasal tadi dapat dipenuhi dari dapodik, sesuai menggunakan Peraturan Menteri Keuangan (PMK ) No 50 tahun 2017 menjadi mana diubah dengan PMK 112/PMK.07/2017 mengenai pengelolaan transfer ke wilayah serta dana desa yang menyatakan bahwa penyaluran tunjangan profesi paling lambat 7 hari sehabis uang masuk kekasda dan SKTP terbit wajib dibayarkan kepada pengajar, sehingga tidak ada alasan memperlambat penyaluran menggunakan meminta dokumen/berkas dalam bentuk apapun yang terkait dengan penyaluran tunjangan kepada pengajar-pengajar lagi.
Terlambat atau tidaknya penyaluran tunjangan profesi dapat dipantau melalui pelaksanaan SIMBAR berbasis android (akan pada lounching dalam ketika dekat) yang bisa diakses sang pihak-pihak yang berkepentingan.

Pengisian DHGTK online bisa dilakukan di mana saja, tidak wajib pada laptop yg ada dapodiknya. User id dan paswor yg digunakan mampu user id serta password dapodik atau user id serta password kepala sekolah yang telah dibuat pada dapodik. Tata cara pengisiannya sebaiknya real time setiap hari, tetapi apabila ada daftar hadir yg tertinggal belum dicentang, asalkan masih pada bulan yg sama masih bisa diisi. Artinya waktu telah menginjak tanggal satu bulan berikutnya, kita nir sanggup mengisi daftar hadir pada bulan yang sudah lewat. Jadi hati-hati jangan hingga ada lepas yang tidak tercentang.
Untuk lebih jelasnya, akan diurai secara singkat rapikan cara pengisian absen pada pelaksanaan DHGTK online.
  1. Masuk ke halaman DHGTK online di alamat : //hadir.gtk.kemdikbud.go.id/index.php . Di page awal DHGTK terdapat beberapa pilihan menu pilihan buat login ke daftar hadir online. Ada login untuk  PTK(panah No 1),  login sekolah buat operator atau petugas absen yg ditugaskan kepala sekolah (2), login dinas(tiga),  serta login buat lihat validasi data guru di info GTK(4).
  2. Jika anda seorang PTK yang hanya ingin mengecek kehadiran pribadi, masuk melalui pilihan menu no 1 paling atas menggunakan mengentrikan NUPTK. Apabila anda seorang operator sekolah/kepala sekolah/guru yg diberi tugas spesifik buat absen online, pilih pilihan menu no dua. Menu 3 untuk login operator dinas sedangkan menu paling bawah (4) untuk melihat validasi data guru pada Info GTK
  3. Untuk mengisi absen online, klik login sekolah. Gunakan user id da password kepala sekolah atau dapodik. Apabila telah masuk halaman DHGTK online, klik menu kehadiran di sebelah atas ventilasi aplikasi.
  4. Jika anda baru masuk DHGTK online, langkah pertama yg wajib dilakukan merupakan membuat kalender sekolah. Persiapkan daftar hari libur nasional dan perlop bersama yang telah ditetapkan oleh pemerintah buat tahun 2018. Masukan hari libur dan perlop beserta ke kalender sekolah dengan cara mengkik menu di sebelah kiri bawah. Jika menu Tambah baru di klik akan timbul ventilasi isian. Isi satu persatu semua hari libur nasional serta cuti bersama yg sudah ditetapkan pemerintah. Jika pengisian sudah selesai refresh halam browser supaya kalender sekolah ada.
  5. Jika kalender sekolah telah berhasil dibentuk, selanjutnya merupakan menciptakan daftar hadir bulanan dengan mengklik pilihan menu buat daftar hadir yang posisi menunya terdapat pada sebelag kanan atas laman DHGTK. Jika page daftar hadir nir timbul, klik refresh. Isi daftar hadir sinkron fenomena dan apabila telah terselesaikan klik simpan. Isi daftar hadir setiap hari atau jika ada halangan, setidaknya isian seluruh daftar hadir harus terisi dalam akhir bulan, jangan sampai lewat. Karena kalau lewat satu bulan, daftar hadir yg nir terisi di bulan sebelumnya tidak sanggup diisi dan akan dianggap alpa. Jangan lupa setiap terselesaikan mengisi kehadiran, klik simpan.
  6. Jika ada GTK yg nir bisa hadir, harus menginput surat kabar dokter/surat ijin berdasarkan pihak yg berkompeten. Caranya klik pada nama GTK yang tidak hadir sebagai akibatnya di sebelah kanan akan timbul data kehadiran GTK yg bersangkutan. Di bawahnya akan timbul pilihan menu untuk input surat ijin.
  7. Diakhir bulan daftar hadir wajib dikunci serta mencetak SPTJM (Surat Pertanggungjawaban Mutlak ) ` Untuk mengunci dan menciptakan SPTJM anda wajib masuk ke DHGTK dengan akun ketua sekolah. 
  8. Demikianlah tatacara pengisian absen online DHGTK. Demi kelancaran semua GTK harus agresif memonitor pengisian pengisian DHGTK online melalui akunnya masing-masing supaya seluruh berjalan lancar.

Comments