PENGGUNAAN LAMPU DI KAPAL PERIKANAN

Penggunaan Lampu di kapal Perikanan - Menurut Convention on The International Regulation For Preventing Collisions At Sea, 1972

Penerangan diatas kapal berupa lampu - lampu operasi yang diletakkan sepanjang kapal sinkron dengan keperluan pada berbagai ruangan yang berada diatas kapal seperti pada main deck, deck house, serta sebagainya.

Baca Juga ; Cara Menggunakan GPS NElayan
Lampu - lampu diatas kapal terdapat jua yg diklaim lampu navigasi yaitu lampu - lampu kapal yang wajib dipasang dalam ketika kapal berlayar diantara surya terbit serta terbenam, sedemikian rupa sebagai akibatnya jenis kapal, letak dan arah kapal bisa diketahui.


PENGGUNAAN LAMPU DI KAPAL PERIKANAN


Untuk kapal yg sedang melakukan aktivitas pada malam hari diharuskan menggunakan penjelasan diantaranya :

1. Penerangan Tiang.


Penggunaan Lampu pada kapal Perikanan dalam penerangan tiang 
Menggunakan lampu warna putih yang diletakkan diatas sumbu tengah muka belakang kapal yg memberitahuakn cahaya tetap menggunakan busur cakrawala sebesar 225. 
Untuk kapal dengan panjang > 50 m wajib mempunyai dua penerangan tiang, dimana letak lampu pada tiang belakang wajib lebih tinggi dari tiang depan .

2. Penerangan Lambung.

Penggunaan Lampu di kapal Perikanan pada penerangan lambung Menggunakan 2 lampu menggunakan rona yg tidak sama. 

Merah buat lambung kiri serta Hijau buat lambung kanan. Keduanya wajib memberitahuakn cahaya permanen/terus-menerus menggunakan busur cakrawala 112,lima˚ dan dipasang sedemikian rupa sehingga menerangkan cahaya lurus ke depan sampai 22,5˚ pada belakang arah melintang dalam sisi yg bersangkutan. 
Untuk kapal yg ukuran < 20 m, penjelasan lambung boleh dipadukan dalam satu lentera yang dipasang diatas pada muka belakang kapal.

3. Penerangan Buritan

Penggunaan Lampu pada kapal Perikanan pada buritan dengan memakai lampu rona putih yang memberitahuakn warna permanen meliputi busur cakrawala 135˚. Dipasang sedemikian rupa sehingga memperlihatkan cahaya 67,5˚ lurus kebelakang pada masing-masing sisi kapal.


4. Penerangan Tunda

Penggunaan Lampu pada kapal Perikanan ini memakai rona kuning yg memiliki karakteristik yg sama dengan penerangan buritan dan dipasang pada atas penjelasan buritan.

5. Penerangan Keliling

Penggunaan Lampu di kapal Perikanan ini memberitahuakn penerangan permanen meliputi busur cakrawala sebanyak 360˚ dan umumnya dipakai bila kapal sedang melakukan kegiatan


6. Penerangan Cerlang

Penggunaan Lampu pada kapal Perikanan menggunakan menggunakan cahaya yg berkedip-kedip dengan interval ketika 120 kedipan/mnt. 

Penerangan-penjelasan tersebut memiliki intensitas atau daya tampak yg bhineka sehingga memiliki jeda jangkau minimal penerangan kapal yang bhineka jua. 
Daya tampak penerangan sebesar sepuluh mil, adalah bahwa penerangan tersebut harus sudah kelihatan dalam batas minimal sepuluh mil.
Pada ketika Ini penngunaan lampu pada kapal perikanan bukan hanya buat menerangi aktifitas kapal tetapi sudah di gunakan menjadi sarana bantu penangkapan Ikan.

= = Baca Juga : Lampu Pengumpul Ikan ==


Alat bantu penangkapan berupa cahaya sering kita jumpai semisal kapal perikanan sejenis kapal purse seine, kapal cash net dan kapal bagan.

Selain mengenatahui tentang penggunaan lampu, kita pula harus sedikit mengetahui dan mengerti tentang jenis jenis lampu di kapal perikanan.

Sumber : Materi Pelatihan Penangkapan Ikan

Semoga Bermanfaat...

Comments